Wisata Belanja di Kabupaten Bogor Jawa Barat

Kabupaten Bogor merupakan salah satu nama kabupaten yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Kawasan Kabupaten Bogor merupakan salah satu penyangga ibukota. Di Kabupaten ini banyak diketemukan berbagai pengrajin masih secara tradisional dalam produksinya.

Sentra Kerajinan Sandal dan Sepatu

Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Sentra produksi sandal di Desa Pasir Eurih, Bogor, Jakarta Barat. Foto: KONTAN/Merlin Apul

Dari stasiun kereta api Bogor, jarak tempuh menuju desa ini hanya sekitar 45 menit. Setelah tiba di desa Pasir Eurih, Anda sudah bisa melihat suasana sebuah sentra kerajinan sandal dan sepatu. Sejumlah aktivitas produksi yang dilakukan para perajin sudah terekam jelas dari luar rumah. Mereka memanfaatkan pekarangan depan rumah untuk proses produksi sandal dan sepatu.

Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa barat

Produk Sepatu dan Sandal desa Mekarjaya (https://finance.detik.com)

Di desa Mekarjaya, lebih dari 70% warga desa menjadi perajin alas kaki, baik itu sepatu atau pun sandal. Kecamatan Ciomas sendiri telah terkenal sejak lama sebagai kawasan industri rumahan alas kaki.

Produk Sepatu dan Sandal desa Mekarjaya (https://finance.detik.com)

Usaha industri alas kaki di daerah itu telah ada sejak tahun 1969 silam. Usaha itu menjadi usaha turun-menurun bagi masyarakat Ciomas.

Kerajinan Bambu

Budaya Seni Ki Juen
Kampung Juga Lebak, Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor

Jueni dengan produk dari Bambu (https://www.kupasmerdeka.com)

Jueni membuat kerajinan tangan dari bambu berupa teko dan gelas serta aksesoris lainnya, memanfaatkan potensi sumber daya alam berupa pohon bambu yang melimpah di sekitar wilayah Desa Sukaraksa.

Naziih Bamboo (Fadhil Mandiri)
Jalan Raya Pemda, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dadun Abdul dengan berbagai produknya (https://www.bogor-today.com)

Dadun Abdul, pemi­lik Naziih Bamboo (Fadhil Mandiri) sejak tahun 2000 su­dah menggeluti usaha bambu. Da­dun mendirikan usaha di Caringin dan Cipaku. Hingga akhirnya, pada tahun 2009, ia memutuskan untuk hijrah dan mendirikan usaha bambu di Jalan Raya Pemda, pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pasar Tradisional

Pasar Induk Buah Cibinong
Jalan Raya Jakarta Bogor KM 41.2, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Pasar Induk Buah Cibinong menyediakan berbagai jenis buah, sayuran dengan waktu operasional 24 jam.

Pasar Cibinong
Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No.3, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pasar Cibinong merupakan pasar tradisional yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Pasar Tohaga Pemerintah Kabupaten Bogor. Pasar Cibinong lebih rapi setelah revitalisasi yang dilakukan pada tahun 2012 hingga tahun 2014. Pasar Baru Cibinong diresmikan ulang pada Oktober 2014. Pasar ini mampu menampung 1.104 pedagang, dengan luas yang dimiliki sektar 8.010 meter, 664 kios, 114 los, dan 200 awning untuk pedagang kaki lima. Pasar Cibinong menyediakan masakan, sayur, buah, pakaian, perhiasan dan kebutuhan lainnya.

Pasar Anggada
Jalan Raya Mayor Oking No. 9, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Akses menuju ke Pasar Anggada Cibinong sangat mudah. Kalau dari tol Jagorawi, keluar di pintu tol Citeureup lalu ambil jalan ke arah Cibinong. Nanti sebelum ITC Cibinong (Cibinong Mall), Anggada ini ada di kanan jalan.

Pasar Anggada terkenal sebagai pasar sandangnya Kabupaten Bogor. Diawali ruko dan semakin berkembang menjadi kumpulan toko yang menjual berbagai kebutuhan sandang rumah tangga. Stok garment mulai dari pakaian jadi, bahan pakaian kerja atau pesta melimpah di sini. Kualitas bahan yang ditawarkan pun cukup baik bahkan kualitas ekspor. Kebutuhan rumah tangga seperti sprei, bantal, guling, bed cover pun tersedia dari kualitas biasa hingga paling bagus. Waktu operasional pasar ini dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Mall

Cibinong City Mall
Jl.Tegar Beriman No.1,, Pakansari, Cibinong, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16914

Cibinong City Mall (https://infopromodiskon.com)

Cibinong City Mall dapat dikatakan sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Cibinong. Mal ini diresmikan dan telah beroperasi sejak tahun 2014 dengan luas 2,7 hektar, berada di kawasan pusat pemerintahan Cibinong. Cibinong City Mall menyediakan hampir semua kebutuhan mulai dari fashion, entertainment, food and beverages, pameran dan kegiatan menarik lainnya. Mal ini berada di ujung Jalan Tegar Beriman, buka pukul 10.00 sampai 22.00 WIB

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Bogor Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.