Kuliner Khas Kota Tangerang Selatan Banten

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman adat dan budaya, tidak jauh dari hal itu Indonesia juga memiliki keanekaraman terkait kulinernya. Mulai dari sabang sampai merauke pada tiap-tiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing, yang tentu menambah nilai kebudayaan yang dimiliki masing-masing daerah tersebut.

Sayur Besan

Nasi Uduk Ayam Goreng “Mpok Iyoh” (https://www.foody.id)

Sayur Besan merupakan sayur berkuah santan dengan bahan terubuk atau trubuk, trubuk sebagai bunga tebu, petai, kentang, serta bihun/suun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis (atau kacang panjang), wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

Sayur ini biasanya ada pada acara pernikahan disaat keluarga orang tua mempelai laki – laki datang kerumah orang tua mempelai perempuan di acara perkawinan (Ngabesan) tersebut, sehingga sayur ini disebut dengan Sayur Besan.

Saat ini memang agak sulit untuk mencicipi Sayur Besan. Banyak pedagang masakan khas tersebut yang gulung tikar. Penyebabnya adalah kelangkaan trubuk yang merupakan bahan utama. Kelangkaan tersebut membuat harga telur tebu meningkat hingga mencapai puluhan ribu rupiah per ikat.

Nasi Uduk Ayam Goreng “Mpok Iyoh”
Jl. Pahlawan No. 94, Pasar Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan
Telp. (021) 743 0975, (021) 741 3744

Pecak Gurame atau Nila

Pecak Ikan Gurame Khas Betawi Ema Iyum (https://kicaunews.com)

Ikan Gurame atau Nila dimasak dengan bumbunya terdiri dari kemiri, cabai, bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, serai, salam dan kunyit.

Baik pecak gurame dan gabus pucung makin enak dinikmati bersama dengan lalapan dan sambal dadak. Lalapannya terdiri dari kemangi, selada, terong hijau bulat, mentimun dan sambal dadak yang tak terlalu pedas.

Pecak Gabus

Pecak gabus pucung (warna hitam) dan pecak gurame yang enak disantap dengan lalapan dan sambal.

Ikan Gabus dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesai seperti lada, cabai rawit, garam, bawang merah dan putih, lengkuas dan bumbu-bumbu masakan yang lain, yang akan menambahkan rasa yang asam saat lidah kita menikmati makanan tersebut.

Bagi anda ingin mencicipi, silahkan datatang ke:

Rumah Makan Betawi ’ema Iyum’, Jl. Jombang Raya, Gang H Sopi’ih, Pondok Kacang Timur (Samping sekolah Budi Luhur), Tangerang Selatan.

Juga di RM. Pecak Gurame, Jalan Raya Viktor BSD No. 18, Ciater Barat, Serpong, Tangerang Selatan.

One thought on “Kuliner Khas Kota Tangerang Selatan Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.