Menjelajahi 30 Pulau Cantik di Nusa Tenggara Timur (1 dari 2)

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTT ini memiliki 21 Kabupaten atau Kota.

Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).

Selain dapat ekplorasi hewan purba Komodo, pastinya para wisatawan yang datang untuk menikmati kayanya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa Pulau kecil nan cantik tersebar disekitar Labuan Bajo, kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 buah sehingga eksklusif dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga seperti Pulau Sebayur yang memang sudah mengkatogorikan resort di pulaunya sebagai Dive Club yang sudah berlisensi PADI. Dibawah ini 30 pulau-pulau cantik diambil dari laman reyginawisataindonesia, sebagai berikut:

1. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Pulau seluas 32 hektar dengan 14 bungalow di kaki bukit batu yang menerawang ke arah pantai menawarkan kemewahan langit senja, pantai dan terumbu karangnya dengan air lautnya yang jernih menawarkan ikan warna-warni yang bermain diantara bunga laut, terumbu karang dan bukit pasir dibawah laut.

Bergegaslah untuk menemui Manta Ray, Hiu Paus dan Mola-mola serta Farot Fish yang memiliki benjolan besar di kepalanya serta bermain dengan Kuda Laut Pigmi dan berbagai macam siput air laut (nudibranch) saat Anda melakukan penyelaman di bawah laut Pulau Kanawa.

2. Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang merupakan sebuah Pulau Cantik yang belum terjamah terletak di Kecamatan Parumaan, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Laurens Say di Kota Maumere. Berada di pulau nan indah dan memesona ini bagaikan berada di pulau pribadi.

Bermain di pantai yang landai nan putih Pulau Pangabatang adalah hal yang paling menakjubkan. Anda dapat berjalan ke tengah laut menikmati ikan-ikan cantik berseliweran di celah-celah kaki Anda.

3. Pulau Kojadoi

Pulau Kojo Doi bukanlah pulau yang hanya dikenang dengan keindahan alam dan keanekaragaman budayanya saja,  terletak di Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia atau berjarak sekitar 28 kilometer dari Kota Maumere menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan serta dapat menikmati bias jingga di cakrawalasaat sang surya kembali keperaduannya.

Jembatan batu sepanjang 680 meter yang menghubungkan dusun Kojagete di daratan sebelah utara dan dusun Kojadoi di Pulau Kojadoi, di sebelah selatannya. Jembatan ini terbuat dari campuran batu dan karang yang dibangun oleh TNI AD pada tahun 1979 (https://www.mongabay.co.id)

Ke pulau ini dapat ditempuh setengah jam dari pelabuhan Laurens Say, Maumere dengan kapal cepat. Jika menggunakan kapal engkol, pulau ini membutuhkan waktu minimal dua jam pelayaran.

Satu lagi keunikan Kojadoi adalah tidak adanya kendaraan bermotor di tempat ini. Sinyal telepon selular pun hanya bisa ditangkap di bukit dan dermaga. Cocok bagi para wisatawan yang hendak melupakan keriuhan dunia modern sejenak.

4. Pulau Pemana

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) bergegaslah ke Pulau Pemana. Pulau seluas 5 kilometer persegi merupakan salah satu dari 18 pulau kecil nan cantik dil laut utara Kabupaten Sikka, NTT.

Untuk menuju Pulau Pemana, Anda bisa berangkat dari Maumere pada pukul 13.00 WITA dan kembali pada pukul 18.00 WITA. serta bawalah peralatan snorkeling karena di Pulau Pemana banyak terdapat spot-spot menarik. Di pulau ini belum tersedia tempat penginapan, jika Anda ingin bermalam bersosialisailah dengan penduduk setempat karena penduduk di Pulau Pemana akan sangat ramah menyambut Anda.

5. Pulau Kera

Pulau Kera merupakan pulau cantik lainnya di NTT yang dapat dilihat dari Kota Kupang. Untuk mengunjungi Pulau Kera ini Anda hanya perlu menyewa kapal penduduk di Kota Kupang. Pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih seputih salju. Keindahannya bahkan dapat terlihat dari seberang lautan.  Pasir putihnya berkilau indah dan mengundang Anda untuk mendekat.

