Wisata Belanja di Cilegon Banten

Kota Cilegon adalah sebuah kota di Provinsi Banten, Indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota ini dulunya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Serang, kemudian ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 20 April 1999 ditetapkan sebagai kotamadya (sebutan kotamadya diganti dengan kota sejak tahun 2001). Cilegon dikenal sebagai kota industri, dan menjadi pusat industri di kawasan Banten bagian barat. Kota Cilegon dilintasi jalan negara lintas Jakarta-Merak, dan dilalui jalur kereta api Jakarta-Merak. Kota Cilegon terdiri atas 8 kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah kelurahan.

Pengrajin Limbah

Produk Kasur lantai dan bantal

Busro

(https://detik.com)

Dikutip dari detik.com, pasangan suami-istri Busro (45) dan Mustanah (40) memanfaatkan limbah pabrik kasur menjadi barang yang bisa menguntungkan, terletak di Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamtan Cilegon, Kota Cilegon.

Limbahnya diambil dari Serpong, Balaraja, Tangerang, ada juga mengambil limbahnya di Bogor. Per kg macam-macam. Ada yang Rp 10 ribu-15 ribu tergantung bahan harganya itu,” kata Busro.

Hasil dari limbah (https://kerajinanindonesia.id)

Pasar kasur lantai buatan Busro masih di sekitar Serang-Cilegon. Beberapa pengrajin di lingkungannya bahkan sudah memasarkan hasil kerajinannya ke Palembang dan Lampung.

Faruk

Faruk sedang menjahit (https://faktabanten.co.id)

Faruk, pemuda kreatif asal Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon ini, mendaur ulang limbah dari pabrik menjadi barang yang bermanfaat dan menguntungkan.

Limbah busa tersebut dibelinya dari Pamulang, Tangerang dan Bogor. Proses pembuatan produknya sepintas tampak mudah, Faruk yang awalnya membantu meneruskan usaha bapaknya ini hanya butuh keahlian menjahit, perapihan dan pengemasan sehingga menjadi kasur lantai, bantal, guling dan sejadah busa yang siap dipasarkan.

Produk Kerajian dompet, tas, tempat pensil, tikar, tempat tisu tikar dan beberapa kerajinan lainnya termasuk kain perca

Lumbung Ilmu

Lumbung Ilmu (https://faktabanten.co.id)

Terletak di Lingkungan Sritanjung, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, yang tergabung dalam Lumbung Ilmu melakukan daur ulang sampah non organik. Sampah seperti plastik kopi, plastik bubuk deterjen, plastik mie instan diubah menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual, kerajian dompet, tas, tempat pensil, tikar, tempat tisu tikar dan beberapa kerajinan lainnya termasuk kain perca.

Lumbung Ilmu (https://faktabanten.co.id)

Pengrajin Batik

Sanggar Kerajinan Batik Krakatoa

Sanggar Batik Krakatoa Cilegon (https://gerbangbanten.co.id)

Sanggar kerajinan Batik Krakatoa yang berlokasi di lingkungan Kadipaten RT 06 RW 02, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UMKM

Laura Irawati, namanya. Dengan inkubator wirausaha PIWKU, ia bersama tim memberdayakan warga Kota Cilegon. Melalui inkubator ini, warga memperoleh pelatihan serta difasilitasi untuk mendapatkan permodalan. Laura membawa produk warga ke berbagai ajang pameran serta memasarkan produk warga secara offline dan online (https://www.kompasiana.com)

Terletak di Graha PIWKU Kota Cilegon, di Jl. Lingkar Selatan Blok A No. 2, Cilegon, Banten. Merupakan wadah untuk mendampingi orang-orang hebat tapi penuh keterbatasan tersebut. Mereka memiliki skill secara produksi, namun terbatas pada akses modal, terbatas untuk mengakses pameran, yang ujung-ujungnya terbatas pula kemampuan menjangkau konsumen. Kue yang enak dan hasil kerajinan yang unik, misalnya, akhirnya tak pernah sampai ke konsumen yang membutuhkannya.

Pengrajin Golok Cilegon

 Abah Jamhari Sakti, Guru Besar Perguruan Silat Berru Sakti dan merupakan pendekar pembuat ‘Golok Cilegon’ (https://bantensatu.co)

Cilegon saat ini sudah mempunyai golok khas Cilegon sendiri yang dirancang dan dibuat oleh pengrajin golok didaerah Ciwandan Kota Cilegon dan diberi nama “Golok Cilegon”.

Bentuk fisik dari golok Cilegon ini secara keseluruhan membentuk huruf “C” yang berasal dari inisial kota Cilegon, dengan ujung yang melengkung kedalam yang diartikan sebagai pembelaan diri, bela bangsa dan bela negara sedangkan gagangnya berbentuk kepala harimau yang melambangkan keinginan yang kuat dalam meraih sesuatu atau cita-cita.

Golok Cilegon (https://serangkab.go.id)

Golok Cilegon ini dibuat dari 7 jenis benda berbeda yang berbahan besi atau biasa disebut 7P yaitu: Per, Palu, Paku, Pacul, Patuk, Pipa dan Pahat. Golok Cilegon ini dibuat dua macam yaitu golok pusaka dan golok biasa, golok pusaka Cilegon diproduksi selama satu tahun dengan puncaknya pada bulan Maulid (Robiul awal), dalam setahun golok pusaka hanya diproduksi sebanyak 12 bilah saja. Lebih dari itu hanya golok biasa.

Provinsi Banten yang sebelumnya memiliki 2 jenis golok khas yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia yakni ‘Golok Ciomas’ dan ‘Golok Cilangkahan’ kini bertambah menjadi 3 dengan hadirnya ‘Golok Cilegon’.

One thought on “Wisata Belanja di Cilegon Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.