Desa Wisata Tanjung Karang Donggala Sulawesi Tengah

Desa Wisata Tanjung Karang (https://travel.kompas.com)

Desa Wisata Tanjung Karang terletak di Desa Tanjung Karang, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Benawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah memiliki wilayah pedesaan yang cukup luas dengan karakteristik pegunungan, daratan dan pesisir pantai. Salah  satu  desa yang yang cukup dikenal sebagai objek wisata adalah Desa Wisata Tanjung Karang.

Kabupaten Donggala (https://www.rayapos.com)

Desa WisataTanjung Karang adalah desa pesisir pantai, sekitar 45 menit, berjarak tempuh 40 km perjalanan darat dari Kota Palu, dengan pasir putih, pemandangan laut yang indah dan ada terumbu karang untuk wisata diving dan snorkeling

Potensi Alam

Desa Wisata Tanjung Karang (https://www.republika.co.id)

Daya tarik dan keunikan Desa Wisata Tanjung Karang, selain berpasir putih, juga terdapat  terumbu  karang  dengan pemandangan  laut  yang  sangat  indah  dengan ikan-ikan  hias yang sangat cantik yang dapat dinikmati melalui snorkeling, diving, dan glass  boat. Tak perlu kaget jika dalam setahun lebih dari enam ribu turis mancanegara berkunjung ke desa wisata ini.

Kegiatan

Desa Wisata Tanjung Karang (https://wisatapalu.com)

Di kawasan tersebut setidaknya ada 17 gugus karang yang berada dalam radius 20 km dari bibir pantai. Penyelam bisa bisa menikmati karang dari kedalaman 1 meter hingga 40 meter yang menawarkan pemandangan indah.

Bagi anda yang tidak bisa menyelam, juga bisa menikmati gugusan karang itu dengan menggunakan perahu khusus yang disediakan pengelola kawasan tersebut. Tarifnya Rp100.000 (*) untuk satu rombongan yang bisa menampung 20 orang.

Mengitari kawasan pantai (https://www.republika.co.id)

Pengunjung akan dibawa mengitari kawasan pantai sepanjang sekitar 500 meter dan melihat karang melalui ‘perahu kaca’ yang dimodifikasi khusus untuk menikmati perjalanan itu.

Fasilitas

Fasilitas-fasilitas yang ada sekitar Desa Wisata Tanjung Karang, berupa surfing, Art Gallery, Barbeque dan beberapa tempat peristirahatan, yaitu Prince John Resort, Milano Cottage, Harmoni Cottage, Toravega Cottage,  Golden Park Cottage dan Natural Cottage. Natural Cottage merupakan tempat peristirahatan terbaru yang ada di pantai Tanjung  karang  di  kelola  oleh  pemerintah Kabupaten Donggala dengan fasilitas cottage, café, Art Gallery, Gazebo dan panggung hiburan.

Aksesibilitas

Tak ada kesulitan untuk mencapai lokasi wisata yang berada di ujung Teluk Palu tersebut. Dari Kota Palu, jika ikut dalam rombongan bisa menyewa mobil dengan mudah, karena hampir semua hotel di Palu menyediakan jasa penyewaan mobil.

(*) Harga sewaktu-waktu berubah

One thought on “Desa Wisata Tanjung Karang Donggala Sulawesi Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.