Wisata Sejarah di Kabupaten Batang Jawa Tengah

Kabupaten Batang terletak di pantai utara Jawa Tengah dan berada pada jalur utama yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Luas daerah 78.864,16 Ha. Batas-batas wilayahnya sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Kendal, sebelah selatan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, sebelah barat Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Kantor Mako Polsek (Kepolisian Sektor) Limpung

Mako Polsek Limpung (https://www.polresbatang.com)

Kantor Mako Polsek Limpung, di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, dibangun sekitar tahun 1900-an, dengan luas lahan 3000 m² tersebut masih tetap utuh dengan gaya dan bentuk Arsitektur Kolonial Belanda. Gedung tersebut terdiri dari Bagian yaitu Bangunan utama yang untuk perkantoran dan bangunan tambahan (Gudang dan Dapur) yang sekarang sedang di pugar akan di jadikan Balai Polmas atau Gedung Pertemuan.

Bangunan Bekas Penjara Kolonial Belanda

Bangunan bekas Penjara Kolonial Belanda (https://pariwisata.batangkab.go.id)

Bangunan bekas Penjara Kolonial Belanda ini dibangun mulai 17 Oktober 1872 sampai 1880, hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti ukir di sebelah kiri depan gerbang gedung ini dan masih lengkap dengan terali besi. Setelah kemerdekaan RI pada tahun 1980an gedung ini mulai dialihfungsikan sebagai mess Kepolisian.

Bangunan bekas Penjara Kolonial Belanda (https://pariwisata.batangkab.go.id)

Bangunan bekas Penjara Kolonial Belanda (https://pariwisata.batangkab.go.id)

Stasiun Kereta Api Batang

Stasiun Kereta Api Batang (https://pariwisata.batangkab.go.id)

Terletak di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Meksipun stasiun ini berada tak jauh dari pantai, stasiun ini sangat sepi karena mayoritas penumpang dari sini lebih suka naik kereta dari Stasiun Pekalongan yang lebih besar.

Stasiun Kereta Api Batang didirikan pada tahun 1882. Pembangunan rel di sepanjang pantura dibangun setelah jalan raya Pos atau Deandels selesai dibuka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.