Tempat Pentas Seni Budaya di Pati Jawa Tengah

Kabupaten Pati terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kota Pati dikenal sebagai Bumi Mina Tani, Kota Nasi Gandul, Kota Kacang dan Kota Manggis.Potensi seni maupun budaya Pati diakui Provinsi Jawa Tengah atas bakat karakteristik, kreatif mencapai keunggulan. Potensi selain seni tari, seni tradisional lain, seperti wayang, rebana, ketoprak, cinemathography, seni lukis serta seni lainya tidak luput dari perhatian.

Sanggar Dewi Arimbi

Anak-anak dari Sanggar Dewi Arimbi (http://www.murianews.com)

Terletak di Desa Pundenrejo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati,  mulai mengkampanyekan seni dan budaya tradisional di tengah gempuran modernisasi yang tidak terbendung.

Pemilik Sanggar Dewi Arimbi, Novie Iskandar mengaku prihatin kebudayaan tradisional mulai tergeser dengan modernisasi yang menyebar ke berbagai lini kehidupan tanpa filter.

Salah satu upaya yang ia lakukan, antara lain menampung kreativitas seni dan budaya untuk anak-anak tidak mampu. Menurutnya, setiap anak punya bakat di bidang kesenian.

Sanggar Tari “Taman Budaya” Juwana

 Sanggar Tari “Taman Budaya” Juwana (https://web.facebook.com)

Terletak di Jl. Diponegoro 11, Kauman sebelah utara alun alun masjid besar juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia 59185, Telp. 0821-3494-9628

Sanggar Seni Pacul Pati

Sanggar Seni Pacul Pati (https://www.senibudaya.web.id)

Terletak di Desa Tawangrejo Rt.01 Rw.06, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Telp. 085290702238.

Sanggar ini dipimpin oleh Ravindra, S.Pd.I yang akan membimbing segala sesuatu yang berhubungan dengan seni budaya secara menyeluruh, seperti seni rupa, seni rebana, seni kaligrafi, seni pedalangan, seni letter, seni theater, seni berdakwah, seni beribadah, dan lain sebagainya.

Sanggar Tari Widyas Budaya

Tari Bondan dari Sanggar Tari Widyas Budaya (https://suaraindonesia-news.com)

Terletak di Jl. Serambi rt 1/5 gabus, Kecamatan gabus, tepatnya pojok pasar, Kabupaten Pati dan juga membuka cabang di Desa Panggungroyo, Kecamatan Wedarijakasa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Pengasuh atau pelatih tari satu orang yakni Dra. Hany Indriyani  alumnus IKIP yogyakarta,  (FPBS) jurusan Seni Tari tahun 1991 yang akrab disapa Hany. “Mekanisme dalam mengasuh anak memang perlu, guna sang anak mengerti Unggah-unggoh, toto kromo (red) dasar tari kami anjurkan dari pakem kelak wawasan anak tidak terkontaminasi dengan kemodernan,”Katanya.

Ketoprak Siswo Budoyo Pati

Ketoprak Siswo Budaya Pati (https://famuin.blogspot.co.id)

Terletak di Desa Growong Lor, Kecamatan Juana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pimpinan Anom ada sejak tahun 1989 dan dengan berjalannya waktu kethoprak ini terus menghibur masyarakat dan juga melestarikan tradisi Jawa di berbagai tempat.

Ketoprak ini homebase di Pati, namun pemain atau senimannya merupakan kolaborasi antar daerah. Selain seniman dari Pati sendiri, ada juga seniman kethoprak dari Purwodadi, Solo, Klaten Jawa Tengah dan juga kota Ngawi, Bojonegoro, Tulung Agung Jawa Timur yang ikut pentas menghibur masyarakat.

Spread the love

Leave a Reply