Kuliner Khas Kota Serang Banten

Kota Serang merupakan ibukota Provinsi Banten, berjarak ± 86,1 dari Jakarta, melalui Tol Tangerang – Merak. Banten bukan hanya terkenal dengan kota industri dan pariwisatanya saja, tapi provinsi Banten juga terkenal dengan aneka kulinernya yang menggugah selera.

Sate Bandeng

Sate Bandeng (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Terbuat dari bahan ikan bandeng  yang dicampuri dengan rempah-rempah pilihan membuat makanan ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari sate pada umumnya. Soal rasa jangan ditanya karena sate bandeng memiliki rasa begitu gurih dan juga  sangat lezat.

Sate Bandeng Ibu Aliyah
Jl. Sama’un Bakri Rt 01/1 Lopang Gede No.21, Serang, Banten
Telp. : 0254 206129

Rabeg

Rabeg (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Makanan ini juga merupakan makanan paling favorit dan menjadi kebanggaan dari masyarakat Serang, Banten.

Rabeg terbuat dari bahan dasar daging dan jeroan sapi yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan seperti serai,  daun jeruk, rempah pala, dan juga kayu manis. Rabeg Banten memiliki cita rasa yang begitu enak dan lezat dan mempunyai aroma yang sangat menggoda untuk di nikmati.

Hanya cukup mencari warung atau tempat makan yang bertulisakan Rabeg atau warung makanan khas Sunda – Banten seperti di daerah Lopang, dekat Pasar Lama, Kota Serang.

Rabeg Khas Serang “H. Naswi”
Jl. Mayor Syafe’i No. 30 (depan rutan Serang), Serang, Banten
Telp.: 0254 221234

Nasi sumsum

Nasi Sumsum (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Selanjutnya yaitu  makanan khas Banten yang terbuat dari bahan dasar sumsum tulang kerbau yang disajikan dengan cita rasa yang begitu pedas dan gurih yaitu nasi sumsum. Dalam pengolahannya nasi sumsum ini dicampur dengan sumsum sapi dan rempah-rempah, yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang, lalu dibakar hingga mengeluarkan aroma sangat menggoda.

Nasi Bakar Sumsum Mang Puri
Jl. Pangeran Purbaya
Pasar Lama Depan Pelita, Serang, Banten
Telp. : 0254 7063881 atau 081388218329

Nasi uduk

Nasi Uduk (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Makanan khas Banten selanjutnya yaitu nasi uduk Serang. Nasi uduk Serang bisa kalian temui dengan mudah di Kota Serang. Untuk penyajiannya nasi uduk Serang disajikan untuk sarapan di pagi hari oleh masyarakat kota Serang. Nasi uduk serang lebih nikmat jika dimakan dengan ditemani tempe goreng, telur pedas, sayur, tempe, dan juga gorengan.

Nasi belut

Nasi Belut (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Nah yang satu ini makanan yang terbuat dari bahan dasar belut, yang merupakan menu makanan khas Banten yang paling favorit di kota Serang. Bagi anda pecinta belut makanan satu ini wajib kalian coba, karena rasa gurih dan enak dapat memanjakan lidah anda. Pembuatan belut pada nasi belut ini juga cukup unik yaitu belut dibersihkan kemudian di keprek supaya tulangnya lebih empuk lalu dicampurkan dengan rempah-rempah pilihan dan kemudian digoreng.

Angeun Lada

Angeun Lada (https://beniarisandi.blogspot.co.id)

Angeun lada merupakan makanan khas Kota Serang yang terbuat dari bahan dasar sayuran, daun walang dan juga daging sapi. Makanan ini merupakan makanan yang begitu nikmat yang wajib kalian coba jika berkunjung ke kota Serang Banten.

Pecak Bandeng

Pecak bandeng merupakan makanan khas Banten yang terbuat dari bahan dasar bandeng. Cara pengolahan pecak bandeng yaitu dengan dibakar sampai matang, tetapi proses pembakarannya tidak sampai kering. Pecak bandeng ini sering disajikan dengan sambal yang terbuat dari bahan-bahan pilihan dan juga campuran dari perasan air jeruk limau.

One thought on “Kuliner Khas Kota Serang Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.