Desa Wisata Argapura Majalengka Jawa Barat

Keindahan terasering Panyaweuyan (https://www.visitcirebon.com)

Desa Wisata Argapura terletak di Kecamatan Argapura, yang berada di timur Kabupaten Majalengka dan berbatasan dengan Kabupaten Kuningan merupakan daerah di kaki Gunung Ciremai.

Bagian barat, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan lembah Cilongkrang. Sedangkan bagian timur, kamu bisa melihat Gunung Cermai dengan ketinggaian antara 3.078 meter di atas permukaan laut (dpl).

Kecamatan Argapura merupakan daerah perbukitan terjal dengan ketinggian antara 400 – 2000 meter dari permukaan laut (dpl) dan kemiringan tanahnya berkisar antara 25 sampai 40 persen. Mengikuti kontur tanah yang miring, maka beberapa lahan dijadikan berundak sehingga terciptalah terasering yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan Bali, bahkan Vietnam atau Thailand.

Potensi Wisata Alam

Keindahan terasering Panyaweuyan (https://www.idntimes.com)

Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka terletak di Desa Sukasarikaler, Jawa Barat. Panorama dari bukit Panyaweuyan benar-benar akan memuaskan dahaga bagi fotografi. Betapa tidak, pesona terasering Argapura yang merupakan warisan leluhur begitu cantik dilihat. Untuk menikmati keindahan terasering Panyaweuyan sebaiknya dilakukan pagi hari antara pukul 06.00 sampai 08.00.

Bukit Panyaweuyan ini juga populer dengan sebutan bukit bintangnya Majalengka. Bahkan, lokasi bukit Panyaweuyan ini cukup dekat dengan destinasi wisata air terjun Muara Jaya.

Air terjun (curug) Muara Jaya (https://magazine.job-like.com)

“Disarankan para pengunjung yang ingin melihat lebih dekat terasering Panyaweuyan ekstra hati-hati, jangan sampai saat melakukan selfie menginjak tanaman yang ada di sekitarnya.”

Selain keindahan terasering Argapura, juga banyak memiliki objek wisata alam, diantaranya Curug Apuy atau lebih dikenal dengan Curug Muara Jaya di Desa Argamukti, Bumi Perkemahan Argalingga dan mata air kahuripan di Desa Argalingga, Gua Lalay yang dikenal sebagai green canyon di Desa Sukadana.

Gua Lalay (https://www.wisatajabar.com)

Menuju Lokasi

Untuk sampai ke lokasi, para pengunjung bisa menempuh perjalanan dari arah Terminal Maja menuju jalan Desa Argalingga. Sampai di pertigaan Desa Sadasari-Sukasari belok kanan, setelah jembatan Cilongkrang belok kiri menuju ke arah Tejapermana dan sampai di kawasan Panyaweuyan.

One thought on “Desa Wisata Argapura Majalengka Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.