Tarian Tradisional Batang Jawa Tengah

Kabupaten Batang berada pada jalur utama yang menghubungkan Jakarta-Surabaya merupakan jalur ekonomi bagian utara jawa.

Tari Babalu

Tari Babalu (https://google.co.id)

Dibawakan oleh penari gadis-gadis cantik yang dirias sebagai prajurit untuk menghibur para penjajah supaya lengah dan disuguhi minuman. Para penari memberikan kode atau simbol yang sudah disepakati agar para pejuang dengan mudah menyerang penjajah.

Keunikan tersebut adalah pada bentuk pertunjukan kesenian tari Babalu yaitu selalu membunyikan peluit sebagai tanda awal dan akhir pertunjukan.

Unsur gerak tarian ini meliputi unsur gerak kepala, tangan, badan, kaki. Tata busana menggunakan pakaian kupluk berkuncir, kaca mata, slempang, baju lengan panjang, ikat pinggang (sabuk), celana tiga perempat, kaos kaki. Sedangkan untuk tata rias menggunakan, eye shadow, pemerah pipi (blush on), bayangan hidup dan lipstick.

Tari Tahu Robyong

Tari Tahu Robyong (https://radarpekalongan.co.id)

Merupakan refleksi filosofi kehidupan manusia, bagaimana manusia dalam perjalanannya mengalami proses, seperti proses dalam pembuatan tahu robyong berupa pencucian, pemanasan, penggilingan, penyaringan, pencetakan dan penangan akhir; sehingga manusia bisa menuju kesempurnaan jiwa dan raga.

Tari Tahu Robyong (https://myimage.id)

Tari Simo Gringsingan

Tari Simo Gringsingan (https://jatengpos.co.id)

Merupakan susunan tari garapan baru yang bersumber pada gerak tradisi kerakyatan yang ada di Kecamatan Gringsing. Berlatar belakang cerita legenda tentang sosok Ki Ageng Gringsing yang memiliki kesaktian. Salah satunya bisa mengubah diri menjadi Simo atau Harimau.

Tari Batik Gringsingan

Tari Batik Gringsing (https://youtube.com)

Tari yang terilhami dari Batik motif Gringsingan. Yang merupakan salah satu motif batik khas Batang, yang punya filosofi keseimbangan, kemakmuran dan kesuburan

 

One thought on “Tarian Tradisional Batang Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.