Destinasi Wisata dengan Udara Dingin dan Sejuk

Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua

Ada banyak tempat dingin di Indonesia yang nggak kalah bikin kita menggigil dan membuat ogah mandi karena airnya dingin seperti es. Siapa tahu kita pengen liburan ke tempat-tempat adem, tempat-tempat dingin di Indonesia ini bisa banget untuk disambangi. Bukan cuma bisa ngedapetin hawa yang dingin dan sejuk saja, bisa mendapatkan pemandangan yang indah, plus tempat wisata yang asik dan kulinernya yang lezat lagi.

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Kota Mulia (https://www.swamedium.com)

Kota Mulia merupakan sebuah kota kecil di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, dengan ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suhu normal di Mulia berkisar 15° – 20º C pada siang hari, sedang di malam hari suhu udara mencapai 10º C.

Kota Mulia

Meski kecil, Mulia cukup ramai dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan. Jalan-jalan juga sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah memadai walau jumlahnya masih sedikit.

Mulia memiliki satu bandara kecil yang hanya bisa dilandasi oleh pesawat jenis Caravan. Untuk ke sini, Anda bisa naik pesawat selama satu jam dari Jayapura dan melewati rute mendebarkan karena pesawat harus meliuk-liuk melewati sela-sela gunung.

2. Waghete, Deiyai, Papua

Kota Waghete (https://disbudpardeiyai.blogspot.com)

Kota Waghete terletak di Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua, dengan ketinggian 2.200 mdpl. Kawasan ini memiliki suhu 15º C pada siang hari dan di malam hari sekitar 10º C.

Danau Tigi, Waghete (https://disbudpardeiyai.blogspot.com)

Meski menawarkan suhu udara yang dingin, pemandangan yang indah dan kondisi yang masih asri dari wilayah ini sangatlah indah, meski untuk bisa mencapai Waghete perlu usaha keras.

3. Dieng, Wonosobo, Banjarnegara, Jawa Tengah

Bukit Sikunir, Dieng (https://indonesia.tripcanvas.co)

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Telaga Warna (https://wisatalengkap.com)

Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 mdpl. Suhu berkisar 12° – 20° C di siang hari dan 6° – 10° C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0° C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (embun racun) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Telaga Merdada (https://wisatalengkap.com)

Dieng punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera anda eksplor.

Baca juga: Mendaki Gunung Prau

4. Puncak, Bogor, Cianjur, Jawa Barat

Riung Gunung, Puncak (https://hello-pet.com)

Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Wilayah Puncak berada di kaki dan lereng pegunungan Gede – Pangrango dan berada pada ketinggian rata-rata 700 – 1.800 mdpl dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14° – 18° C. Selain itu, daerah Puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak (2.221 m).

Wisata Puncak Mustika Manik, spot foto (https://wisatakaka.com)

Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Hampir sebagian besar wilayah ini diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan. Keindahan alam daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung.

Baca juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat

Taman Bunga Nusantara, Cianjur (https://gpswisataindonesia.info)

Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik di antaranya Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga Warna, Taman Wisata Matahari dan terdapat sebuah masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta’awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa dan hotel yang dimiliki oleh investor dan warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung.

Peta Wisata Kawasan Puncak (https://gpswisataindonesia.info)

5. Batu, Jawa Timur

Wisata Paralayang Batu (https://travel.tribunnews.com)

Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, berada di ketinggian 700 – 1.700 mdpl, dengan suhu udara rata-rata mencapai 12° – 19° C.

Baca juga: Taman Bunga Selecta Kota Batu

Jatim Park 1 (https://indonesia.tripcanvas.co)

Taman hiburan paling keren dan paling besar di Indonesia, Jawa Timur Park atau Jatim Park dilengkapi berbagai wahana seru berstandar Internasional, Museum Angkut, sampai Batu Secret Zoo. Saking besarnya, sampai-sampai kawasan ini dibagi dua bagian menjadi Jatim Park 1 & Jatim Park 2.

Peta Wisata Kota Batu, Jawa Timur (https://www.eastjava.com)

Di malam hari di Batu Night Spectacular yang buka sampai 23.00. Beda dengan taman rekreasi pada umumnya, suasana di sini justru jauh lebih hidup ketika hari mulai gelap dan lampu-lampu serta lampion berwarna-warni dinyalakan.

6. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berastagi (https://www.flickr.com)

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan  ketinggian 1.300 mdpl ini memiliki suhu mencapai 25° C pada siang hari dan 21° C pada malam hari. Menariknya, Berastagi yang diapit dua gunungapi, yakni Gunungapi Sinabung dan Gunungapi Sibayak ini punya banyak objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Kota kecil ini juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara, yang bisa dijadikan oleh-oleh.

7. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Gunung Tangkuban Perahu

Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kecamatan Lembang berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17° – 27° C.

8. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Situ patenggang (https://tempatwisatadibandung.info)

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan ketinggian 1.200 mdpl, dengan suhu udara rata-rata 23° – 25° C.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey ini berada pada ketinggian ± 2090 mdpl dibawah puncak atau titik tertinggi Gunung Patuha, dengan suhu sekitar 20.17 °C.

9. Camping Lawu Resort, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Buper Lawu Resort (https://jalanwisata.id)

Tak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah seru, yaitu berupa Bumi Perkemahan atau Buper Lawu Resort. Arena perkemahan wisata yang dikelola secara komersial, dengan dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi dan akomodasi.

Ketinggian 1.200 mdpl, berudara sejuk dengan panorama Lereng Barat Gunung Lawu, dengan suhu udara antara 22º – 31º C.

Jarak 31 km ke arah timur Kota Karanganyar suasana hutan yang menyajikan keindahan alam, kesejukan dan kenyamanan. Kondisi yang serba alami, perpaduan hutan dan perbukitan, sehingga memiliki permukaan tanah yang bergelombang, sangat sesuai sekali untuk bumi perkemahan (Camping Ground).

10. Mamasa, Sulawesi Barat

Kabupaten Mamasa

Kabupaten yang menjadi sentra kawasan pengembangan ekonomi terpadu di Sulawesi Barat ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggiaan rata-rata 1.200 mdpl, dan puncak tertinggi mencapai 1.900 mdpl. Tak hanya dikenal sebagai kawasan perkebunan dengan produk kopi dan kakao, serta lokasi peternakan sapi, kuda, kerbau, dan kambing terbaik di Sulawesi, Mamasa juga memiliki beberapa objek wisata alam dan perkampungan tradisional.

11. Malino High Land, Goa, Sulawesi Selatan

Malino Highlands (https://ksmtour.com)

Malino Highlands berada di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika dari pusat kota Makassar berjarak sekitar 80 km ke arah selatan. Lokasi Malino Highlands terbilang strategis karena dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Malino Highlands yang berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan suhu udara disini bisa mencapai 10°C bahkan sering diselimuti kabut, luas kebunnya yaitu 200 hektar terhampar perkebunan teh yang hijau dan subur yang menjadikannya tempat favorit bagi pengunjung yang hobi fotografi atau mereka yang suka menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Panorama serba hijau di area pergunungan serta tanah yang berbukit-bukit menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

12. Ruteng, Manggarai, NTT

Ruteng (https://indonesia.tripcanvas.co)

Ruteng merupakan ibukota kabupaten Manggarai. Kota kecil ini menempel di lereng landai sisi utara deret pegunungan hijau Mandusawu, di ketinggian 1.200 mdpl.

Suhu udara berkisar antara 13° – 25°C dengan tingkat kelembaban mencapai 90 %. Selain suhu yang sangat dingin, Ruteng adalah kota hujan dengan intensitas yang cukup tinggi yakni 3,340 mm/tahun.

Situs purbakala Liang Bua (https://indonesia.tripcanvas.co)

Di Ruteng, yang menarik di kunjungi kampung tradisional Compang Ruteng, atau menelusuri jejak manusia purba Homo Floresenesis di situs purbakala Liang Bua, keindahan panorama sawah Lingko dari atas bukit. Berbentuk jari-jari melingkar dengan formasi menyerupai jaring laba-laba, sawah ini terlihat sangat unik dan berbeda dengan terasering yang ada di Tegallalang, Bali.

13. Tomohon, Sulawesi Utara

Tomohon International Flower Festival (https://indonesia.tripcanvas.co)

Kota Tomohon terletak di ketinggian kira-kira 900 – 1100 mdpl, diapit oleh 2 gunung berapi aktif, yaitu Gunungapi Lokon (1.580 m) dan Gunungapi Mahawu (1.311 m). Suhu di Kota Tomohon pada waktu siang mampu mencapai 30° C dan 18° – 22° C pada malam hari.

Setiap tahunnya kota ini menyelenggarakan Tomohon International Flower Festival, sebuah festival bunga bertaraf internasional yang menampilkan parade kendaraan hias dari bunga, pameran bunga, kontes ratu bunga, serta berbagai pertunjukan kesenian tradisional. Pastikan Anda cek terlebih dahulu tanggal pastinya agar bisa mengikuti kemeriahan tersebut.

14. Gayo Lues, NAD

Kabupaten Gayo Lues (https://travels-indonesia.com)

Sebagai kabupaten terisolasi di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Suhu terendah bisa mencapai 19° C. Gayo mempunyai daya tarik yang fantastis seperti rute pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung.

Di luar itu kabupaten ini adalah penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Pastinya Gayo Lues paling terkenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang sudah mendunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.