Permainan Trombol Muara Enim Sumatera Selatan

Permainan tradisional Trombol

Permainan Trombol ini berasal dari Talang Airguci, Desa Sugihan, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Trombol merupakan permainan mirip sekali dengan Billyard, namun yang disodok disini bukan bola bulat berwarna melainkan potongan kayu berbentuk bulat pipih dengan diameter sekitar 4 cm dan tebal sekitar 2 cm. Diatas potongan kayu tersebut diwarnai dengan spidol permanen biru dan merah, tak lupa dibubuhi angka-angka layaknya yang terdapat pada bola bilyard maupun karambol. Anda tentu saja tidak dapat menemukan baik potongan kayu bulat dan alas permainan trombol ini di toko-toko olahraga karena semuanya mereka buat sendiri.

Asal mula permainan ini tidak mengetahui dengan pasti karena permainan ini sudah cukup lama menjadi primadona di kalangan pemuda-pemuda talang. Uniknya permainan ini, lubang hanya ada di keempat sudut papan seperti pada permainan karambol, namun cara menggerakan kayu bulat itu menggunakan tongkat seperti pada permainan billyard.

Karena bola yang dimainkan berbentuk pipih, cukup sulit ketika mencoba menyodok dan memasukkannya ke dalam lubang. Disinilah fungsi dari bedak bayi yang terlihat di pojokan meja, papan yang terbuat dari triplek dan biji bola dari kayu menghasilkan gaya gesek yang cukup besar sehingga sedikit sulit meluncur walaupun sudah ditambah gaya dorong dari tongkat sodok.

Aturan Main

Aturan main pun kadang berubah sesuai keinginan dari para pemainnya.

Sumber: indonesiamengajar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.