Kuliner Khas Kabupaten Pandeglang Banten

Panorama wisata memberi ruh tersendiri bagi keelokan Pandeglang. Demikian pada kuliner jajanan tradisional kota Badak. Bukan hanya sekedar kuliner, jajanan tradisional juga bagian khasanah kekayaan budaya kota yang terletak di ujung kulon pulau jawa.

Angeun Lada

Angeun Lada atau sayur lada (https://ksmtour.com)

Angeun Lada atau sayur lada merupakan masakan berupa sayur yang dicampur dengan daging kerbau atau sapi dan menggunakan daun khas bernama daun walang.

Angeun Lada berasal dari daerah selatan Banten sekitaran Serang bagian Selatan, Pandeglang, serta Lebak. Biasanya Angeun Lada menjadi menu wajib buat keluarga yang disajikan pada saat hari-hari besar seperti Lebaran atau acara kumpul keluarga di daerah tersebut.

Dua warung makan di Pandeglang yang menyajikan menu makanan enak itu adalah Warung Cep Udin di dekat Lapangan Sukarela Pandeglang dan Rumah Makan Mr. Black di daerah Cigadung Jl. Raya AMD Lintas Timur.

Bubur Sop

Bubur Sop (https://bantentribun.id)

Merupakan makanan terbuat dari nasi dengan tambahan bumbu serta sayuran sop berupa kol, wortel, kacang panjang toge dan yang paling penting adalah pucuk daun atau melinjo.

Bubur Sop Labuan banyak tersaji di beberapa tempat di Kecamatan Labuan dan Carita seperti di Kampung Sawah, Kampung Masjid, di Cigondang dan lainnya.

Pais Solempat

Pais Burih atau Pepes Jeroan (https://cookpad.com)

Pais atau Pepes Solempat menjadi menu makanan enak lainnya yang wajib kamu coba bila datang ke Pandeglang.

Pais solempat merupakan makanan yang berasal dari daun solempat semacam daun dari famili talas-talasan dari genus colacasia. Daun solempat yang bisa dibikin pais atau pepes biasanya daun solempat yang masih muda, dicampur dengan irisan telur, tahu cincang, nasi atau boleh juga dengan irisan ati ampela, bungkus dengan daun pisang dan kemudian kukus.

One thought on “Kuliner Khas Kabupaten Pandeglang Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.