Camilan Khas Sukabumi Jawa Barat

Kue Bandros Ata

Sukabumi, memiliki udara yang terbilang sejuk, memiliki banyak camilan khas yang akan memanjakan lidah Anda. Bahkan, beberapa makanan yang sering kita temui di beberapa daerah di Jawa Barat seperti bandros, bubur ayam, dan mochi berasal dari Sukabumi.

Mochi Lampion

Kue Mochi Lampion (https://lagimakan.com)

Makanan khas Sukabumi ini aslinya berasal dari Jepang yang dibawa oleh tentara Jepang saat menjajah Indonesia. Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai halus dan kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat.

Teksturnya sangat lembut dan kenyal ditambah dengan warna-warni tampilannya menambah daya tarik tersendiri. Ada banyak sekali kue mochi yang dijual di Sukabumi, namun yang paling terkenal adalah kue Mochi Lampion.

Kue Mochi (https://kompaswisata.com)

Kue Mochi lampion bisa Anda dapatkan di Jalan Kaswari, Gang Kaswari II No 19, Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka: jam 09.00 – 17.00

Kue Bandros Ata

Kue Bandros Ata (https://tempatwisataindonesia.id)

Merupakan kue yang dibuat dengan tepung beras, kelapa parut dan santan. Ada banyak pilihan menu yang bisa cicipi di antaranya adalah rasa cokelat, vanilla, keju dan strawberry. Resep yang digunakan untuk membuat Bandros Ata diwariskan secara turun temurun dari tahun 1973 sampai sekarang.

Bandros Ata ada di Jalan Gudang No. 4, Sukabumi. Buka dari pukul 20.30 sampai 06.00 WIB. Untuk minumannya, tempat ini menyediakan susu, teh, kopi, jeruk dan STMJ (Susu Telor Madu Jahe).

Coklat Unaichoco

Coklat Unaichoco (https://tempatwisataindonesia.id)

Terbuat dari 100% coklat asli, diolah dengan teknik khusus dan menghasilkan banyak varian rasa, diantaranya coklat keju, coklat mete, coklat strawberry, coklat blueberry, dan juga coklat permen.

Roti Priangan

Roti Priangan (https://tempatwisataindonesia.id)

Roti ini dibuat tanpa bahan pengawet. Varian roti yang menjadi ciri khas dari Roti Priangan ini adalah roti tanduk. Roti tanduk memiliki bentuk seperti tanduk yang berisi susu dan mentega. Selain roti tanduk, ada juga roti kepang dan roti manis.

Roti Priangan merupakan salah satu kuliner legendaris yang dimiliki oleh Kota Sukabumi. Roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1943 oleh Oey Tjiang Lie. Sekarang ini, makanan khas Sukabumi ini sudah dikelola oleh generasi ketiga keluarganya. Rumah produksinya berada di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi.

Bolu Pisang Ibu Onih

Bolu Pisang Ibu Onih (https://kompaswisata.com)

Bolu Pisang Ibu Onih sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, sudah dirintis sejak tahun 1988. Di tangan Ibu Onih Suhartini, buah pisang dapat diubahnya menjadi jajanan yang memiliki nilai jual tinggi. Ibu Onih mengatakan bahwa ia memulai bisnis ini bermula dari hobinya membuat kue. Kemudian Ibu Onih menitipkannya ke beberapa warung terdekat.

Lama kelamaan namanya mulai dikenal banyak orang dan berbagai pesanan pun banyak berdatangan. Bolu yang dibuat oleh Ibu Onih ini dapat bertahan hingga seminggu walaupun dibuat tanpa bahan pengawet.  Salah satu penjual bolu pisang khas Sukabumi yang sangat terkenal adalah warung Bu Onih yang berada di Jl. Sukaraja, Gang Mesjid, Sukabumi.

Pisang Cakra

Pisang Cakra (https://lagimakan.com)

Selain mochi dan bolu pisang, kamu juga bisa membawa ke rumah Pisang Cakra sebagai oleh-oleh. Pisang Cakra adalah pisang cokelat yang dibalut oleh kulit lumpia. Saat memakannya, kamu akan merasakan lezatnya cokelat yang meledak di mulut.

Tersedia juga Pisang Cakra mentahan yang dapat kamu goreng sendiri di rumah sehingga bisa dinikmati dalam keadaan hangat. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa mengunjungi Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gunung Parang, Cikole, Sukabumi. Buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam.

Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi (https://www.gotravelly.com)

Makanan ringan ini selain rasanya enak juga mudah didapat. Berbahan dasar durian membuat surabi Sukabumi ini berbeda dengan jenis surabi terkenal lainnya. Surabi Sukabumi dapat kamu peroleh di Jalan Jenderal Soedirman, Sukabumi.

Kue Jahe

Kue Jahe (https://tempatwisataindonesia.id)

Makanan ini terbuat dari jahe yang diparut dan dicampur gula. Rasa manis dan hangat dari kue ini sudah dikenal dari jaman Belanda. Sangat nikmat dikonsumsi saat kumpul bersama keluarga atau teman. Lebih nikmat lagi apabila dinikmati bersama segelas teh panas atau sirup dingin.

Sagon Bakar Ciaul

Sagon Bakar Ciaul (https://lagimakan.com)

Makanan ini terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya. Sagon Bakar Ciaul sendiri merupakan makanan khas Sukabumi yang mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah. Terdapat berbagai macam rasa di antaranya rasa original, cokelat, kopi, keju dan masih banyak lagi.

Sagon Bakar Ciaul baik untuk kamu yang memiliki alergi dengan terigu (gluten) dan sedang diet rendah lemak. Lemak yang terdapat pada kelapa berkurang saat proses pengovenan.

Deblo

Debo (https://tempatwisataindonesia.id)

Deblo dibuat dari singkong yang diberi bumbu berupa bawang putih, kunyit, daun bawang, garam, dan juga merica kemudian ditumbuk hingga halus dan digoreng hingga kering. Rasanya campuran antara gurih dan asin.

Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore (https://lagimakan.com)

Sekoteng Singapore berisi kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, agar-agar dan potongan roti. Dengan mengonsumsi Sekoteng Singapore pada malam hari, kamu akan mendapatkan kehangatan tubuh plus tambahan daya tahan tubuh.

Mau mencoba Sekoteng Singapore? Terletak di jalan Ahmad Yani, Kebonjadi, Sukabumi, buka dari pukul 16.30 sampai 24.00 WIB.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.