Museum Zoologi Bukittinggi Sumatera Barat

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (https://www.skyscrapercity.com)

Museum Zoologi Sumatera Barat terletak di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan, jalan Cindua Mato No. 1, Kelurahan Benteng Pasar Atas, kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sejarah

Museum Zoologi Bukittinggi (https://www.skyscrapercity.com)

Museum ini didirikan bersamaan waktunya dengan pendirian Museum Zoologi Bogor, yaitu tahun 1894. Taman ini dibangun pada th 1900 oleh Contreleur Strom Van Govent. Pada tahun 1929 dijadikan kebun binatang oleh Dr. J. Hock dan sampai sekarang masih tetap berfungsi sebagai Kebun Binatang Bukittinggi, tertua di Indonesia.

Harimau Sumatera (http://pustaka.pandani.web.id)

Tujuan pendirian museum ini hampir sama dengan pendirian museum Zoologi Bogor yakni mengumpulkan dan memamerkan koleksi binatang-binatang yang telah diawetkan. Di tengah-tengah taman ini terdapat sebuah Museum Kebudayaan yang berbentuk Rumah Adat Minangkabau atau Museum Rumah Adat Baanjuang dibangun tahun 1935.

Koleksi

Koleksi Museum Zoologi Bukittinggi (http://pustaka.pandani.web.id)

Koleksi Museum Zoologi Bukittinggi lebih 2000 jenis hewan, seperti Harimau Sumatera, Burung Kasuari, Kanguru Tanah, Buruang Kuau, Harimau Dahan dan tidak ketinggalan, hewan khas Indonesia yaitu Orang Utan. Binatang yang dipamerkan merupakan binatang yang telah mati lalu diawetkan. Museum ini juga memamerkan berbagai macam benda-benda sejarah lainnya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Museum Zoologi Bukittinggi
Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan, jalan Cindua Mato, Kelurahan Benteng Pasar Atas, kota Bukittinggi, Sumatera Barat
Telp.: (62752) 21029
Jam Buka: Senin-Minggu, Pukul 07.30 – 17.30 WIB

One thought on “Museum Zoologi Bukittinggi Sumatera Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.