Mangrove Information Centre Reroroja Sikka NTT

Mangrove Information Centre Reroroja (https://www.kaskus.co.id)

Mangrove Information Centre Reroroja terletak di Dusun Dete, Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyimpan sejuta keindahan. Hutan seluas 70 Ha ini terletak di pantai utara kota Maumere, diapit bukit-bukit hijau yang menjulang indah.

Bukit Teletubbies di Maumere (https://travel.detik.com)

Untuk sampai di tempat ini, pengunjung harus menempuh jarak sekira 30 km dari pusat kota Maumere. Namun tidak perlu khawatir, sebelum tiba di hutan mangrove pengunjung disuguhi pemandangan yang tak kalah menarik. Bukit yang menghijau, sawah yang menguning dan birunya laut akan menemani pengunjung sepanjang perjalanan hingga tiba di obyek Mangrove Information Centre Reroroja.

Sejarah

 

Victor Emanuel Rayon alias Baba Kong

Bencana tsunami yang memporak-porandakan Kabupaten Sikka tahun 1992. “Waktu itu habis semua harta benda bapak. Toko, rumah dan segala harta benda habis. Banyak orang yang meninggal, karena itu bapak berpikir sebaiknya bapak tanam mangrove supaya kalau terjadi tsunami lagi paling tidak pohon-pohon ini bisa melindungi kami,” tutur Victor Emanuel Rayon alias Baba Kong.

Dia mengisahkan motivasi menanam mangrove sejak tahun 1993. Ketika ia dan istrinya mulai mencari bibit mangrove kemudian disemaikan dan ditanam di sepanjang pantai, masyarakat setempat sempat mencibir bahkan menganggap pasangan suami isteri itu gila. Namun karena kecintaannya terhadap lingkungan maka tak sedikitpun ia patah arang menanam mangrove.

Track mangrove (https://agusstynchezt.blogspot.co.id)

Waktu pun berlalu seiring tumbuhnya mangrove yang ditanam Baba Kong, akhirnya tepian pantai yang dulunya gersang dan panas menjadi hijau dan sejuk oleh rimbunnya pepohonan mangrove, mencapai seluas 40 Ha.

Keuletan dan kesungguhan Baba Kong menanam dan merawat mangrove berembus sampai ke telinga menteri lingkungan hidup Republik Indonesia. Tahun 2008 dan 2009 Baba Kong diberi piagam penghargaan sebagai Perintis Lingkungan dan juga oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, Baba Kong dianugerahi Kalpataru sebagai Perintis Lingkungan.

Jenis Bakau

Keanekaragaman hayati hutan mangrove di Mangrove Information Centre ‘Babah Akong’ juga luar biasa, terdapat 14 jenis mangrove sejati seperti avicinnia sp (api-api), rhizophora sp (bakau), Acanthus sp (jeruju), Sonneratia sp (pedada), dan Meliaceae sp (bakau buah jeruk).

Selain mangrove sejati terdapat juga mangrove ikutan di sekitar hutan mangrove seperti Barringtonia asiatica (bogem), Ipomea pes-caprae, Pongamia pinnata (kacang laut), Terminalia cattapa (ketapang), dan Hibiscus tiliaceus (waru laut).

Fauna

Terdapat juga berbagai satwa mulai dari burung, kera, bebek air, bangau, burung migrant dari Australia (pada bulan tertentu), juga kelelawar raksasa dan dihuni berbagai jenis ikan dan kepiting.

Mangrove Informasi Center (MIC)

Dibantu Wetlands International Indonesia sebuah LSM yang bergerak di bidang konservasi lahan basah, hutan mangrove tersebut saat ini dijadikan sebagai Mangrove Information Centre (MIC) pada tahun 2012, satu-satunya di Provinsi NTT.

Di Pusat Informasi Mangrove tersebut  para pengunjung bisa berdiskusi langsung dengan pakar mangrove Babah Akong, belajar membuat persemaian mangrove, menanam mangrove secara langsung dan melihat tambak silvofisheri atau tambak ramah lingkungan.

Fasilitas

Menara pengamat sangat sederhana (https://agusstynchezt.blogspot.co.id)

Saat ini Mangrove Information Centre ‘Babah Akong’ dilengkapi dengan perpustakaan mini, track mangrove sepanjang 300 m, beberapa bangku yang terbuat dari bambu, pondok untuk beristirahat dan menara pengamatan setinggi 50 meter. Meskipun sederhana semua fasilitas tersebut bisa digunakan oleh para pengunjung. Perpustakaan mini bisa dimanfaatkan juga oleh para pengunjung untuk mencari referensi atau sekedar membaca koleksi buku-buku yang tersedia.

Informasi lebih lanjut hubungi

Mangrove Information Centre Reroroja
Dusun Dete, Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berbagai sumber

Leave a Reply