Panduan Wisata Alam Minat Khusus

Indonesia merupakan negara yang menyimpan kekayaan keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang sangat besar. Beragam tumbuhan, hewan, jamur, bakteri, dan jasad renik lain banyak terdapat di Indonesia. Bahkan banyak jenis makhluk hidup yang merupakan makhluk hidup endemik atau hanya ditemukan di suatu daerah saja. Supaya keanekaragaman hayati ini tetap terjaga dengan baik, diperlukan suatu upaya pelestarian terhadap keanekaragaman hayati tersebut. Salah satu upaya untuk pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia yaitu dengan melakukan perlindungan alam seperti pembuatan taman nasional.

Baca juga : Peta Kebun Raya di Indonesia

Kamus Rimbawan

Buku ini “Kamus Rimbawan” dikarang oleh Ir. Bambang Winarto, MM, dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan RI, dengan harapan menjadi pegangan para rimbawan. Rimbawan adalah rimbawan, dimanapun bekerja apakah bekerja di sektor pemerintahan atau di sektor swasta atau sebagai mahasiswa kehutanan.

Kamus Rimbawan (Indonesia) dapat diunduh, disini.

Baca juga : Peta Taman Hutan Raya (Tahura) di Indonesia

Mendaki Gunung

Merupakan hasil karya tugas akhir Ehwan Kurniawan di fakultas Seni Rupa IKJ dengan judul Penerapan Infografis pada buku panduan mendaki gunung”. Merupakan sebuah perpaduan antara desain grafis dengan kegiatan mendaki gunung.

Diterbitkan oleh Tabloid Bola, semoga dapat meningkatkan minat anak muda indonesia untuk mencintai olah raga ini sekaligus menjaga kelestarian alam Indonesia yang indah ini.

Panduan mendaki gunung (Indonesia) dapat diunduh, disini.

Baca juga : Taman Nasional GeoPark Indonesia

Jelajah 6 Gunung di Taman Nasional – Menjelajahi 6 puncak tertinggi di Indonesia

Keindahan dan keunikan fenomena alam gunung-gunung di Indonesia menjadi pemikat tersendiri bagi banyak pendaki lokal maupun internasional untuk menjelajahinya. Terinspirasi dari “The Seven Summit of World” para pencinta alam bebas di Indonesia membentuk konsep “The Seven Summits of Indonesia” yang mewakili pulau besar di Indonesia yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali & Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Enam diantara berada di taman nasional yaitu Bukit Raya (Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya), Gunung Kerinci (Taman Nasional Kerinci Seblat), Gunung Semeru (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), Gunung Rinjani (Taman Nasional Gunung Rinjani), Gunung Binaiya (Taman Nasional Manusela), Gunung Jayawijaya (Taman Nasional Lorentz).

Panduan Jelajah 6 Gunung di Taman Nasional (Indonesia) dapat diunduh, disini.

Taman Nasional Indonesia

Taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya pariwisata, dan rekreasi. Pemerintah Indonesia telah mengembangkan berbagai taman nasional yang tersebar di beberapa daerah di seluruh kawasan di Indonesia. E-book Taman Nasional dan Peta Taman Nasional ini dikeluarkan oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

Baca juga : Peta Taman Nasional di Indonesia

Sumatera

Panduan Wisata Taman Nasional di Sumatera (Inggris), disini.
Panduan Wisata Taman Nasional di Sumatera (Indonesia), disini.

Jawa

Panduan Wisata Taman Nasional di Jawa (Inggris), disini.
Panduan Wisata Taman Nasional di Jawa (Indonesia), disini.

Bali – Nusa Tenggara

Panduan Wisata Taman Nasional di Bali – Nusa Tenggara (Inggris), disini.
Panduan Wisata Taman Nasional di Bali – Nusa Tenggara (Indonesia), disini.

Kalimantan – Sulawesi

Panduan Wisata Taman Nasional di Kalimantan – Sulawesi (Inggris), disini.
Panduan Wisata Taman Nasional di Kalimantan – Sulawesi (Indonesia), disini.

Maluku – Papua

Panduan Wisata Taman Nasional di Maluku – Papua (Inggris), disini.
Panduan Wisata Taman Nasional di Maluku – Papua (Indonesia), disini.

Peta Wisata Taman Nasional Indonesia

Peta Wisata Taman Nasional Indonesia (Inggris), disini.

Tujuh Keajaiban Taman Nasional Laut Indonesia

Indonesia punya tujuh keajaiban taman nasional laut Indonesia yang punya kualitas kelas dunia. Keindahannya merata. Masing-masing punya keistimewaan yang khas. UNDP yang notabene merupakan organisasi multilateral yang punya pamor dunia itu bahkan menyebut tujuh keajaiban Taman Nasional Laut Indonesia dengan julukan THE MAGNIFICENT SEVEN, buku yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bersama United Nations Development Program (UNDP).

Untuk mengunduh Tujuh Keajaiban Taman Nasional Laut Indonesia (Inggris), disini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.