Tempat Pentas Seni Budaya di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Karanganyar mungkin tidak setenar Solo, tetapi di sana terdapat banyak lokasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi berada di lereng Gunung Lawu.

Juga terdapat candi-candi yang terlihat gagah ketika dijadikan sebagai objek foto. Candi-candi tersebut juga masih aktif digunakan oleh pemeluk agama Hindu di sekitar sana.

Alun-Alun Karanganyar

Alun-alun Kabupaten Karanganyar (https://www.karanganyarkab.go.id)

Alun-alun Kabupatan Karanganyar tepat berada di depan Kantor Bupati Karanganyar, di Jl Lawu No. 385. Alun-alun ini adalah ruang umum terbuka serbaguna yang dapat digunakan oleh masyarakat luas. Sering dipakai untuk bermacam kegiatan, baik resmi oleh Pemerintah Daerah ataupun kegiatan umum oleh masyarakat, perseorangan atau kelompok.

Peringatan HUT Karanganyar (https://www.karanganyarkab.go.id)

Kegiatan oleh masyarakat umum antara lain, konser musik, perkumpulan, pameran, dan lain sebagainya.

De Colomadu

De Colomadu (https://kompas.id)

Terletak di Jalan Adi Sucipto, sekitar 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo, Anda akan menemukan Pabrik Gula Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial.

Stasiun penguapan (https://jogja.tribunnews.com)

Kawasan De Tjolomadoe sanggup menjadi destinasi wisata baru di Karanganyar yang juga dapat mengembangkan aspek seni, heritage, dan pariwisata di Solo Raya serta meningkatkan produktivitas ekonomi daerah.

Colomadu Hal atau Concert Hall (https://www.detjolomadoe.com)

Namanya kini berubah menjadi De Tjolomadoe. Awalnya bernama Pabrik Gula Colomadu. Didirikan tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Tahun 1928, pabrik ini mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur.

Denah De Colomadu (https://asedino.com)

Di bekas area Pabrik Gula ini dirubah fungsi sebagai berikut, Stasiun Gilingan yang akan difungsikan sebagai Museum Pabrik Gula, Stasiun Ketelan sebagai area F&B, Stasiun Penguapan sebagai area Arcade, Stasiun Karbonatasi sebagai area Art & Craft, Besali Café sebagai F&B, Tjolomadoe Hall atau concert hall, dan Sarkara Hall sebagai multi-function hall.

Padepokan Seni Pandansari

Padepokan Seni Pandansari yang terletak tepat di jantung kota di kecamatan Karangpandan merupakan wadah berkesenian bagi masyarakat yang ada di Karanganyar, Karangpandan, dan Tawangmangu. Beberapa kesenian yang ada di Padepokan ini antara lain karawitan, pedalangan, dan tari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.