Peta Tenun Nusa Tenggara Barat (NTB)

Peta Nusa Tenggara Barat (https://archipelagofastfact.wordpress.com)

Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya memiliki keindahan panorama yang begitu menakjubkan, provinsi di timur Indonesia itu pun juga kaya akan ragam budaya. Kekayaan kain tradisionalnya bahkan memikat tiga desainer Indonesia untuk mengolahnya menjadi busana muslim dan diperkenalkan di ajang fashion couture di New York.

Tenun Songket Motif Nanas (https://www.rumahseniindonesia.com)

Secara geografis, NTB terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pulau Lombok dihuni oleh Suku Sasak, sementara untuk Pulau Sumbawa ada dua suku. Di bagian barat pulau dihuni oleh Suku Samawa, dan bagian timur dihuni oleh Suku Mbojo. Ketiga suku tersebut tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda, salah satunya kain tradisional yang dibuat oleh masing-masing suku.

Lombok

Ada beberapa jenis kain tradisional khas suku Sasak yang berada di pulau Lombok ini. Ragam kain tenun ini dibedakan dari cara pembuatannya. Setidaknya ada 4 teknik dalam pembuatan kain tenun tradisional yang dikenal oleh masyarakat suku Sasak di Lombok ini.

1. Kain Tenun Pelekat

2. Kain Tenun Songket

3. Kain Tenun Ikat

4. Kain Tenun Sulam

Sumbawa

Merupakan pulau besar sesudah Lombok, didiami oleh dua suku yaitu Mbojo dibagian timur atau di Kabupaten Bima dan suku Samawa dibagian bagian barat atau di Kabupaten Sumbawa, mempunyai tenun khas masing-masing suku yaitu:

1. Kain Tenun Mbojo

2. Kain Tenun Tembe Mbojo

3. Kain Tenun Kre’sesek khas Samawa

4. Kain Tenun Tembe Nggoli Bima Sumbawa

Leave a Reply