Kuliner Khas Kota Cilegon Banten

Kuliner Khas Kota Cilegon Banten

Jan 15, 2018 1 By admin

Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri. Sebutan lain bagi Kota Cilegon adalah Kota Baja mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara karena sekitar 6 juta ton baja dihasilkan tiap tahunnya di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon.

Ayam Bekakak Kranggot

Ayam Bekakak Kranggot (https://travelingyuk.com)

Ayam Bekakak Kranggot khas Cilegon memiliki cita rasa yang khas, agak pedas dan agak manis. Menu lezat yang satu ini umumnya disajikan pada acara-acara selamatan, seperti khitanan, pernikahan, maulidan dan sebagainya. Ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya pun bukan ayam potong melainkan ayam kampung. Kini menu spesial ini tidak hanya disajikan dalam acara khusus tapi juga dijual di warung-warung makan yang menjual menu khas daerah Cilegon.

Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber  (https://travelingyuk.com)

Sate Bebek Cibeber juga menjadi salah satu menu khas dari Cilegon. Makanan ini sama dengan sate pada umumnya hanya saja dagingnya menggunakan daging bebek. Bumbunya pun juga khas yaitu bumbu panggang khas Cibeber yang berwarna merah dengan rasa yang manis. Kebanyakan traveler yang mencicipi menu ini merasa puas dengan cita rasa yang didapatkan.

Warung makan yang menjual sate bebek paling lezat di Kota Baja bisa traveler temukan di kawasan Pantai Anyer, tepatnya bernama rumah makan Cindelaras.

Nasi Gonjleng

Nasi gonjleng (https://merahputih.com)

Namanya terdengar unik. Ternyata sajian ini memang istimewa. Nasi gonjleng umumnya hanya tersaji di hari-hari besar, seperti Lebaran, Isra Mi’raj, atau Maulid Nabi bagi warga Cilegon.

Nasi gonjleng pada dasarnya berbumbu sama dengan nasi kebuli. Aroma pekak dan kapolaga wangi tercium saat dihidangkan. Nasi gonjleng dilengkapi dengan sambal goreng daging sapi, emping, dan acar timun.

Nasi Gonjleng “Hj. Wiwi”
Jl. RA Kartini No. 2 (Samping Rumah Dinas Walikota), Cilegon
Telp (0254) 394454 atau 0813 1834 1740