Wisata Sejarah di Pemalang Jawa Tengah

Disetiap daerah memiliki peninggalan-peninggalan masa lampau yang memiliki nilai kesejarahan. Dijamannya, peninggalan-peninggalan itu memiliki arti penting. Meskipun yang tersisa kebanyakan peninggalan-peninggalan dalam bentuk bangunan berarsitektur Islam dan kolonial.

Kabupaten Pemalang memiliki kekayaan sejarah dan kebudayaan, tergambar dalam bentuk-bentuk bangunan dan tata ruang wilayah yang tidak dimiliki daerah lainnya. Persoalannya, perkembangan jaman dan modernisasi, siapa yang dapat melestarikan budaya dan ciri Kabupaten Pemalang yang unik itu ?

Pemalang banyak bangunan yang menyimpan nilai sejarah yang luhur, namun sekarang tinggal beberapa yang tersisa. Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah milik pemerintah yang tersisa dan bangunan bersejarah lainnya di kawasan kantor Bupati Pemalang.

1. Pendopo Asli Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro

Pendopo Bupati Pemalang R. Adipati Arya Notonegoro

Terletak di sekitar jalan Surohadikusumo komplek kantor Bupati Pemalang saat ini, pendopo asli peninggalan Bupati Pemalang, Raden Adipati Arya Notonegoro, tahun 1879-1898.

Kabupeten Pemalang semasa Bupati Raden Adipati Arya Notonegoro. Bupati yang memiliki nama kecil Pangeran Nolodjojo ini adalah ayah dari Raden Tumenggung Sudoro Suro Adikusumo [Pangeran Nolodjojo].

Meski bangunan ini merupakan Pendopo Bupati asli ketika itu dan merupakan bagian dari sejarah panjang Kabupaten Pemalang, bangunan ini bukan milik Pemda. Tapi masih menjadi milik pribadi keluarga R. Adipati Arya Notonegoro. Namun, karena keterbatasan, kondisi pendopo ini kurang terawat dan sangat memprihatinkan.

Sumber pemilik gedung yang termasuk situs sejarah Pemalang ini menyebutkan, untuk melihat  keaslian Pendopo Bupati Pemalang Adipati Arya Notonegoro, dapat dibuktikan dari arsitektur bangunan dan tata ruang bangunannya dengan Pendopo Kabupaten Purbalingga. Di Purbalingga, Bangunan Pendopo Kabupaten masih utuh dan asli sejak jaman dulu.

2. Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Pemalang

Kantor Kesbangpolinmas

Bangunan bersejarah yang terletak di komplek alun-alun Pemalang ini dulunya Kantor Pengadilan. Gedung yang di bangun pada masa kolonial Belanda ini masih dirawat dengan baik. Tata ruangnya pun masih utuh. Di ruangan paling depan, kala itu, menjadi ruang sidang hakim pengadilan Pemalang.

Kantor Kesbangpolinmas ini adalah satu-satunya gedung bersejarah yang masih utuh, terawat dan di pertahankan keasliannya oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang. Pengaruh arsitek Eropa terlihat jelas pada balairung atau ruang sidang, jendela dan pintu utama.

3. Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pemalang

Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pemalang yang terletak di Jalan Alun-Alun Timur No. 4 Pemalang adalah bangunan bersejarah kedua yang masih tersisa di Pemalang. Meskipun di sebelah depan bagian utara telah berdiri tambahan bangunan kantor ini yang bertingkat, namun dari sisi arsitektur utama masih dipertahankan.

Sumber: mediakita

Leave a Reply