Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang Jawa Timur

Hutan Bambu di Desa Wisata Sanankerto (https://iwantantomi.com)

Desa Wisata Sanankerto terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, terbagi menjadi 2 dusun yaitu Dusun Krajan dan Dusun Kampung Anyar serta terdiri dari 5 RW dengan 23 RT.

Desa Wisata Sanankerto dikenal juga dengan nama Ekowisata Boon Pring, Boon Pring berarti anugerah yang turun di hutan bambu, dengan hamparan hutan bambu seluas 36,8 hektare dan sumber mata air alami, menjadikan Boon Pring layaknya serpihan surga di ujung desa. Lokasinya hanya berjarak 8 Km dari pusat kota Turen (Pasar Turen) atau 3 km dari Masjid ‘Tiban’ Sananrejo.

Pendopo Desa Wisata Sanankerto dari bambu (https://www.lagilibur.com)

Hutan Bambu di Desa Wisata Sanankerto memiliki beragam jenis bambu, diantaranya bambu jenis Jawa, Suk, Petung, Ampel, Ori, Apus dan Cina atau Kuning.

Desa Wisata Sanankerto sebagian besar merupakan daratan dengan ketinggian rata-rata kurang lebih 600 diatas permukaan air laut, cocok untuk ditanami padi dan sayuran, serta pohon Sengon untuk mengatasi longsor.

Interior Pendopo Desa Wisata Sanankerto (https://www.lagilibur.com)

Embung Andeman

Embung Ademan di Desa Wisata Sanankerto

Embung Ademan merupakan sumber air di Desa Wisata Sanankerto, untuk mengairi lahan pertanian seluas ± 124 ha, tidak mengalami permasalahan meskipun di musim kemarau. Di tengah Embung Ademan terdapat pulau kecil, pulau Putri Sekarsari, untuk mengelilingi pulau tersebut dapat menggunakan kapal atau sepeda air.

Jembatan menuju ke Pulau Kecil Putri Sekarsari (https://www.nasirullahsitam.com)

Adat Istiadat

Tumpeng Sedekah Bumi (https://issuu.com)

Salah satu kegiatan adat istiadat yang rutin dilaksanakan di Desa Wisata Sanankerto berupa :

Grebeg Sesucen merupakan acara ditujukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa dan diadakan setiap menjelang bulan Syuro, acara ini telah dimulai tahun 2013.

Sedekah Bumi, acara diawali dengan menggotong tumpeng secara bersama-sama oleh seluruh warga desa wisata Sanankerto dari Balai Desa menuju ke Andeman. Tiap wilayah RT dengan tumpengnya masing-masing dibawa oleh masyarakat yang mengenakan baju adat Jawa. Tumpeng yang dibawa memiliki 2 jenis yaitu Tumpeng Dewi dan Tumpeng Dewa.

Potensi Pengrajin

Patung kayu (https://issuu.com)

Industri pembuat Batu Batu ada 2 buah di dusun Krajan dan 1buah ada di dusun Kampung Anyar. Adapun industri kayu berjumlah 10 buah, industri Bambu berjumlah 41 buah, industri Gerabah atau Keramik berjumlah 8 buah, dan industri makanan berjumlah 31 buah.

Kerajinan bambu (https://issuu.com)

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Sanankerto (Ekowisata Boon Pring)
Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur
Kontak: 0838-4882-4802 (Rudi), 08533-167-4242 (Wahyudi)

One thought on “Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.