Camilan Khas Bekasi Jawa Barat

Kue Akar Kelapa Bekasi

Kota Bekasi memiliki budaya yang berasal dari percampuran antara budaya Betawi dan budaya Sunda. Saat ini sebagian besar warga kota Bekasi berasal dari Jakarta. Penduduk asli kota Bekasi secara umum berbicara dengan bahasa Betawi namun memiliki logat Sunda. Selain keunikan dari bahasanya kota Bekasi ini juga memiliki ragam kuliner yang luar biasa uniknya yang perlu dicoba ya.

Kue Rangi Bekasi

Kue Rangi Bekasi

Untuk bahan pembuatnya sendiri terdiri dari tepung sagu yang kemudian dicampur garam, kelapa parut kasar dan air secukupnya. Setelah itu panggang kue rangi dalam keaadan kering. Terakhir tambahkan saus gula kental yang merupakan campuran dari gula merah dan tepung sagu dan kue rangi yang lezat dan gurih siap untuk anda nikmati.

Kue Akar Kelapa Bekasi

Kue Akar Kelapa Bekasi

Kue akar kelapa merupakan kue yang telah dikenal oleh masyarakat bekasi sejak lama sehingga sangatlah pas jika kue ini di beri gelar kue legendaris dari betawi Bekasi. Kue ini terkenal akan rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah. Kue ini memilki bentuk yang mirip akar kelapa.

Dodol Betawi Bekasi

Dodol Betawi Bekasi

Dodol ini merupakan kuliner yang dianggap legendaris oleh masyarakat Bekasi dikarenakan kue ini telah lama dikenal oleh masyarakat Bekasi serta resep yang diturunkan secara turun temurun dari nenek moyang. Dodol betawi ini proses pembuatannya sangatlah rumit, akan tetapi sebanding dengan rasanya yang legit serta manis, ditambah lagi kuliner ini sangat kenyal saat berada di lidah yang membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan.

Kue Kembang Goyang Bekasi

Kue Kembang Goyang Bekasi

Kue ini memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih, sehingga sangat cocok dinikmati saat berkumpul bersama keluarga. Saat ini kue kembang goyang telah tersedia dengan rasa-rasa yang disukai baik kalangan anak-anak maupun dewasa. Salah satu rasa kembang goyang yang ada di Bekasi yaitu rasa pandan. Tentunya dengan adanya varian rasa dari kembang goyang ini membuat anda lebih tertarik untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Kue Sagon Bekasi

Kue Sagon Bekasi

Kue ini berbahan dasar tepung beras yang dibuat dengan cara disangrai. Didalam proses sangrai ini biasanya memanfaatkan bara api untuk menghasilkan rasa kue sagon yang lezat. Kue ini juga memiliki bentuk yang bermacam-macam mulai dari bentuk bergerigi, bundar maupun oval.

Wajik Ketan Merah

Kue wajik ketan merah terbuat dari bahan utama yaitu ketan merah yang memiliki rasa yang manis dan terasa lembut di lidah. Selain nikmat kue wajik ini juga mengenyangkan sehingga sangat pas di konsumsi saat sedang lapar.

Kue Dongkal Bekasi

Kue Dongkal

Kue dongkal terbuat dari tepung beras kasar yang dicampur atau dipadukan dengan gula aren maupun gula kelapa. Kue ini juga disajikan bersama dengan parutan kelapa yang telah diberi garam, sehingga kue ini memiliki perpaduan rasa antara manis dan asin serta memiliki tekstur yang agak kasar.

Kue Duit Bekasi

Kue Duit (https://mamikos.com)

Kue ini diberi nama kue duit karena adonan untuk membuat kue dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai uang logam. Kue ini sendiri berbahan baku adonan tepung yang proses masaknya dengan digoreng.

Untuk rasa sendiri kue ini termasuk salah satu kue yang memiliki rasa manis sehingga sangat pas untuk anda yang menginginkan camilan yang manis serta dapat mengenyangkan. Kue ini didapatkan di toko oleh-oleh sekitar daerah Bekasi, kue duit mudah ditemukan dalam bentuk kemasan-kemasan kecil maupun yang kiloan.

Kue Jalabia Bekasi

Kue Jalabia Bekasi

Kue jalabia atau disebut juga kue cincin, terbuat dari tepung beras, tepung ketan, garam, kelapa serta gula aren.

Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus (https://bekasicity.net)

Kue telor gabus bukan berarti bahan dasarnya telur ikan gabus. Penamaan kue ini diambil dari tekstur kue telur gabus yang lembut seperti gabus dan bentuk dari kue ini yang menyerupai telur. Selain bentuk serta tekstur kue yang unik, kue yang satu ini juga memiliki rasa yang sangat gurih. Bagaimana? tertarik bukan untuk mencicipi kue yang satu ini.

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang (https://bekasicity.net)

Kue khas Cikarang ini berbentuk bulat kecil, menyerupai biji ketapang, seperti bentuk bola rugby, bahan pembuat kue ini antara lain tepung terigu, gula, mentega serta telur. Kue ini mudah ditemukan di pusat oleh oleh di Bekasi Timur atau di wilayah lainnya.

Kue Cucur Bekasi

Kue Cucur

Kue cucur ini memiliki warna kecoklatan, memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut di tengah dan renyah dibagian tepi. Kue cucur ini juga sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi, diwaktu santai anda lebih berkesan.

Bir Pletok

Bir Pletok

Bir pletok sendiri berbahan dasar rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh serta dapat menjaga stamina bagi kalian yang sering kelelahan. Minuman ini memiliki rasa yang pedas serta hangat sangat diminum sehingga sangat pas diminum saat suhu dingin.

Salah satu pusat oleh-oleh Bekasi yang bisa anda kunjungi adalah warung Mpok Nini yang terletak di Jalan Letnan Arsyad, No.57, Kelurahan Kayurigin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan.

Sumber: nurfaizianshori

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.