Museum Mandeh Rubiah Pesisir Selatan Sumatera Barat (Video)

Rumah Gadang Mandeh Rubiah (https://manderubiah.wordpress.com)

Museum Mandeh Rubiah menempati areal seluas 20.000 m2 dengan luas bangunan 1000 m2 beralamat di Kampung Lubuk Sitepung, Nagari Lunang, Kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Museum Mande Rubiah atau yang lebih dikenal dengan Rumah Gadang Mande Rubiah, berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda pusaka peninggalan Bundo Kanduang (konon di Lunang berganti nama dengan Mande Rubiah) dan benda-benda peninggalan keturunan atau pewarisnya.

Sejarah

Museum Mandeh Rubiah (https://minangtourism.com)

Sejarah berdirinya museum ini tidak terlepas dari sejarah hijrahnya Bundo Kanduang berserta keluarganya serta pengikutnya sekitar tahun 1520 M dari Pagarruyung ke Lunang. Ratusan tahun keberadaan rumah dan penghuninya ini sengaja disembunyikan untuk memegang amanah yang mereka terima dan harus dirahasiakan secara turun temurun.

Gapura menuju Museum Mandeh Rubiah (https://www.youtube.com)

Barulah sekitar tahun 70-an, mulai terbetik berita bahwa di Lunang masih ada keturunan dari Kerajaan Pagarruyung yang disertai dengan peninggalan-peninggalan kerajaan serta terdapat pula makam Bundo Kanduang, dan Tuanku, Puti Bungsu, Cindua Mato dan pengikutnya. Setelah melalui beberapa pendekatan oleh pemerintah dengan instansi terkait dengan pihak keluarga Mande Rubiah maka pada tanggal 8 – 15 Maret 1980 diresmikan Rumah Gadang Mande Rubiah sebagai Museum sekaligus dilaksanakan pameran benda-benda sejarah Mande Rubiah. Museum ini dikelola oleh Yayasan Museum Mande Rubiah melalui SK Bupati Pesisir Selatan nomor 1.08.26/268/BPT-PS/1998, dan dibawah pembinaan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Pesisir Selatan.

Koleksi

Koleksi Senjata (https://manderubiah.wordpress.com)

Peralatan rumah tangga (https://www.youtube.com)

Tempat Tembakau dan Sirih (https://www.youtube.com)

Porselin (https://www.youtube.com)

Uang logam (https://www.youtube.com)

Al Qur’an berumur lebih dari 500 tahun (https://www.youtube.com)

Koleksi museum berjumlah 213 buah yang terdiri dari naskah, uang logam/kerta, senjata tajam, peralatan dapur, alat upacara agama, alat upacara adat, pakai adat, telur burung garuda, senjata api, piring besar porselin, lampu, tongkat dan lain-lain.

Museum Mandeh Rubiah
Kampung Lubuk Sitepung, Nagari Lunang, Kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Leave a Reply