Dorong Sektor Wisata, Menhub Kembangkan Banyak Bandara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa Kementerian Perhubungan mendukung penuh sektor pariwisata Indonesia. Dukungan yang diberikan Kemenhub adalah melalui percepatan pembangunan infrastruktur transportasi dari dan ke destinasi wisata.“Pariwisata adalah leading sector yang harus kita jaga dan kita utamakan. Ada 10 destinasi pariwisata baru, yang sudah kita lakukan adalah memberikan suatu percepatan pembangunan bagi kita semua,” Kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (13/12/2017).

Untuk mendorong pariwisata, Budi Karya ingin Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali agar menjadi hub penerbangan internasional. Jumlah koneksitas di kedua bandara tersebut akan ditingkatkan guna menunjang hub internasional itu.

“Saat ini Bandara Soekarno-Hatta hanya memiliki 40 koneksitas, dibandingkan Malaysia dan Singapura yang memiliki 100 konektivitas. Jumlah konektivitas itu berbanding lurus dengan jumlah turis yang datang. Ke depannya akan kita tingkatkan. Caranya dengan melakukan percepatan pembangunan,” urai dia.

Saat ini Indonesia memiliki 19 Bandara Internasional yang tersebar di seluruh nusantara. Menurut Menhub, di dunia ini suatu negara dengan 19 Bandara Internasional tidaklah banyak.

“Kita memang cukup berani membuka itu (19 bandara Internasional) karena memang kita ingin pelosok-pelosok Indonesia itu dapat dikunjungi dan dicapai oleh penerbangan internasional,” jelas dia.

Pembukaan salah satu bandara internasional yang mendapat sambutan hangat dunia internasional adalah Bandara Silangit. Dengan dijadikannya Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional maka negara-negara Internasional dapat langsung menjangkau Danau Toba tanpa harus menempuh jarak 6-7 jam dari Medan.

“Sekarang kita bersama-sama membangun Silangit dalam waktu yang pendek. Pertumbuhannya luar biasa sampai 800%. Maka kita sudah buat keputusan membuat Silangit menjadi Bandara Internasional. Apa yang sudah kita lakukan di Silangit sangat diapresiasi negara-negara tetangga,” urai dia.

Sumber: liputan6

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.