Hari Pertama, Jakarta Modest Fashion Week 2018

Karya Dilbar Kirgiztan

Jakarta Modest wear merupakan fashion yang tidak hanya dipakai untuk perempuan muslimah saja tetapi bisa dikenakan oleh siapa saja. Maka dari itulah, seiring berkembangnya modest fashion semakin banyak desainer merancang busana tersebut.

Semakin banyak perempuan yang berminat mengenakan modest wear untuk dipakai sehari-hari, di Asia sendiri pangsa pasar tengah berkembang dengan pesat. Melalui panggung mode Jakarta Modest Fashion Week bertaraf internasional pertama di Asia para desainer unjuk rancangan mereka.

Hari pertama (26/07/18) beberapa perwakilan desainer akan tampil, ada dua fashion show yang terbagi menjadi dua sesi parade. Dalam dua sesi hari pertama tersebut, banyak koleksi yang ditampilkan untuk dipakai para muslimah.

Sesi Parade Pertama

Pada parade pertama, desainer yang tampil ada Araida Rusia, Modanisa Turki, Dilbar Kyrgstan, Andrianna Yariqa Singapore, Sofie Indonesia dan Anggia Handmade Indonesia.

Dalam dua sesi hari pertama tersebut, banyak koleksi yang ditampilkan untuk dipakai para muslimah. Brand Mancanegara Modanisa Turki, Andrianna Yariqa Singapore dan Women of Haya Singapore mendominasi pakaian balutan hijab. Modanisa menampilkan konsep baju panjang serta penutup rambut yang manis. Koleksinya memfokuskan pada dress nude.

Araida Rusia

Karya Araida Rusia

Label ini didirikan pada 2014 oleh dua perempuan muda, yaitu Aida dan Marianna Beshtaova. Busana-busana Araida sendiri memiliki karakteristik yang kental. Menyuguhkan sentuhan busana feminin dengan potongan yang berlapis-lapis, yang didominasi material silk. Semuanya dihadirkan dalam gaya yang tertutup dan bisa dipakai oleh siapa saja, baik yang berhijab ataupun tidak.

Karya Araida Rusia (https://kumparan.com)

Modanisa Turki

Karya Modanisa Turki (https://kumparan.com)

Merupakan toko busana asal Turki, yang berbasis penjualan daring telah melayani 15 juta pengunjung dan mengirim fesyen produksinya ke 120 negara. Ada lebih dari 500 merek dan desainer yang berbagung di pasar fesyen daring itu. Produk yang dibawa ke panggung adalah karya desainer Rasit Bagzibagli yang pernah mendesain gaun pesohor Paris Hilton.

Karya Modanisa Turki (https://kumparan.com)

Dilbar Kirgiztan

Karya Dilbar Kirgiztan (https://lifestyle.okezone.com)

Koleksinya sendiri bercerita tentang legenda tua yang disebut Garden of Salimar, merupakan taman cantik yang berada di Babilonia, dibuat khusus untuk Jakarta Modest Fashion Week 2018.

Karya Dilbar Kirgiztan

Rancangan Dilbar ini juga begitu kaya dengan penggunaan warna. Karena menghadirkan merek luxury, Dilbar mengaplikasikan bulu dan kristal swarovsky pada beberapa rancangannya. Semua elemen mewah ini diaplikasikan pada rancangan berbentuk gaun yang dipadupadankan dengan turban.

Andrianna Yariqa Singapura

Karya Andrianna Yariqa Singapura (https://www.liputan6.com)

Busana modest harian yang terlihat lebih santai, dengan sentuhan warna hijau zaitun yang kini sedang tren, membuat busana dengan desain yang menunjukkan kekuatan perempuan. Potongan top and bottom serta aksesoris penutup mulut mendukung penampilan wanita berhijab.

Sofie Indonesia

Karya Sofie Indonesia

Desainer asal Jember, mencuri perhatian di Jakarta Modest Fashion Week. Koleksi Sofie menonjolkan sisi maskulin seorang wanita. Secara keseluruhan koleksi yang ditampilkan Sofie terlihat sangat edgy, sisi ketegasan terlihat dalam tiap detail.

Karya Sofie Indonesia

Terinspirasi dari gaya milenial, Sofie memang sukses memadukan dua hal yang menjadi inspirasinya itu. Ia pun sengaja memilih warna yang memiliki tone gelap.

Anggia Handmade Indonesia

Karya Anggia Handmade Indonesia (https://www.itjeher.com)

Membawakan koleksi bertema Sabiya, berarti harum bunga, yang dituangkan dalam bentuk bordir bentuk bunga dan abstrak.  Anggia pun menghadirkan koleksi fall atau Winter 2018 bernuansa hitam disertai dengan bordir berwarna kontras. Material yang digunakan berupa Jet Black yang hitam sempurna, baik pada outer, pants, dress dan hijab.

Karya Anggia Handmade Indonesia (https://www.itjeher.com)

Sesi Parade Kedua

Adapun pada parade kedua, ada Zeina Ali Jordan, Nys.co feat Hannie Hananto Indonesia, Women of Haya Singapore, Up2Date Plus by Irna Mutiara Indonesia dan Resi by Rizka Haristi Indonesia.

Nys.co featuring Hannie Hananto Indonesia

Karya Nys.co featuring Hannie Hananto Indonesia (https://www.bintang.com)

Bertemakan New York koleksi ini akan membuat perempuan masa kini tampil modern dengan sentuhan warna cerah seperti kuning, orange, hijau, putih dan sebagainya.

Karya Nys.co featuring Hannie Hananto Indonesia (https://www.bintang.com)

Women of Haya Singapura

Karya Women of Haya Singapura (https://www.pikcat.com)

Women of Haya yang didominasi dengan warna hitam, abu-abu dan putih ini, menampilkan dress panjang serta hijab elegan bagi muslimah pecinta warna dasar.

Karya Women of Haya Singapura (https://www.pikcat.com)

Up2Date Plus Indonesia

Karya Up2Date Plus (https://www.bintang.com)

Label Up2Date Plus milik Irna Mutiara menghadirkan koleksi busana ready to wear yang ringan dan sangat mudah untuk di mix and match. Mengombinasikan warna biru, hijau, putih dengan motif printend koleksi yang terinspirasi dari gaya librarian ini terlihat chic.

Karya Up2Date Plus (https://www.bintang.com)

Resi by Rizka Haristi Indonesia

Karya Resi by Rizka Haristi Indonesia (https://www.pikcat.com)

Resi oleh Rizka Haristi, gabungan dari kain tenun tangan dari Baduy (Jawa Barat) dengan pola warna-warni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.