Camilan Khas Karawang Jawa Barat

Es Walikota

Biasanya, camilan khas akan selalu diburu oleh orang-orang yang baru saja berkunjung atau jarang berkunjung ke daerah tersebut. Begitu juga dengan Karawang, kota yang mulai berkembang ini punya beberapa jenis camilan khas Karawang yang patut anda coba.

Surabi Hijau Karawang

Surabi Hijau Karawang

Serabi khas Karawang ini mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dari surabi daerah lainnya karena surabi ini berwarna hijau. Surabi hijau Karawang dimakan dengan cara dicocol memakai santan atau gula pemanis. Makanan ini berbahan dasar daun suji dan banyak dijual di daerah Rengasdengklok.

Opak Ketan Rawagede

Opak Ketan Rawagede

Mungkin opak ketan banyak ditemui di berbagai daerah lain di Indonesia, namun opak ketan dari Rawagede, Karawang ini mempunyai rasa yang unik dan berbeda dari opak yang lainnya. Rasa khasnya membuat opak ketan ini punya ciri khas tersendiri. Bentuk opak ketan Rawagede sangat kecil, beda dengan opak dari daerah lain yang biasanya besar-besar. Opak ini habis dalam dua kali gigit saja. Cocok dijadikan camilan yang dimakan ketika anda berkeliling Karawang. Rasa opak ketan Rawagede ini gurih dan teksturnya renyah. Tentunya anda akan ketagihan apabila sudah memakan opak ketan ini. Opak ketan Rawagede ada juga yang disajikan dengan cara dibakar. Nah, tergantung selera anda nih mau pilih opak yang original atau opak bakar.

Kue Gonjing

Kue Gonjing

Camilan khas Karawang yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang yang sudah lama tinggal di daerah Jawa Barat, khususnya daerah Karawang. Rasa kue gonjing ini gurih dan enak. Ternyata, kue gonjing ini masuk dalam daftar makanan legendaris yang ada di Karawang ya. Selain enak, rasa gurih dari kue gonjing ini pun sangat terjangkau dan ramah di kantong. Kue gonjing dibuat dari buah pohon kelapa yang dicampur dengan tepung lalu diberi taburan gula bubuk putih. Beberapa pedagang juga ada yang menyajikan kue gonjing ini dengan rasa pedas, caranya dengan diberi campuran atau dicocol dengan saus pedas.

Es Walikota

Es Walikota

Es walikota merupakan kepanjangan Es Warung Lingkungan Kota karena lokasinya berada di tengah Kota Karawang. Di kedai es ini, penyajian es nya cukup unik karena anda dibiarkan memilih sendiri baik es, buah, roti, maupun camilan yang disediakan dalam satu mangkuk ukuran tertentu.

Minuman Kawista Madu

Minuman Kawista Madu

Kawista merupakan salah satu buah yang masuk dalam keluarga buah mojo atau suku jeruk-jerukan. Kulit buah ini agak keras dan jika matang mengeluarkan bau yang sangat khas. Buah kawista mengandung cola sehingga ada yang menyebutnya Java Cola. Nah, buah ini dijadikan sajian minuman yang menggugah selera oleh salah seorang warga Karawang yang dicampur dengan madu. Terciptalah minuman kawista madu yang rasanya menyegarkan dan cocok dijadikan alternatif oleh-oleh khas Karawang. Selain enak, minuman ini juga berkhasiat menurunkan panas badan, menyegarkan badan, serta bisa mengatasi sakit perut dan gangguang saat menstruasi.

Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Bontot adalah bagian ujung dari adonan kerupuk udang yang sudah dapat dipotong lagi. Camilan ringan khas Karawang ini berbeda dengan kerupuk udang lainnya karena kerupuk bontot sebenarnya bahan baku setengah jadi untuk pembuatan kerupuk udang. Dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan udang. Kerupuk bontot banyak di produksi di Kecamatan Rengasdengklok.

Gegeplak

Gegeplak

Camilan khas Karawang berikutnya adalah gegeplak yang terbuat dari kelapa muda utuh yang dicampur dengan air, gula pasir, garam, dan pewarna makanan biasanya merah muda atau hijau. Cara membuat gegeplak ini cukup mudah, pertama kelapa di parut kemudian diaduk rata dengan campuran bumbu yang sudah sesuai takarannya masing masing. Setelah itu tetesi dengan pewarna makanan dan aduk kembali sampai merata. Masak adonan sambil diaduk hingga berambut dan ketika masih panas ambil adonannya menggunakan sendok lalu kumpulkan adonannya sampai menyatu. Letakkan adonan tersebut di atas kertas roti dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering, sajikan di piring dan susun rapi agar lebih menarik. Cukup gampang kan cara membuatnya? Tapi butuh ketelitian dan ketelatenan dalam membuat gegeplak ini agar rasa dan tampilannya tidak berubah dari resep aslinya.

Dodong Hideung Ketan

Dodong Hideung Ketan

Camilan tradisional khas Karawang yang mempunyai rasa manis ini dibuat dari beras ketan yang diolah sedemikian rupa hingga bertekstur legit. Dodong hideung ketan ini cocok anda jadikan oleh-oleh khas Karawang untuk dibawa pulang ke daerah asal dan dibagikan kepada sanak saudara karena rasanya enak dan harganya terjangkau.

Kue Ali

Kue Ali

Kue yang berbentuk cincin dan mempunyai rasa khas ini sering disebut juga dengan Kue Cincin. Rasanya dominan manis dan teksturnya sangat empuk. Selain itu Kue Ali ini juga legit karena berbahan dasar campuran beras ketan dengan gula merah dan kelapa yang digoreng. Selain bulat, Kue Ali juga ada yang berbentuk persegi empat, namun tetap ada lubang di bagian tengah. Inilah yang menjadi ciri khas Kue Ali.

Rengginang Ketan

Rengginang Ketan

Oleh-oleh camilan khas Karawang selanjutnya adalah rengginang ketan. Sama dengan namanya, terbuat dari beras ketan yang diolah dan dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian digoreng. Rengginang ketan dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan cocok dijadikan teman minum teh di sore hari yang cerah.

Bolu Kijing

Bolu Kijing

Bolu kijing merupakan camilan ringan, rasanya manis, gurih, lembut dan renyah ketika digigit. Bolu kijing merupakan makanan legendaris yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Bolu ini masih dibuat menggunakan cara tradisional dan tanpa bahan pengawet. Meskipun begitu, bolu kijing mampu bertahan hingga 7 hari sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Kue Jojongkong

Kue Jojongkong (https://www.masakankoki.com)

Camilan khas dari Karawang ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang dibubuhi garam, daun pandan suji, dan juga santan. Kue jojongkong ini juga diberi isian berupa kelapa muda yang dikeruk hingga halus serta gula merah. Kue jojongkong dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dikukus. Camilan tradisional ini mempunyai rasa yang manis dan gurih serta bisa membuat siapapun yang menikmatinya menjadi ketagihan.

Ganastori

Terakhir, ada kue ganastori yang hanya dikenal di Karawang, sedangkan di daerah lain diberi nama Kue Gandasturi. Kue ini terbuat dari kacang hijau yang dibungkus tepung dan diolah dengan cara digoreng. rasanya sudah pasti enak, gurih dan teksturnya renyah. Sekarang, kue ini sudah jarang ditemui karena sudah semakin sedikit yang membuatnya. Namun, jika anda penasaran dengan rasanya anda dapat mencari kue ganastori ini di Gang Pasar Rumput yang terletak di Jalan Tuparev, Karawang.

Sumber: tempatwisataindonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.