Wisata Belanja di Jakarta Pusat

Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan salah satu dari 5 (lima) wilayah Kota Administrasi dan 1 (satu) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Disya Kriya

Merupakan pusat kerajinan tangan untuk perhiasan dan cinderamata, berupa Gelang, Cincin, Batu Cincin dan pernak-pernik lainnya. Juga menerima pemesanan pembuatan sesuai dengan permintaan.

Disya Kriya
Thamrin City Lt.1 Blok G12 No.2, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Telp.: 081806554501, 08161461879
Website: https://inacraftmall.com/store/disya/

Grand Indonesia

Grand Indonesia (https://rmol.co)

Terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, salah satu mal favorit untuk berburu barang bermerek dan ada desainer Indonesia membuka gerai disini.

Ruang pamer Anne Avantie
Grand Indonesia, West Mall UG Lantai Unit 07
Jl. M.H. Thamrin No. 1 Jakarta, Indonesia 10310

Baca juga: Galeri Desain Fashion Indonesia di Jakarta

Gedung Sarinah

Gedung Sarinah (https://www.jitunews.com)

Terletak di Jalan MH Thamrin No, 11, Jakarta Pusat, ini mulai dibangun pada 1963, kemudian diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 1967. Nama Sarinah sendiri berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil.

Sarinah menjadi tujuan belanja terutama fokus bagi wisatawan mancanegara yang mencari oleh-oleh kerajinan khas Indonesia untuk dibawa pulang ke negaranya. Kerajinan-kerajinan ini dapat Anda temukan di Lantai 5 Sarinah dengan harga yang ditawarkan mulai Rp250 ribu hingga jutaan rupiah.

PT Sarinah (Persero)
Jl. M. H. Thamrin No.11, Jakarta Pusat
Tel. (021) 31923008, Fax (021) 319318353
Website: http://www.sarinah.co.id/

UKM Center

UKM Center (https://fatkhurrohim.wordpress.com)

Terletak di jl. Waduk Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, berada satu kawasan dengan pusat perbelanjaan Thamrin City.

UKM Center yang semi mall ini terbagi atas lantai Basement, Dasar, 1, 2, 3 dan 3a. Lantai basement berisikan produk jajanan ringan ciri khas masing-masing daerah di Indoneia, dan produk obat-obatan berkategori herbal.

Di lantai basement ini, para wisatawan dapat menikmati jajanan seperti renyahnya krupuk babat dan tenggiri khas Cilacap, dodol mubarok dari Kudus, kue Betawi, hingga minuman ringan ciri khas UKM-Center yang bernama Beer Pletok dari Medan. Jadi wisatawan pun tidak perlu repot-repot untuk membeli makanan khas daerah, dengan datang langsung ke sentranya.

Di lantai dasar dan Satu untuk produk garmen dan texcraft unggulan dari berbagai daerah. Produk Bordir yang terkenal seperti dari Tasik, Padang dan Kudus cukup tersedia dengan berbagai varian jenis. Bagi peminat batik, songket, atau pun ulos, cukup tersaji disini. Tidak kalah mau ketinggalan dengan produk tekstile sejenis, seni kerajinan kain perca (quilt) pun terdisplay indah dengan varian corak, motif dan disain berdasarkan selera usia konsumennya.

Di lantai dua ini, pusatnya produk kerajinan dari segala jenis bahan baku, jenis produk seperti, gift item, house ware, home interior, aksesoris hingga kidstoys, bisa menjadi deretan daftar pembelian selama anda berwisata di venue ini. Tidak mengherankan, jika lokasi paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan, untuk mencari souvenir khas daerah, tapi tanpa harus pergi ke daerah tersebut.

Di lantai tiga, indera pinciuman Anda akan langsung bereaksi mencium aroma kuliner tradisional, dari berbagai daerah yang higienis dan menggugah selera indera pengecap.Aneka menu makanan seperti soto betawi, semur jengkol, sambel teri, steak, nasi uduk, opor ayam, dan varian minuman juice, akan membuat anda kembali segar dari rasa letih selama berwisata di venue UKM-Center. Sembari menikmati kelezatan masakan yang di pesan, anda akan diiringi oleh alunan musik dari band lokal Jakarta.

