Museum Sri Serindit Natuna Kepulauan Riau

Museum Sri Serindit (https://www.google.co.id)

Museum Sri Serindit terletak di Jalan Imam Ismail, Gang Tok Ilok, Ranai Darat, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, berdiri sejak 2008, berada dibawah naungan Lembaga Kajian Sejarah (Lekas) Kabupaten Natuna, Propinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Koleksi

Mangkok emas (https://www.riaumagz.com)

Museum ini menjadi satu-satunya museum di kabupaten natuna yang menyimpan berbagai benda purbakala yang memiliki kurang lebih 1500 benda-benda purbakala yang telah didata, Harta Karun Natuna. Masih banyak benda-benda purbakala lainnya yang belum terdata dengan total hampir 10.000 koleksi, semuanya tersimpan rapi.

Beragam keramik (https://www.riaumagz.com)

Koleksi terbanyak Museum Sri Serindit adalah sekitar 80 persen keramik berusia ratusan tahun, umumnya berasal dari China, Belanda, Jepang, daerah-daerah kawasan Asia Tenggara, Eropa dan Jawa. Koleksi peralatan rumah tangga sekitar 15 persen, dan sisa koleksi campuran. Termasuk peralatan makan dari bahan kuningan dan tembaga. Peralatan makan dari kuningan banyak didapat dari masyarakat Natuna sendiri yang mencerminkan bahwa masyarakat Natuna dahulunya kaya raya. Koleksi lainnya berupa meriam, keris tosan aji, botol-botol persia, pedang kolonial, dan koleksi perak milit Sultan Muda Riau. Khusus untuk barang-barang China terkumpul dari barang-barang berumur zaman Dinasti Shang (1600—1046 SM) sampai zaman Dinasti Ming (1368 – 1644 M).

Museum Sri Serindit
Jalan Imam Ismail, Gang Tok Ilok, Ranai Darat, Bunguran Timur
Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.