Kampung Wisata 3G Blimbing Kota Malang

Kampung Glintung Go Green (https://dolandolen.com)

3G merupakan singkatan dari Glintung Go Green, Kampung Wisata Glintung Go Green (3G) terletak di Kampung Glintung RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Terbentuknya Kampung Glintung Go Green ini dilatarbelakangi oleh kumuhnya wilayah RW 23 dengan segala permasalahan ekonomi dan sosial yang ada. Kemudian, sang Ketua RW, Ir. H. Bambang Irianto ingin mencoba mengubah keadaan itu bersama warga setempat. Inisiatif yang mendapatkan dukungan dari masyarakat itu diwujudkannya dalam sebuah gerakan sosial bernama Glintung Go Green (3G).

Kampung Glintung Go Green

Dalam pelaksanaannya, program tersebut tidaklah mudah. Sebab, ide dasarnya ingin mempertahankan nilai-nilai luhur budaya kampung sambil memperbaiki kondisi lingkungan. Di sisi lain, mereka ingin tetap menyerap nilai-nilai modern untuk memperkaya aspek sosial-ekonomi masyarakat.

Gerakan 3G ini diawali dengan kegiatan sederhana, yakni penghijauan lingkungan yang dimulai sejak Februari 2012. Gerakan ini dinilai sejalan dengan program Pemerintah Kota Malang dalam melakukan gerakan penghijauan, Malang Ijo Royo-Royo.

Di setiap rumah diharuskan memiliki tanaman hijau sebagai syarat untuk memperoleh layanan administrasi kependudukan (https://halomalang.com)

Dalam pelaksanaannya disepakati, warga sepakat memiliki tanaman hijau di setiap rumah sebagai syarat untuk memperoleh layanan administrasi kependudukan. Khusus bagi mereka yang tidak mampu membeli tanaman, maka pihak RW tak segan memberikan bantuan berupa tanaman yang wajib dirawat yang bersangkutan.

Program ini mendapat dukungan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur yang membimbing warga belajar bercocok tanam. Teknologi untuk mengembangkan tanaman sayuran dan tanaman pangan lainnya pun diberikan. Mereka menerapkan cara konvensional di lahan dan pot atau polibag, juga dengan sistem hidroponik. BPTP mengenalkan semua teknologi itu agar masyarakat bisa memilih mana yang paling cocok dengan kondisinya mereka.

Penghargaan

Kampung Wisata 3G meraih juara 3 dalam Lomba Kampung Bersinar kota Malang (https://humas.malangkota.go.id)

Inisiatif untuk mengelola dan mengembangkan Kampung Gelintung Go Green ini menarik perhatian Pemkot Malang. Sejak tahun 2013, 3G ikut dalam Lomba Kampung Bersinar, gerakan Kampung Hijau Decofresh, dan puncaknya pada tahun 2014 masuk dalam lima besar kampung peraih nilai tertinggi dalam penilaian kebersihan di Kota Malang. Lebiih hebatnya lagi, Kampung 3G juga menarik perhatian Menkominfo dan aktivis lingkungan hidup dari Sumatera Utara.

Ir H. Bambang Irianto menerima Piala Kalpataru bidang Pembinaan Lingkungan dari Presiden RI Joko Widodo (https://malangkota.go.id)

Kehadiran Ir H. Bambang Irianto ke Balai Kota Malang untuk menerima penghargaan berupa Piala Kalpataru bidang Pembinaan Lingkungan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Kampung 3G berhasil menembus top 15 dari 301 kota di dunia di Guangzhou Award For Urban Innovation (https://www.arematv.id)

Kesuksesan Kampung Glintung Go Green (3G) yang berhasil menembus top 15 dari 301 kota di dunia, dalam Guangzhou Award For Urban Innovation mendapat apresiasi dari pihak penyelenggara acara tersebut.

Gerakan Menabung Air (Gemar)

Ir. H. Bambang Irianto yang mencoba untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap melanda kampung tersebut saat musim hujan datang. Bahkan, di awal-awal pembangunan kampung itu, Bambang Irianto sempat mendapat cibiran dari warga.

Kerja sama antara masyarakat dan perguruan tinggi (PT) dalam hal ini Universitas Brawijaya dalam membuat sumur resapan di kawasan itu mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Malang. Hal ini, menurut Sutiaji merupakan sinergi baik yang ditunjukkan oleh pemerintah dengan elemen masyarakat dan stakeholder lainnya.

Sumber: ngalam

One thought on “Kampung Wisata 3G Blimbing Kota Malang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.