Sumber: fatkhurrohim

Pasar Tasik

Pasar Tasik (https://event.kompasiana.com)

Pasar Tasik yang berlokasi tepat di belakang Blok G Pasar Tanah Abang, hanya buka pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak pukul 5 pagi hingga pukul 12 siang. Area yang dipakai adalah lahan parkir untuk kendaraan berat seperti truk yang memang diperuntukkan mengangkut barang-barang dagangan para pedagang di Pasar Tanah Abang. Para pedagang berasal dari Kota Tasikmalaya, Garut, serta Bandung yang memang terkenal dengan usaha bidang fashion.

Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang (https://kedaipena.com)

Pasar Tanah Abang terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Tanah Abang Metro, Tanah Abang Lama, dan Tanah Abang AURI. Tanah Abang Lama terdiri dari beberapa blok, antara lain Blok A, B dan F. Sementara Tanah Abang AURI memiliki blok yang lebih banyak, yaitu A, B, C, D, E, F, G, AA, BB, dan CC, ketiga wilayah tersebut tersambung, paling tidak ada 500 X 500 meter luasnya, akan sangat melelahkan kalau dijelajahi semuanya.

Peta lokasi Pasar Tanah Abang (https://www.streetdirectory.com)

Merupakan salah satu pusat grosir tekstil di kawasan Jakarta Pusat. Tak hanya ramai dikunjungi masyarakat di Jakarta, Pasar Tanah Abang pun banyak menjadi incaran wisatawan dari luar Jakarta bahkan luar negeri.

Ada beragam pilihan busana Muslim dijual di tempat ini, mulai dari jilbab, atasan lengan panjang, kerudung, sampai gaun cantik untuk Muslimah. Untuk para pria, aneka baju koko dengan tren busana terbaru tersedia di tempat ini. Biasanya para pembeli memborong pakaian dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga grosir. Namun Anda bisa saja membelinya dalam jumlah kecil. Selain busana Muslim, kaus sampai baju batik juga dapat Anda temukan di Pasar Tanah Abang.

Pasar Barang Antik

Pasar barang antik, Jl. Surabaya, Jakarta Pusat (https://www.citytourjakarta.com)

Jalan Surabaya yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, sudah dikenal sejak dahulu sebagai rumah bagi kios-kios barang antik. Kios-kios ini berjejeran dan menampilkan aneka ragam barang antik yang unik maupun sudah langka untuk ditemukan. Tak heran, wisatawan mancanegara termasuk yang sering datang ke kawasan ini untuk berburu barang antik maupun sekadar melihat-lihat. Anda akan sering berjumpa turis asing sedang pelesiran sambil melongok ke kios-kios ini. Di Jalan Surabaya, Anda bisa menemukan jam-jam kuno, patung-patung antik, sampai kamera jadul. Bahkan Anda bisa saja menemukan perangko-perangko tua di salah satu kios.

Mall yang ada di Jakarta Pusat, dikutip dari infojakarta, sebagai berikut:

Plaza Indonesia

Pusat perbelanjaan empat lantai yang terletak di Bundaran Hotel Indonesia ini diresmikan pada awal tahun 1990. Pusat perbelanjaan dengan lebih dari 400 jumlah toko ini dilengkapi dengan Hotel Grand Hyatt, hotel bintang lima dengan 28 lantai yang memiliki lebih dari 300 kamar dengan desain modern minimalis.

Jl. MH. Thamrin, Kav. 28–30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka : 10 A.M – 10 P.M

FX Sudirman

Pusat perbelanjaan yang terletak di sebelah Gelora Bung Karno, pusat olahraga terbesatr di Jakarta ini berbeda dengan pusat perbelajaan lain di Jakarta karena tidak memiliki Department Store. fX Sudirman yang menyandang nama sebagai The Coolest Meeting Place ini menyuguhkan keindahan kota metropolitan yang dapat dinikmati pengunjung dari dalam maupun luar ruangan. Di pusat perbelanjaan ini juga terdapat teater milik JKT48 dan studio berita Sapa Indonesia di Kompas TV.

