Kuliner Khas Kota Tangerang Banten

Tak kalah dengan kota lain, kota Tangerang memiliki sejumlah lokasi yang menawarkan kuliner penggoyang lidah dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah kawasan Pasar Lama Kota Tangerang, yang dicari pemburu camilan dan kuliner, terutama pada malam hari.Pasar Lama Tangerang dikenal sebagai pasar tradisional tertua dan disebut menjadi cikal bakal kota Tangerang. Makanan khas peranakan Cina-Tangerang menjadi ciri khas kuliner di kawasan pecinan ini. Anda yang mengutamakan kehalalan, tidak perlu sampai khawatir, banyak tempat makan yang menyediakan hidangan halal di sini..

Garang Asem

Garang asem kota Tangerang

Garang asem kota Tangerang terbuat dari daging bebek atau daging ayam kualitas pilihan. Masakan ini banyak anda temukan di rumah rumah makan yang ada di seluruh penjuru kota Tangerang.

Nasi Ulam

Nasi ulam

Nasi ulam kota Tangerang merupakan campuran dari budaya Portugis, Chinese, dan juga Betawi. Nasi ulam biasanya disajikan bersama dengan serundeng, semur kentang, dan juga dengan bihun goreng. Tidak lupa tambahan lalapan berupa mentimun dan lauk telur rebus.

Pecak Gabus

Pecak gabus (https://lifestyle.kontan.co.id)

Pecak gabus merupakan masakan yang berbahan dasar ikan gabus. Salah satu makanan khas betawi dari kota Tangerang itu bercita rasa pedas dan gurih yang berpadu menjadi satu. Pecak gabus ini merupakan kuliner warisan nenek moyang warga masyarakat Kota Tangerang.

Restoran Pecak Gabus, jl. Aria Santika, Kampung Sumur Pacing, Kota Tangerang.

Laksa

Laksa

Makanan khas kota Tangerang Laksa merupakan sajian makanan berbahan baku mie putih yang dibuat dari beras. Mie yang digunakan seperti mie bihun namun ukurannya lebih besar dari sphagetti. Tekstur mie nya cenderung kasar dan tidak lentur. Mie ini disajikan dengan tambahan kuah gurih yang dibuat dari santan. Tidak lupa tambahan kacang hijau dan taburan daun kucai serta tambahan potongan daging ayam atau telur ayam agar rasanya lebih nikmat.

Kawasan Kuliner Laksa kota Tangerang (https://www.muftirachmat.com)

Laksa ditemui di depan LP wanita di Jl Muhammad Yamin, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Taoge Goreng

Taoge Goreng atau Gecom (https://selarasbisnis.com)

Makanan khas daerah kota Tangerang ini bisa juga anda temukan di daerah Bogor dan Sukabumi. Di kota Tangerang dikenal dengan nama Gecom singkatan dari toge dan oncom.

Berbahan dasar toge dan ketupat dicampur mie kuning, kucay (daun seledri), oncom, dikuahi tauco dan sambel ini, sejak setengah abad lalu telah digemari masyarakat kota Tangerang.

Untuk mendapatkan Taoge Goreng atau Gecom, siang hari di barisan pedagang dekat toko kosmetik varia, pasar lama, kota Tangerang dan malamnya biasa ada di masjid depan stasiun kereta kota Tangerang.

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

Hidangan khas Betawi yang bisa anda temui di Kota Tangerang ini berisikan sayur labu siam yang disiram dengan kuah santan yang gurih. Selain itu ketupat sayur juga disajikan dengan dilengkapi ayam, telur rebus, dan juga tahu.

Penjual ketupat sayur namanya Ketupat Sayur Layung Sari, Jalan Ki Samaun tepatnya di depan apotik Ki Samaun, atau di seberang Gedung Wanita pasar lama, kota Tangerang.

Asinan Sayur

Asinan sayur

Asinan sayur khas kota Tangerang berisikan tauge, kol, lobak, mentimun, sayur asin, dan juga wortel. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan saus cuka dan ditaburi kacang tanah serta tahu kuning. Di  Kota Tangerang, anda bisa menemukan sajian kuiner ini di kawasan Pasar Lama. Salah satu asinan yang terkenal di Tangerang adalah asinan lan jin.

Ondar Andir

Ondar Andir

Merupakan gorengan yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur potongan daun bawang serta bumbu bumbu lainnya. Setelah tercampur rata, adonan digoreng hingga kering berbentuk panjang dan juga tipis. Ondar andir biasanya disajikan bersama saus kacang yang rasanya renyah dan lezat. Sepintas rasanya seperti Batagor, namun Ondar Andir ini lebih renyah dan kering.

Wartang adalah salah satu warung di daerah Pasar Lama yang menjual Ondar Andir ini.

Sumber: tempatwisataindonesia

One thought on “Kuliner Khas Kota Tangerang Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.