Tarian Tradisional Wonogiri Jawa Tengah

Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah bekas Karesidenan Surakarta, di Provinsi Jawa Tengah. Kondisi alamnya sebagian besar berupa pegunungan berbatu gamping, terutama di bagian selatan, yang termasuk jajaran Pegunungan Seribu, hingga wilayah masuk Geopark Gunung Sewu.

Baca: Geopark Gunung Sewu DIY

Tari Kethek Ogleng

Tari Kethek Ogleng (https://panduanwisata.id)

Kethek Ogleng berasal dari bahasa Jawa, ‘kethek’ adalah kera, sedangkan Ogleng diambil dari suara bunyi yang melatar-belakangi tarian ini yang seperti berbunyi Ogleeeng, Ogleeeng…

Tari Kethek Ogleng (https://www.solopos.com)

Tarian ini menceritakan Raden Gunung Sari yang menjelma menjadi kera, dan berusaha mengelabui musuhnya, hingga para penarinya pun selalu bertopeng kera dan menirukan gerakan-gerakan kera, tidak ada gerakan khusus untuk tarian ini, penari hanya menikmati aluran musik dan menari layaknya seekor kera.

Tari Gandrung Wonogiren

Tari Gandrung Wonogiren (https://www.harianjateng.com)

Merupakan Tari Tayub Modern Versi Wonogiri yang saat ini mulai diminati masyarakat terutama pelajar dan generasi muda Wonogiri, diciptakan oleh Handoko, S.Sn, salah satu seniman kondang dari Wonogiri.

Tari Gandrung Wonogiren menceritakan sejarah perjuangan rakyat Wonogiri dalam menumpas dan memerangi Korupsi, Kolusi  dan Nepotisme (KKN) yang menjamur di masyarakat Indonesia, untuk melawan korupsi.

One thought on “Tarian Tradisional Wonogiri Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.