Hari Bumi Internasional

Hari Bumi Internasional

Hari Bumi Internasional (International Mother Earth Day) adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Hari Bumi Internasional (https://www.merdeka.com)

Sejarah

Hari Bumi Bertepatan dengan Penandatanganan Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim, yang berlangsung di Markas Besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York. Perjanjian diadopsi oleh semua 196 Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim di COP21 di Paris pada tanggal 12 Desember 2015. Dalam perjanjian tersebut, semua negara sepakat untuk bekerja untuk membatasi kenaikan suhu global di bawah 2 derajat Celsius, dan berjuang untuk kenaikan hanya sebesar 1,5 derajat Celcius. Acara penandatanganan Perjanjian berlangsung pada hari pertama dan berlangsung secara terbuka untuk disetujui kapan saja, yang menandai langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan bahwa Persetujuan ini diadopsi dalam sistem hukum secepat mungkin.

Majelis Umum PBB mengakui bahwa Bumi adalah ekspresi umum untuk planet bumi di sejumlah negara dan wilayah, yang mencerminkan saling ketergantungan yang ada di antara manusia, makhluk hidup lain dan planet kita semua huni, dan mencatat bahwa Hari Bumi adalah diamati setiap tahun di banyak negara, yang kemudian memutuskan untuk menunjuk April 22 sebagai Hari Bumi Ibu Internasional pada tahun 2009, dengan resolusi A/RES/63/278.

Meskipun secara resmi baru ditetapkan pada tahun 2009, perayaan Hari Bumi pertama kalitelah diselenggarakan pertamakali di Amerika Serikat pada tahun 1970 oleh Jaringan Hari Bumi. Misinya adalah untuk memperluas dan mendiversifikasi gerakan lingkungan di seluruh dunia dan untuk memobilisasi sebagai kendaraan yang paling efektif untuk membangun lingkungan yang sehat, berkelanjutan, perubahan iklim, dan melindungi Bumi untuk generasi mendatang.

Hari Bumi Internasional (https://bukubiruku.com)

Pohon dipilih sebagai media aksi peringatan hari bumi Internasional :

  1. Pohon membantu memerangi perubahan iklim.
  2. Pohon menyerap CO2 kelebihan dan berbahaya di atmosfer. Bahkan, dalam satu tahun, pohon dewasa menyerap jumlah yang sama CO2 yang dihasilkan oleh mengemudi mobil dengan rata-rata jarak tempuh sejauh 26.000 mil.
  3. Pohon menyediakan udara bersih untuk dihirup.
  4. Pohon menyerap bau dan gas polutan (nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida dan ozon) dan filter partikulat dari udara dengan menjebaknya pada daun dan kulit pohon.
  5. Dengan menanam pohon yang tepat, hilangnya spesies, dapat ditangkal, serta memberikan peningkatan konektivitas habitat antara pola hutan regional.
  6. Pohon membantu penghidupan ekonomi sosial dan kebudayaan masyarakat.
  7. Pohon membantu masyarakat mencapai keberlanjutan ekonomi dan lingkungan jangka panjang dan menyediakan makanan, energi dan pendapatan.

Sumber: okecoy

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.