Selain memiliki pantai yang sangat indah, perairan di Pulau Kera juga sangat tenang dan jernih sehingga Anda dapat melakukan aktivitas berenang, diving atau berjemur matahari bersama pasangan Anda.

6. Pulau Meko

Pulau Meko merupakan salah satu pulau cantik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Flores. Pulau yang berada di tengah laut ini hanyalah sebuah hamparan pasir putih yang sangat halus, tanpa tanaman ataupun  batu karang, akan terlihat ketika air laut surut.

Pulau Meko (https://flobamora-bali.com)

Di pulau yang hanya seluas setengah lapangan sepakbola ini Anda dapat menikmati panorama pulau dengan pasir putihnya untuk befoto-foto atau berenang di beningnya air laut disekitar pulau berpasir ini.

Untuk mencapai Pulau Pasir Timbul Meko, Anda bisa langsung menuju Bandara di Maumere kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Larantuka. Dari Larantuka Anda bisa langsung carter kapal ke Pulau Meko dan pulau-pulau kecil lainnya di sekitar Pulau Pasir Meko.

7. Pulau Gili Dasami

Gili Dasami adalah pulau kecil di Indonesia yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Sunda Kecil yang bersamaan dengan Pulau Sunda Besar membentuk Kepulauan Sunda. Selain di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Flores, Pulau Gili Motang, dan Pulau Gili Dasami terdapat hewan langka Komodo dan juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo.

8. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan sebuah Pulau yang menawan yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jarak tempuh dari Labuan Bajo hanya memakan waktu kurang lebih 30 Menit saja jika anda menggunakan boat atau kapal kayu biasa.

Pemadangan bawah lautnya (https://komodotour.co.id)

Secara umum pulau yang terletak di antara gugusan pulau di Labuan Bajo ini memiliki pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Pulau ini menjadi Primadona Pariwisata karena memiliki Taman Laut dengan terumbu karangnya yang sangat indah bagaikan surga bawah laut dengan keanekaragaman ikan hias didalamnya.

9. Pulau Kepa

Pulau Kepa menawarkan keindahan pantai bagi Anda yang penat dengan keramaian. Pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih selembut tepung dan lautan yang biru jernih yang jauh dari keramaian.

Jika Anda ingin berlibur ke Pulau Kepa, Pulau ini berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Kalabahi yang dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dengan menggunakan perahu motor dari dermaga Alor Kecil.

Pulau Kepa (https://ulinulin.com)

Pulau Kepa bagaikan dunia yang terlupakan oleh laju peradaban. Tak ada jalan beraspal, warung serta penduduk yang masih sedikit. Perairan Pulau Kepa ini termasuk dalam Taman Laut Teluk Mutiara yang merupakan salah satu Taman Laut terindah di dunia dengan kekayaan keanekaragaman hayati biota laut terbaik di dunia.

10. Pulau Kambing

Pulau Kambing Komodo merupakan salah satu pulau cantik yang letaknya tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo. Pulau ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo. Hanya terdiri dari pantai dan bukit dengan warna koral yang cukup beragam. Kala senja tiba, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan matahari tenggelam saja, tetapi juga dapat menikmati pemandangan puluhan ribu kelelawar yang sedang meninggalkan sarangnya.

Pulau Kambing memiliki pemandangan yang sangat luar biasa indah. Bentangan pasir putih dan birunya laut akan menggoda Anda untuk berenang, diving, snorkeling,  berjemur matahari atau mendaki bukit untuk sekedar berfoto dan memandangi keindahan alam.

11. Pulau Seraya

Tak banyak wisatawan yang mengetahui bahwa dari Labuan Bajo anda tidak hanya bisa menuju ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca saja, tetapi masih banyak pulau-pulau kecil lainnya yang memiliki pemandangan indan dan membuka diri sebagai Private Resort Island yang memiliki jumlah kamar terbatas untuk wisatawan yang salah satunya adalah Pulau Seraya..

