Kampung Sewu Payung Blimbing Kota Malang

Kampung Sewu Payung, Blimbing, Kota Malang (https://www.radarmalang.id)

Merupakan kampung tematik yang menyajikan beragam warna payung tradisional ini berada di kawasan Jalan Laksda Adi Sucipto, Gang Taruna III, tepatnya di wilayah RW. 03, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, kampung padat penduduk di tepian sungai Kali Sari. Kampung ini tak cuma menjadi kampung wisata, melainkan sekaligus kampung industri payung kertas trandisional yang kini keberadaannya mulai terlupakan oleh warga.

Suasana Kampung Sewu Payung, Blimbing, Kota Malang

Munculnya kampung ini tak terlepas dari sosok sang maestro payung, Mbah Rasimun. Sosok tersebut pernah mendapatkan penghargaan dari Paduka Mangkunagoro IX, Kasunanan Surakarta dan Mataya. Penghargaan ini kemudian yang menggerakkan warga untuk menyebarkan keahlian membuat payung ini. Hal itu diperkuat dengan adanya keinginan mengubah RW. 03 menjadi kampung industri sekaligus kampung wisata tematik.

Wajah Lokpadas sebagai Kampung Sewu Payung sudah mulai terlihat. Jalan masuk ke permukiman padat penduduk itu sudah dihiasi payung kertas. Di jembatan masuk kampung ada gapura terbuat dari payung kertas.

Suasana Kampung Sewu Payung, Blimbing, Kota Malang (https://beritajowo.com)

Di lorong depan rumah Mbah Rasimun, maestro Payung, juga dihiasi aneka warna payung kertas. Mbah Rasimun merupakan perajin payung kertas yang masih eksis di Kota Malang. Julukan maestro payung kertas disematkan kepada lelaki sepuh tersebut.

Mbah Rasimun, maestro Payung

Saat ini payung ini bisa bernilai komersial untuk suvenir misalnya, yang bisa menggerakkan perekonomian. Dan kalau ingin mengembalikan kejayaan Lokpadas sebagai sentra payung kertas.

One thought on “Kampung Sewu Payung Blimbing Kota Malang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.