Kain Tenun Ikat Alor Nusa Tenggara Timur

Kain Tenun Ikat Alor, NTT (https://lifestyle.kompas.com)

Motif kain tenun dari Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbilang sederhana. Tidak rumit dan terbilang kurang laris ketimbang kain tenun dari NTT lainnya.

Namun, sekarang popularitas tenun Alor kian menanjak, terutama sejak para pembeli dari Jepang dan Jerman memburu kain yang kuat akan sentuhan etniknya tersebut.

Kain Tenun Ikat Alor, NTT (https://bandanaku.wordpress.com)

Masyarakat setempat, termasuk di Pulau Alor membuat tenun ikat dengan cara tradisional. Tiap kain butuh waktu 3 bulan!

Tenun sendiri merupakan kegiatan membuat kain dengan cara memasukan benang pakan secara horizontal pada benang-benang lungsin, biasanya telah diikat dahulu dan sudah dicelupkan ke pewarna alami. Pewarna alami tersebut biasanya dibuat dari akar-akar pohon, ada pula yang menggunakan dedaunan.

Proses pewarnaan alami (https://bandanaku.wordpress.com)

Proses pembuatan kain tenun ini dilakukan secara manual. Mulai dari proses ikat untuk pembentukan motif, sampai pencelupan warna yang dilakukan berulang-ulang. Ini karena satu warna saja butuh waktu selama 2-3 hari untuk pengeringan.

Kemudian, benang-benang yang sudah diikat ini akan ditenun untuk menjadi sebuah kain sarung. Nah, bayangkan, itu baru proses awalnya. Untuk menjadi kain sempurna, tiap penenun butuh waktu sedikitnya 3 bulan.

Sedang menenun (https://bandanaku.wordpress.com)

Tak heran, kain tenun jadi oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke NTT. Anda juga bisa mengobrol dengan para penenun yang sudah melakukan tradisi tersebut selama puluhan tahun.

Bahan

Bahan dasar pembuatan kain tenun ikat NTT juga beragam. Perajin kain tenun yang tersebar di Kupang dan di berbagai daerah di NTT, menggunakan dua pilihan bahan: benang alami dari tanaman dan benang pabrikan. Benang alami, misalnya dari akar mengkudu yang digunakan perajin di Lembata, biasanya menggunakan pewarna alami dan cenderung gelap. Sedangkan benang pabrikan umumnya lebih terang. Tekstur kain tenun dari benang alam juga biasanya lebih tebal dibandingkan benang pabrikan. Perbedaan cara pembuatan ini memengaruhi harga. Biasanya, kain tenun ikat dari bahan alam harganya lebih tinggi.

Motif

Tenun ikat khas alor biasanya memiliki motif kenari, karena pulau ini memang dijuluki “Pulau Kenari”, selain itu motif satwa laut seperti ikan dan cumi-cumi juga banyak ditemui.

Pewarna

Pewarna dari bahan-bahan alami yang tersedia di Pulau Alor, daun, akar, sampai getah tanaman untuk dijadikan pewarna alami kain tenun.

Sentra Tenun Ikat Alor

Mama Syariat Libana, Profesor warna alam (https://lifestyle.kompas.com)

Di pulau Alor yang eksotis tersebut, sentra tenun ikat berada di Kecamatan Alor Barat Laut. Nama tempatnya ‘Gunung Mako’, tepatnya terletak di Dusun Hula, Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Juga Rumah produksi tenun ikat milik Mama Syariat Libana di Dusun Ula, Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, sekitar 30 kilometer dari Kota Kalabahi.

Mama Sariat terbilang penenun istimewa karena berhasil menemukan lebih dari 100 warna dari bahan pewarna alami. Karya Sariat dan para perempuan Alor ini berhasil diboyong sampai luar negeri.

Warna kuning, coklat dan biru bisa dihasilkan dari rumput laut jenis Kappaphycus alvarezii (nama lokalnya katoni) atau Kappaphycus striatum (sacol). Datanglah ke lokasi pembuatan tenun milik Mama Sariat, penggerak tenun yang dijuluki profesor warna alam.

Tempat Penjualan

Untuk anda yang nggak mau jauh-jauh membeli aneka produk Kain Tenun NTT ke tempat asalnya, dapat ke Toko Jula Huba di lantai 1 Thamrin City, Jl. K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Kebun Melati, Kota Jakarta Pusat.

Kain tenun ikat, berupa selendang atau selimut, biasanya menjadi incaran wisatawan untuk membawa oleh-oleh dari NTT. Namun aksesori lain seperti taplak meja, hiasan dinding, dompet, atau benda fungsional lainnya juga menjadi buah tangan tak kalah populer dari kawasan timur Indonesia. Ragam model aksesori dari tenun ikat NTT ini memanjakan mata, dan menggoda karena keunikan dan kekayaan motif yang terlihat semakin apik dalam aplikasi aksesori.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.