Desa Adat Ngadas Kabupaten Malang Jawa Timur

Desa Adat Ngadas (https://www.ngopibareng.id)

Desa Adat Ngadas terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Malang.

Desa Adat Ngadas terletak di tengah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) ini punya daya tarik tersendiri, memiliki ketinggian 2.150 mdpl ini, berjarak 6,5 km dari Gunung Bromo, udara yang sejuk. Bila sore hari tiba, awan menggantung di tebing-tebing curam di seputar desa. Tak heran bila sejumlah wisatawan menjuluki Ngadas sebagai desa di atas awan.

Desa Adat Ngadas (https://www.photomalang.com)

Sepanjang perjalanan dari Gubugklakah, Ngadas,  hingga lautan pasir Bromo, pesona alamnya benar-benar bikin decak kagum wisatawan. Alami, menembus hutan pinus, pemandangan Gunung Semeru di sisi kanan, ngarai di kanan kiri.

Mayoritas penduduk Desa Ngadas bersuku Tengger, suku yang juga tersebar di desa-desa sekitar  Gunung Bromo yang ada di Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Mayoritas suku Tengger beragama Hindu.

Berkuda di Gunung Bromo (https://www.explorebromo.com)

Umumnya penduduk Desa Ngadas memiliki mata pencaharian sebagai petani, dengan komoditas yang dihasilkan kentang dan bawang prei. Petani di Desa Ngadas umumnya telah memiliki tingkat pendapatan yang baik, hal ini didukung dengan pendapatan hasil jual kentang yang tinggi.

Potensi Wisata Alam

Wisatawan juga dapat menikmati matahari terbit di Pananjakan atau Bromo dari Desa Ngadas. Bisa juga tracking dari Cemoro Lawang ke Bromo sejauh sekitar 3 km, atau berkeliling naik kuda dari Cemoro Lawang menuju lereng Bromo.

Coban (Air Terjun) Pelangi

Coban Pelangi (https://www.tabloidwisata.com)

Air terjun ini menyimpan keindahan yang istimewa. Jika matahari bersinar terang sebaris pelangi akan tergurat disisinya. Coban Pelangi merupakan tempat wisata yang penuh dengan panorama alam, buat Anda yang pernah berkunjung kesini maka pasti ingin berkunjung kesini lagi. Wisata air terjun ini terletak di tengah perjalanan menuju Gunung Bromo.

Coban (Air Terjun) Raksasa

Coban Raksasa (https://www.malangtimes.com)

Coban Raksasa memiliki ketinggian air terjun 150 meter, merupakan wisata air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Untuk mencapai Coban Raksasa yang elok ini tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan keras melewati perkampungan Desa Ngadas dan hutan belantara dengan jalan kaki. Jaraknya sekitar 5 kilometer dan memerlukan waktu hingga 3 jam.

Coban Trisula

Coban Trisula (https://www.lingkarmalang.com)

Merupakan air terjun ini juga memiliki tiga tingkatan, Coban atas airnya dari sungai Lajing, dengan ketinggian kurang lebih 35 meter, Coban tengah dengan ketinggian 2,5 meter dan Coban bawah dengan ketinggian kurang lebih 11 meter serta terletak sedikit tersembunyi.

Upacara Adat

Upacara tahunan yang cukup beragam, misalnya upacara Pujan, Kasada, Karo, Unan-Unan, Barikan, Mayu Dusun, dan Galungan.

Wisata budaya, banyak sekali kegiatan masyarakat yang rutin dilakukan sepanjang tahun, seperti Entas-entas, Wolo Goro (upacara pernikahan), Tugel Kuncung, Tugel Gombag, Penditanan untuk semua dukun, Sayut (upacara adat 7 bulanan wanita hamil), Kekerik (upacara lepas pusar bayi) dan Among-among (upacara bagi anak yang sudah mulai bisa bekerja menghasilkan uang).

Inap Desa (Homestay)

Desa tertinggi di Pulau Jawa ini sudah memiliki 50 homestay, yang siap menerima wisatawan menginap setiap saat, dengan suhu berkisar 0°C hingga 20 °C. Jangan khawatir, homestay di sana sudah dilengkapi juga dengan alat pemanas untuk mandi.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Adat Ngadas
Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur
Website: https://ngadaskayangan.com
Kontak: 0812 3500 5627 Mujianto (Kepala Desa)

One thought on “Desa Adat Ngadas Kabupaten Malang Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.