Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang Kepulauan Riau

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (https://detik.com)

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah yang berlokasi di Jalan Ketapang Nomor 2 Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini bisa Anda tempuh dengan waktu tak lebih dari 10 menit dari pusat kota Tanjung Pinang. Ada kendaraan umum yang melintas ke museum ini, namun jika Anda ingin lebih bersantai, Anda bisa menyewa becak atau bahkan menaiki sepeda menyusuri jalanan Tanjung Pinang.

 Sendok emas (https://museum.kemdikbud.go.id)

Sebelum menjadi museum, ditahun 1918 bangunan ini adalah bangunan Sekolah Tingkat Dasar bernama Hollandsch-Inlandsche School. Kemudian saat Jepang mengambil alih wilayah ini, nama gedung diganti menjadi Futsuko Gakko. Saat zaman kemerdekaan, gedung ini dijadikan sebagai Sekolah Rakyat dan Sekolah Dasar hingga tahun 2004. Barulah pada tahun 2009, gedung ini diresmikan menjadi museum oleh Walikota Tanjung Pinang saat itu, Suryatati A Manan.

 Tempat cuci tangan emas (https://museum.kemdikbud.go.id)

Koleksi

Perhiasan Pernikahan Adat Melayu (https://detik.com)

Koleksi yang dipamerkan di museum menceritakan tentang sejarah kota Tanjungpinang mencakup seni dan keragaman budaya, serta berbagai jenis keramik yang dikumpulkan dari Tanjungpinang dan daerah sekitarnya. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ditujukan sebagai pusat studi wisata budaya, pelestarian, dan upaya menjadikan masyarakat lebih menghayati nilai luhur kebudayaan.

Piring emas dari kerajaan Riau-Lingga (https://djangki.wordpress.com)

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
Jalan Ketapang Nomor 2 Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Telp. : 0771-313884
Fax : 0771-313884

One thought on “Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang Kepulauan Riau

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.