Menjelajahi 30 Pulau Cantik di Nusa Tenggara Timur (2 dari 2)

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTT ini memiliki 21 Kabupaten atau Kota.

Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).

Selain dapat ekplorasi hewan purba Komodo, pastinya para wisatawan yang datang untuk menikmati kayanya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa Pulau kecil nan cantik tersebar disekitar Labuan Bajo, kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 buah sehingga eksklusif dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga seperti Pulau Sebayur yang memang sudah mengkatogorikan resort di pulaunya sebagai Dive Club yang sudah berlisensi PADI. Dibawah ini 30 pulau-pulau cantik diambil dari laman reyginawisataindonesia, sebagai berikut:

16. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak diantara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores dengan luas permukaan sekitar 390 kilometer persegi. Pulau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo ini terdapat spesies langka yang paling unik di dunia, yakni Kadal Raksasa yang dikenal dengan nama Komodo (Varanus Komodoensis), Kadal terbesar dan terberat Di Dunia.

17. Pulau Ende

Pulau Ende adalah merupakan pulau cantik yang dapat Anda singgahi saat berlibur ke Taman Nasional Komodo. Pulau yang terletak di salah satu kecamatan di Kabupaten Ende ini dipisahkan oleh laut. Untuk mencapai Pulau Ende Anda dapat menggunakan sarana fasilitas transportasi laut berupa perahu motor dengan waktu sekitar 1 jam.

Pemandangan pulau Ende (https://kupang.tribunnews.com)

Selain memiliki pemandangan yang memesona dan indah, Di Pulau Ende juga terdapat sebuah peninggalan sejarah berupa puing bekas Benteng Portugis. Walaupun untuk saat ini hanya berupa puing-puing reruntuhan yang diselimuti akar pohon beringin tetapi ini tetap menjadi sesuatu yang membuktikan adanya interaksi antar negara yang terjadi pada masa lalu.

18. Pulau Palue

Pulau Palue merupakan pulau cantik yang terletak di sebelah utara pulau Flores atau tepatnya berada di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dijuluki sebagai “Pulau Gunung” karena terdapat Gunung Berapi Rokatenda dan terletak di Laut Flores yang diindivikasikan sebagai area gunung berapi bawah laut.

19. Pulau Batu Heliana

Pulau Batu Heliana merupakan sebuah objek wisata berupa sebuah batu berbentuk penyu  yang terletak diantara Pantai Oeseli dengan Pulau Ndana. Pulau ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan perahu motor selama sekitar 10 menit dari pelabuhan Rakyat Oeseli, Kecamatan Rote Barat.

20. Pulau Alor

Pulau Alor (https://phinemo.com)

Pulau Alor adalah merupakan pulau yang terletak di di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini adalah salah satu Pulau Terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

Pulau Alor selain memiliki keindahan alam yang dapat dilihat secara langsung dari daratan juga memiliki keindahan bawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan terumbu karang dan tumbuh-tumbuhan laut yang begitu mempesona.

Dibawah laut Pulau Alor, NTT (https://www.cheekypassports.com)

Pulau Alor sedikitnya terdapat 18 spot penyelaman terbaik dan terindah di Indonesia yang disebut  “Baruna’s Dive Site at Alor” seperti Baruna;s Point, Never-never Wall, Cave Point, Barrel Sponge Wall, Mola-mola Point, Night Snacks. Eagle Ray Point dan lain sebagainya.

Selain memiliki Potensi Wisata Bahari, Pulau Alor juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk Anda kunjungi yang salah satunya terdapat Al-Qur’an tua yang terbuat dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta ramuan tradisional yang diperkirakan telah berusia 800 tahun.

21. Pulau Salura

Pulau Salura

Pulau Salura merupakan pulau cantik yang wajib untuk Anda kunjungi saat travelling ke Nusa Tenggara Timur Indonesia. Di pulau ini Anda dapat melakukan aktivitas foto, memancing, diving serta bermain air laut yang sangat jernih.

Pulau Salura (https://dwibeniiswadi.wordpress.com)

Di Pulau Salura, Anda juga dapat bersantai menikmati keindahan pulau dengan menginap di homestay Peter Magic’s Paradise.

22. Pulau Mengkudu

Seperti halnya Pulau Salura, Pulau Mengkudu juga merupakan salah satu pulau cantik yang wajib anda kunjungi. Di pulau ini Anda dapat melakukan aktivitas foto, memancing, diving atau berenang di lautnya yang tenang dan jernih. Pulau ini terletak di Kecamatan Karera atau berjarak sekitar 150 kilometer dari Kota Waingapu.