Pulau kecil yang garis pantainya hanya sepanjang 1.3 kilometer ini memberikan pesona bagi para wisatawan untuk mencari ketenangan ditempat yang indah khususnya yang ingin lebih merasakan sensasi serasa memiliki pantai dan pulau sendiri.

Di Pulau Seraya Anda dapat melakukan aktivitas bersantai dengan nyaman, berenang, diving, berjemur matahari atau snorkeling melihat keindahan bawah lautnya yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Keindahan terumbu karangnya yang masih alami dan hidup serta melihat tingkah laku ikan-ikan laut nan indah yang bersembunyi di terumbu karang akan membuat terkesan sepanjang hidup Anda.

12. Pulau Sebayur

Pulau Sebayur merupakan salah satu pulau cantik Di Nusa Tenggara Timur yang dapat Anda singgahi saat berlibur ke Taman Nasional Komodo. Pulau yang terletak di dekat Pulau Rinca atau berjarak sekitar 30 menit dengan perahu motor atau berjarak sekitar 1,5 jam dari Labuan Bajo memiliki keindahan bawah laut yang sangat memesona dan menakjubkan.

Di Pulau Sebayur terdapat sebuah resort yang bernama Komodo Resort Dive Club  yang sudah berlisensi PADI. Resort yang terdiri dari sekitar 20 kamar ini sehingga kenyamanan Anda berlibur ke pulau ini tetap terjaga. Pulau Sebayur menawakan anda untuk berenang, diving, mandi matahari atau snorkeling dengan keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan dimana terumbu karang disini masih sangat alami dan hidup.

13. Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan pulau cantik dengan pemandangan bawah laut yang memukau. Pulau sepi ini memiliki pantai indah dengan hamparan pasir putih lembut dengan air lautnya yang tenang dan jernih. Pulau yang hanya berjarak 30 menit dari Labuan Bajo ini merupakan salah satu destinasi favorit untuk snorkeling dan melakukan aktivitas pantai seperti bersantai, berenang, berjemur matahari ataupun diving.

Pulau Kelor memiliki pasir pantai nan bersih dan lembut serta air laut yang jernih dan tenang menjadikan siapa saja yang datang untuk langsung ingin segera melompat kedalam air. Pulau ini juga dilengkapi dengan terumbu karang yang padat yang dilengkapi dengan aneka ikan warna-warni. Snorkeling di Pulau Kelor merupakan pilihan yang sangat sempurna untuk singgah terakhir setelah selesai menjelajahi Taman Nasional Komodo.sebelum kembali ke Labuan Bajo.

14. Pulau Kukusan

Pulau Kukusan merupakan pulau cantik yang terletak di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pulau ini Anda dapat melakukan wisata kuliner, hikking, snorkeling dan juga berenang di lautnya yang tenang dan jernih.

Pulau yang hanya berjarak 45 menit dari Labuan Bajo ini memiliki dua pantai berpasir putih nan indah dan bersih yaitu Pantai Pasir Putih. Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan biota bintang laut dari pinggir pantainya yang dangkal. Selain dapat menikmati Keindahan Pantai Pulau Kukusan Anda juga dapat hikking keatas bukit untuk melihat situs-situs purbakala sambil tentu saja berfoto dengan pemandangan yang sangat menakjubkan untuk diabadikan.

15. Pulau Rinca

Pada umumnya banyak wisatawan lebih memilih Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. Selain lebih mudah menemui Komodo, pulau ini lebih kecil jika dibandingkan dengan Pulau Komodo. Di pulau ini anda dapat menyusuri jalan hutan konservasi yang dijaga keasrian alamnya bagi habitat Komodo. Disini Anda dapat menemukan beberapa hewan Komodo yang melintas yang pada umumnya berusia sekitar 2 tahun.

Anda akan menjumpai anak Komodo yang berjalan di semak-semak sekitar hutan. Karena bayi Komodo yang baru dilahirkan hidup diatas pohon untuk menghindari kanibalisme induk Komodo. Sarang Komodo, tempat Komodo bertelur dan mengerami telurnya dapat anda temukan di pulau yang cantik ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.