Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah

Taman Nasional Gunung Merbabu (https://alamisme.id)

Taman Nasional Gunung Merbabu berada di Kawasan Hutan Negara terletak di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang di Propinsi Jawa Tengah. Gunung merbabu mempunyai ketinggian di atas 2.000 m dpl dengan kemiringan lereng lebih dari 40º. Gunung Merbabu memiliki berbagai macam potensi dan kekhasan flora fauna yang harus dilestarikan.

Flora

Edelweis tumbuh lebat terlihat dari Sabana I dan Sabana II pada 2.700 – 2.750 meter dari muka laut (https://alidesta.wordpress.com)

Potensi flora yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu berupa tanaman Pinus, Puspa, Bintamin, Acacia decuren dan beberapa jenis perdu, adas, eldeweis serta tanaman efifit.

Fauna

Potensi fauna yang terdapat di Taman Nasional Gunung Merbabu yaitu Elang Hitam (Ichtnaetus malayanesis), Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Lutung Hitam (Tracypithecus auratus), Kijang (Muntiacus muntjak),, Musang (Herpates javanica), Macan tutul (Panthera pardus), Landak (Histrix sp), Luwak (Paradoxunus hermaproditus) dan beberapa jenis burung seperti Kutilang (Pynonotus aurigaster), Pentet (Lavinus eshach), Sepah Gunung (Pericrotus leuchopaeus) dan puter.

Beberapa lokasi atau obyek yang menarik untuk dikunjungi

Wisata Kopeng

Wisata Kopeng (https://www.jatengpromo.com)

Secara administratif terletak di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dengan ketinggian 1.300-1.450 m dpl dan suhu udara berkisar antara 18º-24º C. Aksesibilitas sangat mudah dijangkau dengan sarana jalan yang sudah beraspal, terletak 14 Km dari Kota Salatiga dan 27 Km dari Magelang. Obyek wisata Kopeng terdiri dari wanawisata pegunungan dan mata air umbul songo, bumi perkemahan serta jalur pendakian Gunung Merbabu dan didukung sarana dan prasarana berupa hotel dan pondok wisata kelas melati yang berjumlah 73, tempat bermain anak, pasar sayur dan tanaman hias.

Wisata Ketep Pass

Wisata Ketep Pass (https://wisatanasional.net)

Secara administratif terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dengan ketinggian 1.200 m dl, suhu udara berkisar antara 18º-25º C, aksesibilitas sangat mudah dijangkau dan terletak 17 Km dari Kecamatan Blabak, 30 Km dari Kota Magelang, 35 Km dari Kota Boyolali, 32 Km dari Kota Salatiga.

Ketep Pass merupakan obyek wisata pemandangan alam Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dan pusat informasi tentang Gunung berapi dengan didukung sarana museum vulkano, volcano theatre, restoran, pelataran panca arga dan gardu pandang.

Selo Pass

Selo Pass (https://www.flickr.com)

Terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dengan ketinggian 1.500-1.600 m dpl, suhu udaranya berkisar antara 16º-24º C. Aksesibilitas mudah dijangkau dan terletak 20 Km dari Kota Boyolali dan 14 Km dari obyek wisata Ketep Pass.

Obyek wisata ini berupa pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Sarana prasarana berupa Joglo Mandala, kios souvenir, volcano theatre, gardu pandang New-Selo, tempat bermain anak, bungalow dan home stay.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang (https://www.teluklove.com)

Terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dengan ketinggian 1.100 m dpl, aksesibilitas mudah dijangkau dengan jarak 4 Km dari Ketep dan 10 Km dari Selo, terletak dijalur Ketep Pass-Selo Pass.

Obyek wisata berupa air terjun dengan ketinggian 10-12 m dan didukung oleh sarana dan prasarana berupa tempat parker dan shelter.

Wisata Budaya

Mata pencaharian masyarakat didominasi petani sayur, pedagang dna sebagian kecil karyawan. Usaha wisata merupakan usaha sampingan selain petani yaitu berupa menyewakan pondok wisata, home stay, kios tanaman hias, menyewakan binokuler, warung makan serta warung kelontong.

Kebudayaan yang ada di masyarakat sekitar Gunung Merbabu antara lain berupa ketoprak, campur sari, kuda lumping, tari soreng, turonggo seto, jatilan, budi tani, jelantur dan tari-tari lainnya.

Aksesibilitas ke Taman Nasional Gunung Merbabu sudah sangat baik, bahkan jalur pendakian sudah tersedia. Ada beberapa start pendakian. Gambar di samping ini menunjukkan jalur pendakian dari arah Selo. Dari Selo ke Puncak memerlukan waktu kurang lebih 8 jam.

Cara pencapaian lokasi

  • Jakarta – Solo (Pesawat ± 45 menit, Kereta Eksekutif ± 8 jam, roda empat ± 14 jam)
  • Jakarta – Semarang (Pesawat ± 1 jam, Kereta Eksekutif ± 6 jam, roda empat ± 12 jam)
  • Semarang – Boyolali – Selo (± 112 km) roda empat ± 2 jam 20 menit
  • Solo – Boyolali – Selo (roda empat ± 52 km ± 1 jam 30 menit)
  • Semarang – Boyolali – Kopeng (roda empat ± 61 km ± 1 jam 20 menit)
  • Solo – Boyolali – Kopeng (roda empat ± 64 km ± 1 jam 30 menit)

Musim kunjungan terbaik: bulan Juni s/d September dan Desember setiap tahunnya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu
Jl. Merbabu No. 136, Boyolali, Jawa Tengah 57316.
Telp.(0276) 3293341 / Fax. (0276)3293342
Email: tn_merbabu@yahoo.co.id
Website: https://tngunungmerbabu.org

2 thoughts on “Taman Nasional Gunung Merbabu Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.