Lampung Mangrove Center Marga Sari Lampung Timur Lampung

Lampung Mangrove Center Marga Sari Lampung Timur Lampung

Feb 1, 2018 0 By admin

Lampung Mangrove Center terletak di Desa Marga Sari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Lampung Mangrove Center (https://triephod.wordpress.com)

Hutan mangrove yang di mulai sejak tahun 1995 lalu di kelola serius oleh lembaga penelitian dari Jepang dan Indonesia diwakili oleh Universitas Lampung pada tahun 2003, menghasilkan hutan mangrove dengan lebar +/- 1 km dan panjang mencapai +/- 5 km. Sehingga masyarakat sekitar mendapatkan berbagai macam manfaat antara lain kebutuhan air tawar dan terjaganya daratan dari pengikisan air laut.

Sejarah Lampung Mangrove Center

Lampung Mangrove Center (https://triephod.wordpress.com)

Awal mula munculnya ide penyerahan hutan mangrove untuk keperluan pendidikan dicetuskan oleh Kepala Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Bapak Sukimin, pada tanggal 4 Desember 2004 (pada saat acara praktikum lapangan mahasiswa Jurusan Manajemen Unila Fakultas Pertanian Unila).

Sejak tahun 2003, Unila telah mulai menerapkan konsep kerjasama Tiga Pihak (Tripartit), yang terdiri dari perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat (termasuk badan usaha/swasta).

Melalui proses pengurusan yang panjang hutan mangrove untuk keperluan pendidikan, pada tanggal 25 Januari 2006, bertempat di Balai Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, dilakukan Penyerahan Ijin Lokasi Pengelolaan Hutan Mangrove seluas 700 hektar dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dalam hal ini diwakili oleh Asisten I, yaitu Bustami, S.H., kepada Rektor Universitas Lampung yaitu Prof. Dr. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc. Dalam acara tersebut hadir pula Pembantu Rektor I (Prof. Dr. Ir. Tirza Hanum, M.S.), Pembantu Rektor III (Drs. M. Thoha B. Sampurna Jaya, M.S.), beberapa orang dekan dari Unila, para pejabat di jajaran Pemkab Lampung Timur, dan masyarakat Desa Margasari. Setelah acara serah terima tersebut dilakukan penanaman mangrove secara simbolis oleh Asisten I Pemkab Lampung Timur dan Rektor Unila, serta jajaran pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Unila.

Jenis Mangrove

Jenis yang mendominasi adalah Rhizophora sp. (Bakau) dan Avicennia sp. (Api-api). Hutan mangrove yang masih baik kondisinya terdapat di Desa Purworejo dan Mulyosari, Kecamatan Pasir Sakti, serta Margasari dan Sriminosari, Kecamatan Labuhan Maringgai. Bahkan, di desa Margasari terdapat Lampung Mangrove Center (LMC) yang dikelola oleh Universitas Lampung. Ketebalan pohon mangrove ada yang mencapai lebih 1.000 meter dengan ketebalan rata-rata mencapai 400 meter.

Fauna

Jenis burung di hutan mangrove desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai sedikitnya dapat dijumpai sebanyak 20 spesies yang tercakup dalam 13 famili. Famili Ardeidae merupakan famili terbesar yang ditemukan di lokasi penelitian, dengan lima jenis burung. Plocidae sebanyak tiga jenis burung, kemudian Comlumbidae dan Apopidae sebanyak dua jenis burung, dan Scolupacidae, Pynonotidae, muscicapidae, Ciconiidae, Anhinggidae, Anatidae, Alcedinidae dan Acciptridae sebanyak satu jenis burung.

Informasi lebih lanjut hubungi

Universitas Lampung (Unila)
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung 35145,
Telp.: +62 721 701609
Fax.: +62 721 702767

Berbagai sumber