Wisata Sejarah di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Kabupaten Deli Serdang dikenal sebagai salah satu daerah dari 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang memiliki keanekaragaman sumber daya alamnya yang besar sehingga merupakan daerah yang memiliki peluang investasi cukup menjanjikan. Selain memiliki sumber daya alam yang besar, Deli Serdang juga memiliki keanekaragaman budaya, yang disemarakan oleh hampir semua suku-suku yang ada di nusantara.

Replika Istana Sultan Serdang

Replika Istana Sultan Serdang (https://id.wikipedia.org)

Replika Istana Sultan Serdang yang ada di Jalan Lintasan Sumatera, Medan-Tebing Tinggi nomor 42 Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai merupakan tiruan bangunan Istana Sultan Serdang yang dulu ada di Desa Galuh, Perbaungan.

Istana dibakar oleh Belanda karena pihak kerajaan tak mau mendukung kompeni Belanda di masa penjajahan.

Istana Sultan Serdang (https://id.wikipedia.org)

Bangunan replika diprakarsai oleh Sultan Serdang Allahyarham Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH dan diresmikan 7 Januari 2012 untuk mengenang kejayaan masa lampau kerajaan tersebut.

Sekarang replika Istana Sultan Serdang digunakan sebagai Kantor Pariwisata Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Mesjid Raya Sulaimaniyah perbaungan

Di bangun pada tahun 1894 oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah- Serdang dan pada tahun 1901 mengalami renovasi dalam bentuk permanen.

Baca: Masjid Raya Sulaimaniyah

Mesjid Sulaimaniyah Pantai Cermin

Masjid  ini dibangun tahun 1901.  Mesjid  Sulaimaniyah Pantai Cermin dengan Mesjid Sulaiman Raya Perbaungan adalah mesjid yang memiliki kesamaan nama karena di bangun oleh orang yang sama yaitu Sultan  Sulaiman Syariful Alamsyah.

Baca: Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin

Benteng Putri Hijau (Benteng Kerajaan Aru)

Benteng Putri Hijau (https://semuatentangprovinsi.blogspot.co.id)

Terletak di Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, merupakan peninggalan Kerajaan Aru.

Benteng tersebut melingkupi areal berukuran ± 732 x 250 meter atau memiliki luas sekitar 17 ha. Batas-batas Benteng Putri Hijau adalah sebagai berikut : di sebelah utara berbatasan dengan pemukiman penduduk yang menempati areal di luar maupun di dalam benteng.

Benteng Putri Hijau (https://pancurbatu.wordpress.com)

Sebelah barat sebagian merupakan areal yang berbatasan dengan tebing curam, terutama yang terletak di sisi sebelah baratlaut. Sebagian lagi berbatasan dengan areal landai yang saat ini dimanfaatkan sebagai perladangan. Demikian juga dengan sisi selatan berbatasan dengan perladangan penduduk, sedangkan di sebelah timur benteng tanah menghadap langsung ke jurang, di mana terdapat hulu aliran Sungai Deli yang disebut Sungai Petani (Lau Tani).

Di luar benteng tanah terdapat parit-parit buatan yang mengelilingi. Benteng tanah, maupun parit buatan berukuran lebar mencapai 4 meter, bahkan lebih. kedalaman parit mencapai lebih dari 2 meter. Adapun bangunan benteng tanah di beberapa tempat, berukuran tinggi mencapai hingga 6-7 meter.

Pintu masuk utama benteng pada masa lalu diperkirakan terletak di sebelah timur, tepat di sebelah pemandian Putri Hijau (Pancuran Gading). Bagian pintu masuk benteng merupakan dinding tebing yang dilandaikan. Di samping kiri-kanan pintu masuk tersebut terdapat dinding tanah berukuran cukup tinggi.

Sekolah Dasar 101929

Sekolah tersebut  dibangun  pada  tahun  1911  yang  dipimpin  oleh  seorang  guru berkebangsaan Belanda.

Stasiun Kereta Api Perbaungan

Stasiun  kereta  api  Perbaungan tempo dulu (https://id.wikipedia.org)

Gedung  stasiun  kereta  api  perbaungan  yang  mulai  didirikan  tahun 1901  selesai  dan  di  resmikan  pada  tahun  1903 oleh  pemerintah  kolonial belanda  stasiun  perbaungan  merupakan  stasiun  yang mempunyai  tugas  dan fungsi  sebagai  stasiun kereta  api  penumpang  dan  hasil  perkebunan  yaitu kelapa sawit, getah karet, sayur mayur, dan buah-buahan.

Stasiun  kereta  api  Perbaungan sekarang (https://ingintaukota.blogspot.co.id)

Stasiun Kereta Api Galang

Hingga Tahun 1970 Galang Masih Memiliki Stasiun Kereta Api Buatan Belanda yang menghubungkan Medan-Lubuk Pakam- Galang- Petumbukan. Oleh Karena Itu Kota Galang merupakan salah satu Kota Tua yang ada sejak Penjajahan Belanda.

Kantor Pos Galang

Kantor Pos Galang (https://www.google.co.id/maps)

Terletak di jalan Sersan M. Arifin No. 9, Kelurahan Galang Kota, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Rumah Sakit Pertumbukan

Rumah Sakit Pertumbukan (https://plantersclub.blogspot.co.id)

Terletak di Desa Pisang Pala, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Rumah Sakit Pertumbukan (https://plantersclub.blogspot.co.id)

Rumah sakit ini berawal dari Serdang Doctor Fonds, mulai dibangun pada  tahun 1905 dan selesai serta beroperasi pada tahun 1913, sebagai wadah gabungan 31 kebun dan unit dari perusahaan Rubber Cultuur Maatschappij Amsterdam (RCMA), Perkebunan Harrison & Crossfield, Perkebunan SIPEF dan Deli Spoorweg Maatschappij di daerah Serdang.

Stasiun Kereta Api Pancur Batu

Kecamatan Pancurbatu yang pada masa penjajahan Kolonial Belanda dikenal dengan nama Arnhemia, hingga kini masyarakat Eropa pun masih mengenal nama tersebut dibanding nama Pancurbatu.

Selain perkembunan tembakau di Tuntungan, di Arnhemia (nama kota  dulu pun terdapat perkebunan tembakau milik Rotterdam Deli. Inilah alasan kenapa di Pancurbatu terdapat stasiun kereta api yang boleh dibilang cukup besar pada masa jayanya. Stasiun ini dibangun pada tahun 1907 ketika dilakukan perluasan area perkebunan tembakau, terlebih ketika penanaman kopi di kawasan Serdang mulai menuai sukses besar. Sehingga Perusahaan Kereta Api yang dulu dinamakan Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) memperpanjang jalur rel sepanjang 162 mil, dengan rute baru Medan – Arnhemia salah satunya. Nah, dalam peta jalur kereta api lama Sumatera Utara nama Arnhemia pun akan kita temukan untuk merujuk kota Pancurbatu sekarang.

Rencananya, 2019 mendatang jalur KA Delitua dan Pancurbatu, akan diaktifkan kembali.

Sekolah  SDN 101878 

Sekolah  SDN 101878 (https://www.kemdikbud.go.id)

Terletak di jalan Batang Kuis Pasar IX, Buntu Bedimbar, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Sekolah  SDN 101878 (https://www.kemdikbud.go.id)

Kantor Camat Pancur Batu

Kantor Camat Pancur Batu (https://id.wikipedia.org)

Jl. Jamin Ginting, Namo Riam, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20353.

Berbagai sumber

One thought on “Wisata Sejarah di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Leave a Reply