23. Pulau Rusa

Pulau Rusa terletak di kawasan Desa Puntaru, Kecamatan Pantar Barat Laut. Dinamakan Pulau Rusa karena pulau ini merupakan tempat habitat bagi ribuan ekor rusa dan tidak dihuni oleh manusia.

24. Pulau Solor

Tempat Wisata yang dapat Anda kunjungi di Pulau Solor adalah Situs Peninggalan Portugis dari abad ke-15 berupa Benteng Hendriques, Ladang pembuatan garam, Pantai Kembar di Watohari dan Lamawai, Habitat Rusa Liar di Bukit Lebao Alen serta diperkaya dengan atraksi budaya lokal.

Daerah Tujuan Wisata Pulau Solor yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Pertunjukan budaya di Desa Sulengwaseng, Pasar tradisional yang masih mengenal sistem barter di Ena Tukan dan keindahan panorama pantai berpasir putih dengan air lautnya yang tenang disepanjang daerah Riangsunge dan Wakarua serta sangat cocok untk Anda melakukan aktivitas berenang, snorkeling, diving, memancing atau berjemur matahari.

25. Pulau Pasir Putih Awelolong

Pulau Pasir Putih Awelolong merupakan salah satu pulau kecil nan indah dengan hamparan pasir putih yang terletak dibagian utara Kota Lewoleba. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri yaitu hanya muncul saat air laut sedang pasang surut.

Di pualu ini Anda dapat menikmati wisata dayung, memancing, berenag atau berjemur. Pulau yang terletak sekitar 10-15 menit dengan menggunakan perahu motor sehingga Anda dapat bermalam di hotel yang ada di Kota Lewoleba.

26. Pulau Konga

Pulau Konga merupakan pulau kecil nan cantik yang terletak di ujung timur Pulau Flores. Pulau ini konon kaya akan mutiara. Pulau ini dapat Anda temui saat berkendaraan darat dari Maumere ke Larantuka. Ada beberapa spot menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengambil gambar. Sepanjang jalan Trans Larantuka tepatnya di kilometer 35 Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah karena Anda tidak hanya dapat melihat Pulau Konga tetapi Anda juga dapat melihat panorama Gunung Lewotobi.

27. Pulau Padar

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di pulau ini meskipun bukan habitat hewan Komodo, tetapi memiliki pemandangan yang sangat cantik nan indah dengan hamparan pasir berwarna pink atau Pink Beach.yang sangat cocok untuk Anda melakukan aktivitas berenang, bermain air, berjemur matahari maupun snorkeling.

Anda juga dapat menaiki bukit yang terdapat di Pulau Padar untuk menikmati keindahan panorama dari atas bukit. Biru laut dan jajaran pulau disekitarnya akan menghipnotis Anda meskipun trekking menuju atas bukit begitu melelahkan.

Jika Anda berencana mengunjungi Taman Nasional Komodo, Cobalah singgah sejenak di pulau ini. Ketenangan dan keelokan pulau ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

28. Pulau Ndana

Pulau Ndana merupakan pulau terluar di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdapat Patung Jenderal Soedirman. Berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Ba’a menuju Pelabuhan Tradisional Oeseli atau Nemembrala, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat dalam waktu sekitar 1 jam menuju Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

29. Pulau Kalong

Pulau Kalong atau Pulau Kelelawar terletak diantara gugusan pulau-pulau kecil di Kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini merupakan tempat habitat jutaan kelelawar dari berbagai jenis dan ukuran. Gugusan pulau kecil ini masuk ke dalam area Taman Nasional Komodo dengan karateristik sendiri yang masing-masing kaya akan keanekaragaman flora dan fauna baik itu yang ada di daratan maupun dibawah permukaan laut.

Pulau Kalong terletak sekitar 8 kilometer dari Labuan Bajo yang dapat ditempuh dengan perjalanan laut dengan menggunakan perahu motor sekitar 1 jam. Sebagai habitat asli Kelelawar, sebaiknya Anda berkunjung di siang hari ke pulau ini karena tidak ada kelelelawar yang berterbangan.

30. Taman Laut 17 Pulau Riung

Wisata Alam Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan pulau cantik terletak di Kecamatan Riung, sebelah utara dari Kabupaten Ngada. Kawasan taman laut ini sebagian wilayahnya terletak di daratan Pulau Flores serta sebagian lainnya berada di perairan Teluk Riung dengan tebaran pulau-pulaunya yang sangat indah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.