Tetap Aman Saat Snorkeling dan Menyelam

Olahraga snorkeling dan menyelam di laut semakin diminati para wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Namun sebelum menjajal alam bawah laut, ada baiknya melakukan persiapan dengan matang.

Sebab, bukan tak mungkin nyawa Anda menjadi taruhannya. Ada beberapa ancaman saat snorkeling dan menyelam, termasuk salah satunya dari binatang laut, yakni ubur-ubur. Sengatan dari makhluk hidup ini mampu memicu serangan jantung.

“Di bawah laut dikelilingi oleh elemen yang tidak bersahabat,” kata Tim Ecott, ahli menyelam Travel Telegraph.

Snorkeling dan diving di Taman Nasional Komodo (https://iyakan.com)

Selain itu faktor lain yang juga membahayakan adalah penyelam kerap bergegas naik ke permukaan. Padahal hal tersebut berisiko menyebabkan kerusakan paru-paru, kelumpuhan, bahkan kerusakan otak.

Menurut Brian Cummings, dari The British Sub Aquatic Club (BSAC), kebanyakan insiden saat snorkeling dan menyelam terjadi karena persiapan serta perencanaan yang buruk.

Misalnya, banyak penyelam yang abai memeriksa peralatan menyelam karena dianggap dalam kondisi baik. “Mereka juga beranggapan bahwa tubuh dalam kondisi yang baik, tanpa melakukan pemanasan dan latihan terlebih dahulu,” ucapnya.

Sebelum menyelam, pastikan juga Anda mengikuti kursus dan mengantongi sertifikat menyelam. Pada kursus itu, Anda akan diajari dasar-dasar keselamatan sehingga bisa meminimalisasi risiko kecelakaan.

Sumber: viva

Leave a Reply