Desa Wisata Sungai Nyalo Pesisir Selatan Sumatera Barat

Desa Wisata Sungai Nyalo (https://traveltodayindonesia.com)

Desa Wisata Sungai Nyalo terletak di Nagari (Desa Adat) Sungai Nyalo Mudiak Aie, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, sebagai kategori “Desa Wisata Dengan Perkembangan Tercepat” yang berada di Kenagarian Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pessel, Provinsi Sumatera Barat.

Desa Wisata Sungai Nyalo (https://www.kemlagi.desa.id)

Kawasan pesisir pantai ini miliki pantai dan bukit yang menjadi andalan. Selain Bukit Mandeh yang menawarkan pemandangan batu-batu berbentuk pulau, ada pula Pantai Carocok yang terkenal dengan Pulau Cubadak yang masih sangat asri. Meski belum begitu dikenal di dalam negeri, turis asing banyak yang berwisata ke kawasan yang dijuluki “Paradise of the South” ini.

Potensi Wisata Alam

Desa Wisata Sungai Nyalo (https://www.pelitadesa.com)

Kawasan Mandeh juga memiliki ke indahan terumbu karang yg tidak kalah dengan tempat lain karena terdapat sekitar 70 hektare yg masih terawat. Selain itu terdapat hutan mangrove seluas 4 ratus hektare serta berbagai biota laut yg beraneka ragam.

Desa Wisata Sungai Nyalo

Teluk Carocok Tarusan dengan teluknya yg cukup landai dan tidak berombak, sejumlah pulau kecil yg ada dikawsan itu tidak kalah indahnya dengan objek wisata lainnya ditingkat Internasional, salah satunya Pulau Cubadak.

Peta Wisata Kabupaten Pesisir Selatan (https://udaunipesisirselatan2014.wordpress.com)

Sejak beberapa tahun lalu, Pulau Cubadak telah dikembangkan sebagai resort wisata atau yang lebih dikenal dengan Cubadak Paradise oleh investasi asing dari Italia.

Budaya Lokal

Keunggulan Desa Wisata Sungai Nyalo adalah budaya gotong royong yang begitu kental di kalangan masyarakat. Pembangunan dilakukan secara bergotong royong. Hal itu menjadi salah satu poin yang mengantarkan nagari yang baru berusia enam tahun itu, terpilih sebagai nagari berprestasi tingkat provinsi.

Fasilitas

Saat ini, sejumlah fasilitas seperti perahu boat sudah tersedia sebanyak lebih kurang 30 unit, serta sejumlah rumah yang di jadikan homestay sebagai tempat untuk bermalam.

One thought on “Desa Wisata Sungai Nyalo Pesisir Selatan Sumatera Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.