Camilan Khas Cianjur Jawa Barat

Peladang

Bagi para peminat camilan, selalu berburu camilan khas daerah tentu merupakan tujuan nomor satu saat akan menjelajah berbagai kota lain. Cita rasanya yang unik memang bisa membuat kamu merindukan camilan ringan khas daerah walaupun harus jauh-jauh mendatangi tempat asalnya.

Nggak heran bila ada saja teman (bahkan anda sendiri) yang senang menitip oleh-oleh camilan saat ada yang pergi menjelajah kota-kota Indonesia. Apalagi, Indonesia yang kaya akan cita rasa ini memiliki banyak banget camilan super enak yang khas pada setiap daerahnya.

Marici

Marici (https://www.vindyputri.com)

Marici merupakan singkatan dari Makanan Ringan Cianjur. Bercita rasa gurih dan teksturnya renyah membuat marici banyak diburu oleh para wisatawan. Marici tersaji dalam tiga bentuk, yaitu marici putumayang, marici rengginang, dan marici renggining.

Tiga jenis Marici dibedakan dari bentuk dan warnanya

Marici Putumayang

Marici Putumayang (https://www.bukalapak.com)

Berbeda dengan Putumayang pada umumnya yang terbuat dari tepung beras berbentuk seperti mie dan biasanya setelah di kukus langsung di nikmati dengan santan ataupun saus gula. Marici Putumayang sama dengan kedua jenis MaRiCi lainnya Rengginang ataupun Renggining  yang setelah di kukus harus lah melewati proses penjemuran di bawah terik Matahari langsung hingga berubah bentuk menjadi bentuk kerupuk yang utuh.

Bahan pembuat Putumayang berupa Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, dan Penyedap Rasa. Ada tiga pilihan rasa, Original, Terasi dan Singkong.

Marici Rengginang

Marici Rengginang (https://www.bukalapak.com)

Marici rengginang merupakan kerupuk tebal yang juga dibuat dari beras ketan yang telah dikeringkan dengan cara dijemur dan kemudian digoreng.

Bahan pembuat Regginang yaitu Beras Ketan (butiran ketannya masih tampak), Bawang Putih, Garam, Penyedap Rasa, Terasi (Untuk Pilihan Rasa Terasi) dan Udang Rebon Serta Ketumbar (Untuk Pilihan Rasa Udang Rebon). Variasi pilihan rasa yaitu Original, Terasi, Udang Rebon, Bawang dan Ketan Hitam.

Marici Renggining

Marici Ranggining (https://www.bukalapak.com)

Ranggining adalah sejenis kerupuk berbentuk seperti Rengginang yaitu bulat dan tebal, tapi terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dihaluskan. Untuk bahan-bahan dan bumbu sama persis seperti apa yang digunakan dalam membuat bentuk Putumayang, akan tetapi untuk rasa akan jauh berbeda.

Bahan pembuatan Renggining berupa, Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, dan Penyedap Rasa. Variasi pilihan Rasa yaitu Original dan Jengkol.

Manisan Cianjur

Manisan Cianjur (https://www.apasih.web.id)

Merupakan makanan olahan dari buah dan sayuran dengan rasa asam manis atau manis pedas asam. Buah yang biasanya dijadikan manisan seperti misalnya salah, kedondong, mangga dan lainnya. Adapun sayur yang bisanya dijadikan olahan manisan misalnya bayam, sawi, dan terong.

Paladang

Peladang (https://sportourism.id)

Merupakan singkatan dari pala (buah pala) dan gedang (buah pepaya), camilan legendaris khas Cianjur, Jawa Barat satu ini.

Terbuat dari parutan buah pepaya muda, pala dan gula pasir. Kemudian diberi pewarna makanan alami dan dibentuk bulatan kecil, setelah itu diberi taburan gula pasir. Soal rasa, paladang cukup segar. Perpaduan anatara manis, asam, kecut semua jadi satu.

Paladang mulai bermunculan, biasanya ketika hari raya besar seperti Idul Fitri tiba. Hampir di setiap rumah menyediakannya, berjejer di antara kue-kue lainnya seperti putri salju, nastar, rengginang, bolu.

Bandrek

Bandrek Cianjur (https://tempatwisataindonesia.id)

Minuman tradisional khas Cianjur yang legendaris ini mempunyai aroma rempah yang sangat terasa dengan rasa yang sedikit pedas, campuran kayu manis dan gula aren yang membuat rasanya semakin nikmat. Salah satu sentra pembuatan dan penjualan bandrek di Cianjur berada di Desa Sukamaju yang masih membuat sajian minuman ini dengan cara tradisional dan berbahan alami.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.