Candi Sanggrahan Tulungagung

Candi Sanggrahan atau Candi Cungkup (https://www.tulungagungtourism.com)

Candi Sanggrahan atau Candi Cungkup merupakan candi pemujaan budha, letak di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Candi berbentuk bujursangkar dan terdiri dari bangunan kaki, tubuh dan atap. Candi ini peninggalan Kerajaan Majapahit, dibangun sekitar tahun 1350, dulunya merupakan candi tempat penyimpanan abu kerabat raja Majapahit.

Bangunan induk berukuran panjang 12,60 m, lebar 9,05 m, dan tinggi 5,86 m. Bangunan ini terdiri atas empat tingkat yang masing-masing berdenah bujursangkar dengan arah hadap ke barat. Bagian atap candi telah runtuh dan yang tersisa adalah bagian kaki candi dan sedikit badan candi.

Candi Sanggrahan (https://siwisang.wordpress.com)

Candi Sanggrahan sendiri merupakan candi yang unik karena disusun atas dua batu yang berbeda. Bagian dalam candi disusun dari batu bata, sedangkan bagian luarnya terbuat dari batu andesit. Hal demikian juga dapat kita temui pada Candi Simping, Candi Surowono dan Candi Induk Penataran.

Tidak memiliki hiasan relief pada dinding tubuh candi. Namun pada dinding candi bagian bawah atau kaki candi terdapat hiasan relief aneka hewan seperti singa dan serigala. Relief relief itu berada dalam kotak kotak persegi panjang.

Relief binatang di Candi Sanggrahan (https://siwisang.wordpress.com)

Relief binatang di Candi Sanggrahan (https://siwisang.wordpress.com)

Relief binatang di Candi Sanggrahan (https://siwisang.wordpress.com)

Candi Sanggrahan merupakan Candi Buddha karena dulu disekitar candi pernah diketemukan lima buah patung Buddha dalam posisi mudra yang berbeda – beda, namun entah sekarang patung-patung tersebut berada di rumah juru pelihara candi atau telah dipindah ke Museum Daerah Tulungagung.

Gapura yang sudah runtuh, menyisakan tangga (https://siwisang.wordpress.com)

Candi Sanggrahan ini memiliki pagar penahan dari batu bata yang masih utuh serta memiliki tinggi dua meter. Pagar penahan ini dihiasi oleh ornamen belah ketupat dalam posisi tidur. Gerbang masuknya sendiri berada di sebelah barat dan harus menaiki tangga selebar setengah meter. Gapuranya sendiri sudah runtuh dan hanya menyisakan bagian kakinya saja.

Banyak tumpukan batu bata di Candi Sanggrahan (https://siwisang.wordpress.com)

One thought on “Candi Sanggrahan Tulungagung

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.