10 Tempat Wisata Baru dan Populer Tahun 2017 di Indonesia

Selain kampung adat dan surga tersembunyi, Kementerian Pariwisata juga mengangkat kategori tempat tujuan wisata baru di Indonesia yang terpopuler untuk menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017.

Tempat atau destinasi wisata yang ditetapkan sebagai nomine tentu sudah familiar di kalangan traveler. Berikut rangkum 10 tempat wisata di Indonesia yang baru dan paling populer di Tahun 2017.

1. Danau Linow, Kota Tomohon

Danau ini terletak di Kota Bunga, Tomohon. Kira-kira satu jam dari Kota Manado. Di Danau Linouw, pengunjung bisa menyaksikan air yang berubah-ubah warna. Kadang tosca, biru, hijau, sesuai dengan pantulan sinar matahari.

Menariknya di sini, pengunjung cuma harus membayar Rp 25 ribu untuk masuk ke kawasan danau, duduk di kafe yang artistik, dan sudah dapat kopi khas Sulawesi Utara.

2. Danau Love, Kabupaten Jayapura

Benar adanya bahwa danau yang berbentuk jantung hati ini bisa ditemukan di Indonesia.

Tak jauh dari danau Sentani, masih ada danau cantik lainnya yang bernama Danau Imfote (Danau Love). Dari Bandara Sentani perjalanan bisa di tempuh sekitar 1 jam atau lebih. Danaunya berada di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Sepanjang jalan, hamparan padang rumput terlihat elok dipandang.

Spot terbaik untuk menyaksikan danau yang sering disebut Imfote ini adalah dari atas bukit yang terletak di sekitarnya. Menarikkan?

3. Danau Ugo, Kabupaten Batanghari

Siapa bilang Jambi tak punya tempat wisata? Coba tengok danau ini. Danau Ugo, menurut warga sekitar, menjadi tempat permandian bidadari. Airnya jernih sekali. Sehingga kerap dimanfaatkan penduduk untuk berbagai kebutuhan.

Danau Ugo terletak di Desa Aur Gading Kecamatan Bhatin XXIV, Kabupaten Batang Hari. Jaraknya sekitar 190 kilometer dari kota Jambi dengan waktu tempuh sekitar 3 jam lebih.

4. Kawasan Pura Batu Kursi, Kabupaten Buleleng

Tak habis-habisnya tempat indah di Bali, memang. Setalah Nusa Penida, kini ditemukan surga tersembunyi lagi di pulau berjuluk Dewata itu. Lokasinya di Buleleng, daerah dataran tinggi.

Bukit Batu Kursi terletak di desa Pemuteran, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Jarak dari Denpasar cukup jauh sekitar 123 km, sedangkan dari obyek wisata Lovina berjarak 46 km.

Penampakannya seperti wilayah berbukit. Belum banyak yang ke sini lho. Harus segera datang sebelum jadi tempat liburan mainstream, nikh.

5. Pantai Mbawana, Kabupaten Sumba Barat Daya

Sumba juga seakan tak kekurangan tempat indah. Setelah Wairinding, kini muncul keindahan lainnya, yakni Pantai Mbawana. Pantainya berkarang. Terdapat tebing-tebing di sekitarnya. Pasirnya masih sangat putih. Wah, cocok untuk disambangi akhir tahun nanti, nih.

Pantai Banna atau Pantai Mbawana berada di kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak jauh dari lokasi atraksi Pasola. Pantai ini juga sangat cocok bagi anda pecinta surfing dan penggemar panjat tebing.

6. Pulau Bokori, Kabupaten Konawe

Bokori Island merupakan pulau kecil yang terletak di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat dijangkau dari kota kendari 30 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

Pulau “emasnya” Sulawesi Tenggara ini dipercaya sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Di sini, pengunjung bisa melihat matahari berbentuk bulat sempurna tenggelam di garis pantai. Menyenangkan, bukan?

7. Pulau Hatta, Kabupaten Maluku Tengah

Pulau Hatta terletak di kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, 25 km di sebelah timur Kepulauan Banda. Nama lain Pulau Hatta adalah Pulau Rozengain. Pulau ini dinamakan Mohammad Hatta, salah satu proklamator Indonesia. Saat ini, hanya ada dua permukiman kecil di Pulau Hatta, tanpa fasilitas apapun.

Pulau Hatta terkenal dengan penampilan bawah lautnya yang aduhai. Kalau diving atau snorkeling di sana, kita dapat menyaksikan beragam jenis biota laut. Bahkan yang tak pernah dijumpai sekali pun.

8. Pulau Kumala, Kabupaten Kutai Kertanegara

Kabupaten ini memang tengah berbenah diri, khususnya di lini pariwisata. Salah satu yang dilakukan ialah membangun kawasan wisata.

Pulau Kumala Tenggarong terletak di tengah-tengah delta Sungai Mahakam di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, berjarak sekitar 27 km dari Kota Samarinda

Kawasan paling representatif yang dapat dikembangkan adalah Pulau Kumala. Pulau Kumala diharapkan dapat menjadi lokasi wisata alternatif bila pelancong datang ke Kukar atau Kutai Kertanegara.

9. Skywalk, Kota Bandung

Ide-ide brilian selalu muncul di Bandung. Setelah membangun kawasan Lembang, kini Cihampelas pun ikut dipoles. Salah satunya melalui skywalk warna-warni ini. Terasa sedang berada di Singapura, ya?

10. Taman Breksi, Kabupaten Sleman

Tebing Breksi dulunya hanya sebuah bukit batu kapur yang kemudian dimanfaatkan menjadi lokasi pertunjukan outdoor. Namanya viral lantaran netizen banyak mengunggah foto di kawasan ini. Dari sini, mereka bisa melihat Kota Yogyakarta, dan perbukitan yang indah.

Taman Breksi berada di Dusun Groyokan Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dijangkau karena terletak di jalur utama, jalan raya Prambanan – Piyungan dari arah jalan raya Solo – Yogyakarta, sekitar 1 km sebelum sampai ke Candi Ijo.

Wah, ternyata Indonesia kaya akan wisatanya ya. Tentu kita harus bangga dengan Negara kita sendiri karena memiliki begitu banyak tempat wisata di Indonesia yang baru dan hits banget di Tahun 2017. Apakah kamu pernah berkunjung kesini? Semoga dapat menginspirasimu untuk berwisata kesini ya!

Sumber: idntimes

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.