Jl. Jenderal Sudirman, Pintu Satu Senayan, Jakarta 10270
Jam Buka: 10 A.M – 10 P.M

Gajah Mada Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan modern tertua di Jakarta Pusat ini dibangun sekitar tahun 1980-an dan menjadi salah satu mall paling keren dan paling megah di ibukota pada saat itu. Karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau Gajah Mada Plaza tetap memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi Jakartans penyuka hewan peliharaan karena terdapat area khusus Pet Shop.

Jl. Gajah Mada no.19-26 Petojo Utara, Jakarta Pusat 10130
Jam Buka : 10 A.M – 10 P.M

Harco Mangga Dua

Buat anda yang ingin mencari berbagai barang elektronik murah dengan harga terjangkau, Harco Mangga Dua bisa menjadi tempat yang pas. Hampir seluruh pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan ini datang untuk berburu barang elektronik seperti laptop, komputer, kamera, handphone hingga perangkat pendukung komputer seperti hardware dan software.

Jalan Arteri Mangga Dua Raya, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta 10730
Jam Buka : 10.30 A.M – 6 P.M

ITC Cempaka Mas

Pusat belanja yang satu ini adalah pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Bangunan yang terdiri dari 6 lantai ini dan 12 Blok mulai dari blok A sampai blok L. Pusat perbelanjaan ini menawarkan beraneka ragam multi produk dari mainan anak, pakaian hingga pusat smartphone dan aksesorisnya. Pusat perbelanjaan yang berada di daerah Kemayoran ini mudah dicapai dengan menggunakan Busway dan bisa langsung berhenti di Halte Cempaka Timur.

Jl. Letjen Suprapto, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat 14360
Jam Buka : 10 A.M – 10 P.M

Menteng Huis

Anda yang tinggal di daerah Menteng pasti tidak asing lagi dengan pusat belanja yang satu ini. Terletak di seberang kantor pos Kali Pasir, pusat belanja ini menawarkan beragam pilihan makanan dan cafe bagi Jakartans yang berada di seputaran Menteng. Mulai dari Starbucks hingga restoran dengan menu makanan Belanda HEMA. Belum lama ini toko peralatan Ace Hardware juga membuka cabangnya di pusat perbelanjaan ini.

Jalan Cikini Raya No.4, Menteng, Jakarta Pusat 10330
Jam Buka : 9 A.M – 10 P.M

Plaza Atrium Senen

Plaza Atrium merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berdiri pada tahun 1992 dan merupakan superblok pertama di Jakarta. Berdiri di kawasan komersial terpadu yang terdiri dari mall, ruko, hotel bintang empat, dan gedung perkantoran. Pusat Onderdil Plaza Atrium (POPA) merupakan salah satu icon dari Plaza Atrium, tergabung di lantai 5 dan terdiri lebih dari 500 toko onderdil membuat Plaza Atrium menjadi mall pertama yang memberikan kenyamanan dan keamanan para pencari onderdil dalam berbelanja.

Jl. Senen Raya No.135 Jakarta Pusat 10410
Jam Buka : 10 A.M – 10 P.M

Plaza Kenari Mas

Berlokasi di Jalan Kramat Raya, Pusat perbelanjaan ini terkenal menjadi kawasan pusat perdagangan Alat Listrik & Elektrikal, Lampu, LED, Lampu hias & Lampu asesoris, Tools & Hardware, Sanitary, Pompa & Filter Air, Pemanas Air, Alat Rumah tangga, Alat safety, Kunci & Handle Pintu dengan eceran maupun grosiran. Dibawah kendali manajemen Agung podomoro Land, Plaza Kenari Mas telah melakukan renovasi atau peremajaan gedung mulai dan fascade sampai dengan interior dengan gaya dan tampilan baru yang lebih eksklusif nan modern.

Jl. Kramat Raya No. 101 Jakarta, Indonesia 10440
Jam Buka : 9 A.M – 5 P.M

One thought on “Wisata Belanja di Jakarta Pusat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.