Hutan Mangrove Sriminosari Lampung Timur Lampung (Video)

Hutan mangrove Sriminosari (https://www.youtube.com)

Hutan mangrove Sriminosari terletak di desa Sriminosari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, dengan luas sebesar 321,81 ha.

Berjarak kurang lebih 55 kilometer dari ibukota kabupaten Lampung Timur, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Kecamatan Labuhan Ratu. Durasi perjalanan cukup panjang karena akses tidak sepenuhnya mulus jalannya. Tiga ratus meter dari lokasi taman, perjalanan harus disambung dengan motor, melewati persawahan yang sedang kering kerontang.

Hutan mangrove Sriminosari (https://annienugraha.com)

Rute traking sepanjang 900 meter melalui batang pohon bambu di atas tanah berlumpur menembus hutan mangrove menuju pantai di pesisir Kabupaten Lampung Timur itu, pengunjung bisa melihat ikan-ikan glodok berenang dan melompat-lompat di atas tanah berlumpur yang berair.

Inisiator pengembangan objek wisata hutan mangrove ini dilakukan Koperasi Nelayan Rukun Sido Makmur, di ketuai oleh Darmanto.

Darmanto (https://www.youtube.com)

Flora

Hutan mangrove Sriminosari (https://annienugraha.com)

Ketebalan ada yang mencapai lebih 1.000 meter dengan ketebalan rata-rata mencapai 400 meter. Jenis Rhizophora sp. (Bakau) dan Avicennia sp. (Api-api) mendominasi di hutan ini.

Fauna

Terlihat burung Bangau di Hutan mangrove Sriminosari (https://www.youtube.com)

Saat berkunjung ke objek wisata hutan mangrove ini, selain dapat menikmati suasana alami di dalam hutan mangrove yang tenang, sejuk, dengan pemandangan yang asri, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan ikan glodok atau ikan blodok di atas lumpur di antara sela-sela batang pohon mangrove.

Bentuk badan ikan ini yang lucu seperti torpedo, dengan mata menonjol seperti kodok membuat mata kita tidak bosan meihat tingkah polahnya. Ikan glodok bisa merangkak naik ke darat atau bertengger pada akar-akar pohon bakau, dan itulah kemampuan luar biasa ikan glodok atau disebut juga ikan tembakul ini.

Terlihat ikan Glodok di Hutan mangrove Sriminosari (https://www.youtube.com)

Selain ikan glodok dan kepiting wideng, yaitu sejumlah burung liar, di antaranya burung cangak, burung bangau, dan burung belibis.

One thought on “Hutan Mangrove Sriminosari Lampung Timur Lampung (Video)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.