Tempat Pentas Seni Budaya di Kota Pekalongan Jawa Tengah

Kota Pekalongan terletak di jalur pantai Utara Jawa yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya, berjarak 384 km di timur Jakarta dan 101 km sebelah barat Semarang. Kota Pekalongan mendapat julukan kota batik. Hal ini tidak terlepas dari sejarah bahwa sejak puluhan dan ratusan tahun lampau hingga sekarang, sebagian besar proses produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah.

Batik telah menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan. Juga Batik telah menjadi nafas penghidupan masyarakat Pekalongan dan terbukti tetap dapat eksis dan tidak menyerah pada perkembangan jaman, sekaligus menunjukkan keuletan dan keluwesan masyarakatnya untuk mengadopsi pemikiran-pemikiran baru.

Lapangan Mataram Pekalongan

Lapangan Mataram Pekalongan (https://web.facebook.com)

Lapangan Mataram terletak di Kelurahan Podosugih, Kota Pekalongan, tepatnya di depan Kantor DPRD dan Kantor Walikota Pekalongan.

Lapangan Mataram Pekalongan (https://foursquare.com)

Lapangan Mataram juga merupakan titik pertemuan dari empat jalan besar, di antaranya adalah Jalan Kurinci (jalan dimana Pasar Podosugih berlokasi) dan jalan yang menuju Perumahan Bina Griya. Jalan menuju Universitas Pekalongan dan Jalan menuju jalur utama pantura.

Lapangan Mataram ini tidaklah berfungsi sebagai alun-alun saja, melainkan sebagai pusat aktivitas masyarakat di sekitarnya, seperti bermain sepakbola maupun untuk pentas seni budaya.

Taman Nursery Holtikultura Yosorejo

Taman Nursery Holtikultura Yosorejo (https://bloghobigue.blogspot.co.id)

Terletak diwilayah kelurahan Kahuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. Taman tersebut di buat dengan konsep nursery yang sekaligus buat rekreasi serta untuk pentas seni budaya di kota Pekalongan.

Gedung Olahraga (GOR) dan Kesenian Pekalongan 

Gedung GOR dan Kesenian (https://mechtadeera.wordpress.com)

Gedung GOR dan Kesenian terletak di Jl. Jetayu No. 7, Pekalongan, Jawa Tengah. Gedung ini selain digunakan sebagai tempat olah raga, juga tempat pentas seni budaya di Kota Pekalongan.

Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Lapangan Jatayu Kota Pekalongan (https://tourism.pekalongankota.go.id)

Merupakan sebuah lapangan terbuka terletak di Jl. Jetayu, Kota Pekalongan, sudah dikenal sebagai tempat kesenian dan kebudayaan sejak zaman kolonial. Di kawasan yang sudah ditata dengan Landmark BATIK, taman bermain, lapangan untuk kegiatan pameran atau event budaya, bangunan-bangunan cagar budaya dan bangunan ibadah yang berada di sekitar kawasan Jetayu.

Leave a Reply