Melihat Progres Pembangunan Bandara Kertajati Siap Beroperasi Juni 2018

Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berada di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka ditargetkan bisa beroperasi pertama kalinya untuk embarkasi haji Jawa Barat pada Juni 2018 mendatang.Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, saat ini progres pembangunan bandara sudah mulai memasuki tahap penyelesaian dan dipastikan bisa mulai beroperasi sesuai target.

“Penyelesaian terminal sudah 86 persen mungkin sekarang hampir 90 persen. Dan bisa mengangkut haji pada Juni tahun ini,” kata Luhut di Kantornya, Selasa (9/1).

Saat ini, BIJB tengah dalam proses perpanjangan pembangunan landasan pacu (runway) menjadi 3.000 meter dari semula 2.500 meter. “Sekarang masih runway supaya kita kejar supaya 3.000 meter, sekarang 2.500 meter sudah selesai dengan lebar 60 meter dan nanti jadi airport pertama mengakomodasi Airbus A380,” ujarnya.

Masterplan Bandara Kertajati (https://www.liputan6.com)

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan jemaah haji asal Jawa Barat bisa diberangkatkan melalui Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Ditargetkan, bandara tersebut akan mulai beroperasi pada Juni 2018 mendatang.

“Tentu akan kita lihat perkembangannya. Kapan mulai beroperasinya, kelengkapannya, dan segala sesuatu yang terkait dengan standar minimal penetapan sebuah bandara. Tentu itu semuanya akan dikonsultasikan dengan Kementerian Perhubungan dan sejumlah maskapai tentunya,” ungkap Lukman di Jakarta.

Dengan demikian, lanjut Lukman, Bandara Kertajati mampu memudahkan para jemaah haji asal Jawa Barat untuk berangkat menuju tanah suci.

“Prinsipnya, kalau kami di Kemenag, semakin banyak embarkasi, sebenarnya semakin baik karena itu memudahkan. Semakin mendekatkan layanan jemaah kepada bentuk fasilitas pelayanan itu sendiri. Kami akan semakin senang,” pungkasnya.

Sumber: merdeka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.