Desa Wisata Guwoterus Kabupaten Tuban Jawa Timur

Desa Wisata Guwoterus terletak di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, berada di arah barat daya pusat pemerintahan Tuban, dengan jaraknya sekitar 27 kilometer (km) dari pusat kota.

Desa Wisata Guwoterus, Wisata Berbasis Sedekah, merupakan Desa Produktif binaan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Tuban dan Baznas Provinsi Jatim, melalui program Zakat Community Development (ZCD). Item programnya terintegrasi antara wisata, perekonomian, pendidikan, sosial, dan keagamaan.

Desa Wisata Guwoterus (https://www.pesonadesa.info)

Gerakan ini bukan formalitas semata. Namun benar-benar dijalankan setiap hari dengan penuh keihlasan. Awalnya sebanyak 15 sampai 20 kotak, sekarang ada 45 kotak tabungan akhirat berbahan kayu ditaruh di rumah warga yang dengan tulus ihlas ingin bersedekah.

Tabungan Akhirat itulah menjadi salah satu pemantik pemuda setempat berkembang dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Yakni dengan mendirikan Pendekar Siaga, sekitar Desember 2016. Anggotanya sekitar 17 orang dari perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti, Ikatan Pencak Silat Bunga Islam, dan Margaluyu 151.

Salah satu kegiatannya meningkatkan kerukunan, peduli sesama serta demi meningkatkan keamanan dan ketertiban desa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap terjaga. Bahkan membantu pengamanan tetangga desa menjadi bagian aktivitas ‘’polisi’’ Desa Guwoterus ini tanpa pamrih.

Hasil pengelolaan wisata disisihkan untuk sedekah yang dikelola oleh UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Tabungan Akhirat dan Pendekar Siaga. Kemudiaan disetorkan ke Baznas Kabupaten Tuban untuk disalurkan kembali kepada fakir miskin, duafa, guru ngaji serta pemberdayaan warga desa.

Wisata berbasis sedekah

Wisata berbasis sedekah ini meliputi, river tubing, sepeda alam, ternak burung dara, kuliner burung dara, kerajinan bambu, taman baca siaga dan radio Siaga FM. Semua itu ditawarkan dengan harga terjangkau. Bahkan masuk agenda paket wisata dengan Gua Putri Asih.

Paket Wisata

Paket Wisata 1

Paket wisata harga Rp 135.000 (*) dengan minimal 15 orang bisa menikmati indahnya Gua Putri Asih, river tubing, berkunjung ke kerajinan bambu. Fasilitasnya makan, oleh-oleh kerajinan bambu, transportasi antar wisata.

Paket Wisata 2

Paket harga Rp 525.000 (*) maksimal empat orang dengan tujuan Gua Putri Asih, Jeep Fun, dan kerajinan bambu. Paket ini sudah termasuk unit jeep, driver, makan, guide dan oleh-oleh.

Paket Wisata 3

Paket harga Rp 175.000 (*) minimal lima orang bisa menikmati bike adventure dan kerajinan bambu dengan fasilitas makan, oleh-oleh, guide sepeda gunung.

Paket Wisata Edukasi 1

Harga paket Rp 135.000 (*) minimal 15 orang bisa menikmati Gua Putri Asih, river tubing, studi peternakan burung dara dan kerajinan bambu. Wisata sudah telah difasilitasi makan, praktik kerajinan bambu, guide dan transportasi antar lokasi wisata.

Paket Wisata Edukasi 2

Harga paket Rp 132.500 (*) minimal 15 orang bisa menikmati keindahan Gua Putri Asih, kerajinan bambu dan batik. Fasilitasnya makan, praktik kerajinan bambu, praktik membatik dan guide.

Paket Wisata Edukasi 3

Harga paket Rp 85.000 (*) minimal 15 orang dengan tujuan Gua Putri Asih, kerajinan bambu, dan kunjungan industri ke PT Semen Gresik. Keunggulannya free makan dan guide.

Paket Jogging Adventure

Harga paket Rp 105.000 (*) minimal 5 orang, melakukan jogging adventure dan melihat kerajinan bambu. Fasilitasnya makan, oleh-oleh dan guide.

Paket Offroader

Paket seharga Rp 175.000 (*) minimal 5 orang, tujuan Gua Putri Asih dan kerajinan bambu. Fasilitasnya makan, oleh-oleh dan guide.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Guwoterus – Wisata Berbasis Sedekah
Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur

(*) Harga sewaktu-waktu berubah

Sumber: radar.jawapos

One thought on “Desa Wisata Guwoterus Kabupaten Tuban Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.